HERBAL TOP PENGHANCUR SEGALA PENYAKIT AYAM


    HERBAL TOP PENGHANCUR SEGALA PENYAKIT AYAM
    Dewasa ini perkembangan penggunaan herbal tradisional untuk keperluaan penyembuhan penyakit, sudah begitu familiar. Terutama untuk proses penyembuhan penyakit manusia, sebab begitu beragam penyakit modern yang tidak bisa di atasi, dengan penangganan keilmuan kedokteran.

    Seandainya ingin di bahas seluruh herbal tradisional yang ada di bumi Indonesia, maka cakupan keilmuaannya akan terlalu melebar, sebab jumlahnya bisa ribuan jenis. Disini di batasi empat macam herbal tradisional, sebenarnya masing-masing herbal tersebut mempunyai manfaat sendiri-sendiri. Yang jika di padukan satu dengan lainnya merupakan sinergi yang saling menguatkan fungsi penyembuhan.

    Manfaat herbal tradisional untuk keperluan penyembuhan ayam/ unggas, saat ini mulai mengalami kemajuaan signifikan. Perguruan tinggi mulai berlomba melakukan penelitian, untuk di aplikasikan pada ayam, yang kadang hasilnya melampaui ekpetasi yang di harapkan, yang sebelumnya tidak terbayangkan sama sekali. Itulah kehebatan herbal tradisional Indonesia, apalagi sebagian herbal Indonesia, namanya sudah mendunia.

    Hanya sayangnya terkadang fungsi kegunaan, seringnya dipahami terlebih dahulu oleh peneliti dari manca Negara yang begitu antusias, begitu intens dengan di topang pendanaan berlimpah dan dukungan lembaga pemerintahan yang bertanggungjawab, demi kemajuaan pengetahuaan dunia. Untuk sementara, jangan berharap terlalu banyak dengan campur tangan pemerintahan Indonesia saat ini ya, nangis sendiri nanti.

    DAUN SIRIH

    Daun sirih ( Piper Betle )banyak mengandung Atsiri Oil, satu diantara komponen adalah Kavakrol bersifat Desinfektan dan anti jamur sehingga bisa untuk Antiseptik pada saluran pencernaan. Unsur Eugenol dan Metil-Eugenol berfungsi pengurangi rasa sakit. Sifat Anti Bakteri dapat mengurangi rasa gatal dan merah berair pada mata.

    KUNIR/ KUNYIT

    Kunyit ( Curcuma Domestica ) Curcumin senyawa utama pada kunyit yang berkhasiat untuk beragam penyakit,misalnya mengobati gangguan saluran pencernaan, antiradang, antibakteri, antikanker, penurun kadar kolesterol, membersihkan lemak pada saluran pembuluh darah.

    TEMULAWAK

    Temulawak ( Curcuma Xanthorrhiza ), mempunyai sifat Detoksifikasi/ mengeluarkan racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap dalam hati.Belum lagi membantu sekresi dari kerja pangkreas, sehingga mampu mengoptimalkan metabolism pangkreas mengeluarkan Enzim Amilase, Lipase, Protease. Kehadiran enzim-enzim ini membantu meningkatkan penyerapan bahan pakan karbohidrat, protein dan lemak.

    BROTOWALI

    Rimpang brotowali (Tinospora Crispa) rasannya sangat pahit.Senyawa Pikroretin pembawa rasa pahit banyak mengandung alkaloid, saponin,dammar dan masih banyak lagi. Kalau cumapenyakit segala jenis cacing, pasti hancur digempur sama Pikroretin.

    BAHAN HERBAL :

    a.       Daun sirih            2 ons
    b.      Kunyit                  2 ons
    c.       Temulawak         2 ons
    d.      Brotowali            2 ons
    e.      Air bersih            5 liter

    Semua bahan herbal di cuci bersih, masukkan panci tambah air bersih 5 liter, masak hingga air mendidih. Di butuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah dingin campur dengan jatah air minum ayam pada pagi hari saja, untuk ayam sejumlah 500 ekor. Satu resep herbal ini bisa di pakai sebanyak 3 kali pemasakan herbal/ tiga hari masa pakai pada pagi hari saja. Setelah 3 hari pakai, herbal di buang diganti yang baru.Artinya dalam satu minggu Cuma pakai campuran herbal 3 kali atau 3 hari saja. Aplikasi herbal dapat di barengkan dengan Egg Stimulant/ Strong Egg, tanpa mengurangi khasiat masing-masing. Yang saya terangkan di atas untuk dosis pencegahan penyakit. Untuk dosis pengobatan penyakit akan saya uraikan di bawah ini.

                                              APLIKASI PENGOBATAN PENYAKIT

    COCCIDIOSIS/ BERAK DARAH

    Waktu yang di perlukan untuk menyembuhkan berak darah, sekitar 7 hari sembuh, tanpa ada kematian sama sekali jika pakai herbal. Jika tidak pakai herbal sembuh dalam 10 hari dengan tingkat kematian 10 – 15 %. Itu pengalaman empiris yang saya alami sendiri. Dosis pengobatan air minum 100 % air godokan herbal di kombinasikan dengan obat COCY atau ANTICOCY selama 7 hari.

    SNOT/ CORIZA/ PILEK
    Pilek hidung yang mengeluarkan air, yang lama kelamaan menggumpal menutupi lubang hidung sembuh dalam 3 hari. Kepala bengkak kemerahan, sembuh dalam 5 hari dengan tingkat kematian 0 %. Jika tidak pakai herbal, sembuh dalam 10 hari dengan tingkat kematian 15 %.Pemakaian herbal 100 % selama 5 hari di kombinasikan dengan obat kimia TRYMEZIN.

    CRD (Chronis Respiratory Disease )/ NGOROK
    CRD penyakit yang bersifat kronis, artinya gejala penyakit tidak terlihat secara frontal, tapi akan muncul secara berlahan-lahan. Maka peternak yang kurang teliti, sekali ke serang , ayam sudah dalam kondisi accut.  Sebenarnya untuk mendeteksi CRD sangat gampang sekali, masuk ke kandang ayam pada malam hari, dengarkan ada tidak suara ngorok, batuk, atau tercekik. Seandainya terdengar segera ambil tindakan, sebab penyakit ini penyebaran cepat sekali. Waktu yang di butuhkan untuk penyembuhan pakai herbal 7 hari sembuh.Air minum 100% herbal,kombinasi obat NEO MEDITRIL.


    KOLERA/ BERAK HIJAU
    Warna kotoran dari kuning normal menjadi coklat akhirnya berwarna hijau. Ujung-ujung jengger ke biruan dan pial bengkak merah kehitaman. Kondisi ayam lemas tidak nafsu makan akhirnya mati. Penyembuhan penyakit ini perlu waktu 7 – 8 hari, tingkat kematian 5% sebab penyakit ini bisa bersifat kronis hingga accut/ ganas. Herbal tetap pakai 100% dan obat KOLERIDIN.

    CACING ASCARIS
    Penyakit ini tidak menimbulkan kematian, hanya tampilan performans ayam menjadi tidak menarik, bulu kering berdiri, muka pucat, berhenti bertelur, mencret encer. Ayam sudah berproduksi jangan sekali-kali di beri obat cacing kimiawi, efeknya produksi telur langsung droup. Dengan herbal 100%, ayam sembuh dalam 3 hari, cacing ikut keluar bersama keluarnya kotoran.

    DIPTHERI/ CACAR
    Penyakit ini ada 2 macam jenis, cacar luar dan cacar dalam. Cacar luar bermula dari luka pada kulit yang tidak di tumbuhi bulu, bintik merah berubah kuning menjadi hitam membesar. Cacar hitam kering di kelupas diolesi godokan herbal, cacar luar 3 hari sembuh. Cacar dalam menyerang selaput lendir lidah, mulut dan tenggorokan. Selaput lendir berwarna kuning di dalam rongga mulut, bila di biarkan semakin membesar dan menyumpal rongga mulut sehingga sulit bernapas. Gunakan air minum herbal 100% dalam 7 hari cacar dalam sembuh.

    NCD/ TETELO, IB (INFEKSIUS BRONCHITIS), ASPERGILLOSIS, GUMBORO, EDS, ILT
    Semua nama penyakit di atas,yang menurut ahli peternakan sekarang ini belum bisa di sembuhkan, hanya bisa pencegahan lewat vaksin. Dapat di atasi dengan ramuan herbal di atas, memang memerlukan waktu agak lama 15 hari tapi ayam sembuh. Prosesnya gimana saya juga tidak tahu, tapi ayam sembuh. Selama 15 hari nonstop air minum herbal 100%, kombinasi obat kimia DOCTRIL/ NEO MEDITRIL. Yang terpenting di sini, jangan mengobati, usahakan tindakan pencegahan saja.

    Kelima penyakit diatas kecuali Aspergillosis, merupakan penyakit penurun produksi telur. Penanganan pencegahan sedini mungkin lebih di utamakan.Penggunaan herbal mulai dari DOC hingga Afkir  tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Monggo silahkan dicoba… #bumiternak  

    74 Responses to "HERBAL TOP PENGHANCUR SEGALA PENYAKIT AYAM"

    1. bos kalo ramuan di campur dengan gula merah apa bisa disimpan dalam waktu lama ?
      dan kalau ramuan anda tsb bilamana penggunaannya dikombinasi dengan vitamin, seperti vitachick apa di perbolehkan ? trims

      ReplyDelete
      Replies
      1. herbal top hanya untuk sekali buat langsung habis, ini di perlukan saat untuk pengobatan penyakit saja

        kalau ingin yg bisa di simpan, pakai yang probiotik top atau probiotik top plus

        iya,emang harus di kombinasikan antara antibiotika ,supplement mutivitamin, herbal top dan probioti top

        pahami di sub judul 'prosedur tetap pengobatan segala jenis penyakit'

        Delete
    2. Maaf nanya mas Emang herbal top sama probiotik top itu beda yah mas...

      ReplyDelete
    3. kalo ayam yg sakit supaya tidak menular dengan ayam yg lain bgaimana cara pencegahannya mas,,..??

      ReplyDelete
      Replies
      1. karantina,setelah sembuh baru di gabung lagi

        Delete
    4. mas kalo ayam yg sakit supaya tidak menular dengan yg lainnya bagaimna cara pencegahannya... trims

      ReplyDelete
    5. PAK BETHA,apa herba ini bisa digunakan untuk pencegahan penyakit pada ikan,,?

      ReplyDelete
    6. pak ayam sya murung trs tapi makan mash mw cuma bulunya mengembang, kdang pengap" itu obatnya apa ya ??

      ReplyDelete
      Replies
      1. ciri cirinya kurang lengkap mbak, lebih bagus lagi kalau ada fotonya, lebih enak diagnosa penyakitnya....

        ciri ciri di atas bisa cacingan, snot ngorok, CRD bisa coriza.....

        Delete
    7. ayam saya lagi snot ni. sudah hampir 30ekor yang mati..
      padahal ayam nya sehat besoknya tiba2 mati.
      ciri2nya idungnya igusan dan setelah mati ada yg mengeluarkan darah dari mulut dan pantatnya..
      apa ya yg harus saya lakukan.??
      saya udah kasih tetra clhor, bawang putih dan juga gula merah,

      ReplyDelete
      Replies
      1. itu mahh keknya gejala malaria ayam ya bkn snot..

        Delete
      2. Jaga sanitasi kandang semprot desinfektan tiap hari semprot kotoran dg em4 pertanian untuk kurangi bau kasih obat sesuai rekomendasi setempat gantian 3 hari obat selang air putih 3 hari herbal

        Delete
    8. mohon bimbingan , kalau ayam saya berak kapur bagaimana penangananya bila menggunakan ramuan herbal?

      ReplyDelete
    9. Kalau 1000 ekor berati dosisnya digandakan saja mas bro? Thx

      ReplyDelete
    10. Untuk 2000 ekor dibutuhkan berapa liter obat herbal yang dah dibuat jadi satu brother

      ReplyDelete
      Replies
      1. Buatkan resep 20 liter air lalu difermentasi dg fermertor gula selama 10 hari siap pake

        Delete
    11. Mohon ptunjuk, anak ayam saya sakit kayak kejang-kejang, mau berdiri tapi jatuh terus, kadang kepalanya diputar-putar. ini terjadi setelah seminggu menetas. Awalnya cuma satu ekor sekarang jadi 3 ekor. Gimana solusinya. Terima kasih

      ReplyDelete
      Replies


      1. Ayam kena gejala nd segera divaksin nd jaga kebersihan kdg

        Delete
    12. di tempat saya gk ada daun brotowali,apa bisa diganti dgn yg lain misal sambiroto

      ReplyDelete
    13. kalo usus ayam timbul bintik2 merah itu penyakit apa ya gan?
      mohon infonya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Itu kena enritis tao radang usus obati dg kangungan sulfadiasin n trimetropin jaga kebersihn sanitasi kasih herbal ne bb sy 5230f64c

        Delete
    14. brotowali bisa diganti dengan apa ya mas?

      ReplyDelete
    15. saya kurang paham pemakaiannya
      maksudnya 1 resep itu setelah dimasak bisa bertahan selama 3 hari untuk 3 kali pemakaian???
      atau 3 hari itu setiap harinya kita harus masak lagi??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iqbal. Ayam saya ngorok berak kapur dan tdk mau makan

        Delete
      2. Resep dimasak dinginkan lalu tambahkan gulamerah untuk tahan beberapa hari

        Delete
    16. daun atau batang brotoli yg direbus'??
      #mohon petunjuk

      ReplyDelete
    17. makasi mas ilmunya,semoga mas sukse selalu

      ReplyDelete
    18. Mas sutrisno,saya mau tanya ni,klu ayam mukanya berwarna kuning,kondisi ayam lesu dan kotorannya berwarna hitam dan berair tu kira-kira ayam saya kena penyakit apa y mas?Terus gimana cara mengobatinya mas?Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih mas

      ReplyDelete
    19. trim artikel nya pak.sangat bermanfaat.

      ReplyDelete
    20. Mari tukar pengalaman kirim bb wa anda ke sy 082227324223 sy sedang pelihara boiler ada ramuan herbal cantum nama bb wa akan diinvit tx

      ReplyDelete
    21. Cara jitu atasi kolera crd pulorum koksi kolera dg herbal n kebersihan kandng

      ReplyDelete
    22. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
    23. Maz, ayam saya matanya berair, kadang habis tidur kelopak mata lengket gk bisa membuka, penyembuhanya gmn maz ???
      Terima kasih

      ReplyDelete
    24. Tanks artikel2x mas sngat brguna&brmanfaat bg kami yg pmula,khususx Z pribadi

      ReplyDelete
    25. klo wabah ayam kampung yang jika 1 kena sakit terus yang lain kena juga itu apa ya?
      cirinya ayam yg kena itu membungkuk dan ga' mau kemana2, klo ga' segera di karantina yang lain pasti kena bbrp hari kemudian, rugi besar

      ReplyDelete
    26. Makasih infonya semoga bermanfaat...

      ReplyDelete
    27. Ayam jantan sya berumur 2bkn keatas idung mengeluarkan lendir trus,bgmn cra pengobatannya?trus klo cm 2 ekor ramuan nya gimana

      ReplyDelete
    28. Mas mohon bantuanya...ayam saya aeperti hilang semangat...makan tidak mau...bawaannya tidur terus...tadi pagi matanya berair....gmana solusi nya mas??

      ReplyDelete
    29. Mas mohon bantuanya...ayam saya aeperti hilang semangat...makan tidak mau...bawaannya tidur terus...tadi pagi matanya berair....gmana solusi nya mas??

      ReplyDelete
    30. pak kalau untuk puyuh saya mencret berak air dah diobati macem2 teteb gak sembuh apa bisa pakai obat herbal ini pakan saya pake fermentasi apa itu penyebab mencretnya

      ReplyDelete
    31. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
    32. Assalamualaikum bang.
      Mw nanyak ni bng, itu dikasi asli air herbal ya ntah dicampur sma air biasa sebagian gitu?

      ReplyDelete
    33. met malam mas. salam kenal.
      mohon info. klok seandainya obat herbal ini dipakek untuk pencegahan kira2 yang paling efisien diberikan pada saat umur DOC berapa hari. dan untuk dosisnya apa sama jika dibuat untuk pengobatan. trima kasih untuk infonya

      ReplyDelete
    34. Utk herbal ini setelah dimasak, diberikan 3 kali/mgg. apa pemberian ke 2 dan ke 3 harus dimasak ulang atau diberikan saja setelah sisa yg pertama? Apa bahan herbal perlu ditumbuk/ dihaluskan dulu sebelum direbus atau hanya dibersihkan saja langsung direbus? tks

      ReplyDelete
    35. Kritik tata tulis: diatas, betul. di atasi hrsnya diatasi, dibatasi dan seterusnya, penerapan kata depan di, ke banyak salah, sedangkan kata awalan atau kata kerja di dan ke lebih terbalik. Sering juga ya, kambingnya hamil, bukan bunting, lalu bagaimana kalau manusia bunting?. kambing saya melahirkan, dan kawan saya beranak? Ayu buka pedoman EYD-nya. Malu ah.

      ReplyDelete
    36. Mas, mohon bantu. Ayam saya ngantuk, malas makan tapi bnyak minum air, hidungnya berlendir, suara nafas sperti batuk. Sampai2 ada yg ga bisa berdiri. Sudah ada yg mati satu ekor. Itu penyakit apa ya? Mengobatinya gimana?
      Trmkasih

      ReplyDelete
    37. Gmana ya cara mengatasi jengger ayam terdapat tumbuhan semakin besar seperti luka gatelan begitu

      ReplyDelete
    38. Gmana ya cara mengatasi jengger ayam terdapat tumbuhan semakin besar seperti luka gatelan begitu

      ReplyDelete
    39. Thanks infonya pak/bu, sungguh bacaan yang sangat bermanfaat, artikel vaksin unggas alami sungguh sangat menginspirasi.

      ReplyDelete
    40. Thanks infonya pak/bu, sungguh bacaan yang sangat bermanfaat, artikel vaksin unggas alami sungguh sangat menginspirasi.

      ReplyDelete
    41. Mohon pencerahan puyuh saya mencret berair sdh diobati coxy, kotoran tetap berair bagaimana solusinya
      Terimakasih

      ReplyDelete
    42. Mohon pencerahan puyuh saya mencret berair sdh diobati coxy, kotoran tetap berair bagaimana solusinya
      Terimakasih

      ReplyDelete
    43. Enter your comment...maff ak mau tanya ayam biar cepat berboot dkasih ap ya

      ReplyDelete
    44. Maaf bos mau tanya apa boleh susu dicampur vitachik untuk minuman ayam joper?

      ReplyDelete
    45. Maaf bos mau tanya apa boleh susu dicampur vitachik untuk minuman ayam joper?

      ReplyDelete
    46. Mksh mbak,aetikelnya sangat bermanfaat

      ReplyDelete
    47. Mas maaf mau brtanya,ayam pny bpk saya bru 7 hari udh pdabnyk yg mati trs ciri2 ny tdk brgairah trs sayap ny pada kebawah. Itu pnyakit apa yq? Trs cara penangananny sprti apa ? Terimakasih mas sebelumny. Saya invitr bbny ya mas biar bsa sharing

      ReplyDelete
    48. Mas takaran herbal yg masing" 200gram itu kan utk 500 ayam
      La saya cm mau pake utk ayam hias 2ekor jd takaran tinggal dibagi
      Tp saya tidak punya timbangan yg sampe gram.mohon petunjuk musalnya daun sirih brp lembar kunyit brp ruas jari gitu
      Trim n sukses selalu

      ReplyDelete
    49. Mas mau tnya herbal bsakh langsung lolohkn maz,ayam sya udh 2 bln lbh gk sembuh2.sgla cra udh sya tmpuh tpi gk jga smbh maz,mksh sblmny mas.....

      ReplyDelete
    50. Blog yang menarik dan informatif sekali

      Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

      Sex Toys Penyebab Kutil Kelamin

      Tanda tanda Terjangkit Sipilis Virus HPV Penyebab Kutil kelamin

      Bahaya Kutil Kelamin Bila Tidak di Obati

      ReplyDelete
    51. perebusan sampe mendidih butuh 30menit
      maksud 30menit dah mendidih trs diangkat ato setelah mendidih ttp direbus selama 30 menit ?
      matursembahnuwun

      ReplyDelete
    52. Ayam saya makannya napsu,minum terus,tapi keliatan tidak semngat sperti ayam sakit.tampilannya bulu kepala berdiri dan ekor turun.mhon pjelasan

      ReplyDelete