BEBEK PEDAGING + PROBIOTIK


    BEBEK PEDAGING +PROBIOTIK, Usaha penggemukan bebek jantan pedaging akhir-akhir ini menunjukan perkembangan bisnis yang begitu menggiurkan. Sehingga menarik sebagian besar pemula ingin ikut menikmati keuntungan yang menjanjikan tersebut. Maka sedikit terburu-buru, langsung pelihara dalam jumlah banyak. Standart normal bagi pemula paling banyak 100 ekor dahulu, sinambi belajar seluk beluk karakter unggas air ini. Setelah mumpuni, trampil, tahu karakteristik bebek ,baru membesarkan usaha.

    Pemasaran, salah satu kunci yang bener-bener harus di peggang terlebih dahulu. Boleh anda nol besar tentang ilmu pemeliharaan bebek, karena bisa di delegasikan orang lain. Tapi pemasaran, anda tidak boleh tidak tahu , harus paham soal pemasaran. Ujung tombak atau celah pemasaran ini jika tidak anda kuasai, bisa ikut kemitraan atau ubek-ubek harga di pasar. Maka anda akan terombang-ambing-kan oleh para bakul pengepul, dengan harga yang tidak pasti, tidak menentu.

    Akhirnya anda sebagai pihak yang lemah, karena dikejar waktu kudu cepat melego, kalau tidak, akan semakin terbebani dengan penambahan pakan, pada akhirnya tetap melego dengan harga di bawah standart normal. Hubungan baik dengan pedagang pengepul kudu harus tetap terjalin. Seleksi , mana pedagang yang berniat baik dan pedagang sing menange dewe, harus sudah terpilahkan, sehingga anda dapat mudah mengambil sikap kedepannya.

    Intinya, perbanyaklah hubungan jalinan pertemanan dengan bakul pedagang pasar. Biasakan diri wajah anda pada para bakul pasar agar di kenal. Lebih enak lagi jika anda menjadi mitra, misalnya mitranya Mas Joko Bebek ABG, Bebek Aditya atau yang lainnya, dengan pemasaran yang jelas, anda tinggal focus ke produksi pembesaran bebek.

                                                               FASE STATER

    Fase stater mulai minggu 1 hingga minggu ke 2. Persiapan sebelum DOD tiba , boks atau postal harus sudah di persiapkan. Kandang paling bagus model postal beralas sekam atau jerami dengan sekat setinggi 50 cm kotak atau melingkar, Sekat ini di lapisi Koran atau sak bagor/karung pakan.

    Kandang postal ukuran 2 X 2 meter bisa di isi 500 ekor, tapi lebih bagus lagi jika 500 ekor di jadikan dua kandang. Tiap kandang postal di beri lampu bolam pijar 4 buah 30/40 Watt di sebar merata. Untuk peletakan lampu pijar, diatas dinding sekat kasih palangan/bilah bamboo. Selain berfungsi sebagai tempat lampu juga untuk meletakan karung pakan. Gambaran jelasnya kandang postal ini 100% tertutup total dengan sedikit celah udara. Hanya pada minggu 1 saja, pada minggu ke 2, siang hari tutup karung pakan di buka dan malam hari baru di tutup total lagi, lampu harus nyala terus sampai hari ke 14, akhir minggu ke 2. Sehari semalam sebelum DOD datang lampu harus sudah di nyalakan dan suhu dalam kandang sudah stabil.




    Minuman minggu pertama 100% herbal pada postingan “ Herbal Top Penghancur Segala Penyakit Ayam “ di tambah Vitachick sesuai dosis di kemasan. Tempat minum/ gallon 1 liter di beri kerikil kerikil kecil agar DOD tidak masuk air, jadinya basah. Hal ini yang sebenarnya menjadi penyebab utama kematian DOD, bulu menjadi basah sehingga DOD tidak bisa mempertahankan suhu tubuh.Hingga terjadi peristiwa Chilling.

    Pada minggu ke 2 minuman 50% air segar di campur 50% Probiotik plus Trymezin sesuai dosis di kemasan. Pembuatan herbal probiotik baca kembali postingan “ Reaktor Digester Probiotik “
    Alangkah baiknya jika postingan yang pernah saya unggah anda print jadikan sebuah buku, saat membutuhkan tinggal baca di buku. Sebab postingan saya satu dan lainya saling berkaitan. Atau buka saja blog : BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM

    Pakan mulai dig anti katul 2 bagian : sentrat 144 1 bagian. Asupan pakan 3 kg/hari/100 ekor atau 21 kg/ minggu/100 ekor. Minggu ke dua , suara berisik bebek mulai riuh terdengar di areal perkandangan, nikmati saja suara alam tersebut.

                                                         FASE GROWER

    Di mulai minggu ke 3 hingga minggu ke 4. Bebek sudah kelihatan sangat lincah berlarian dalam areal kandang. Minggu ke 3 minuman 50% air segar : 50% probiotik, pakan berganti katul 3 bagian : sentrat 144 1 bagian. Asupan pakan 5 kg/hari/100 ekor atau 35 kg/minggu/100 ekor.

    Minggu ke 4 minuman 50% air segar : 50% probiotik plus Trymezin, pakan berganti katul 4 bagian : sentrat 144 1 bagian. Asupan pakan 7 kg/hari /100 ekor atau 49 kg/ minggu/ 100 ekor.

                                                          FASE FINISTER

    Mulai minggu ke 5 hingga minggu ke 8, minuman 75% air segar : 25% probiotik plus Trymezin sedang pakan dengan perbandingan katul 6 bagian : sentrat 144 1 bagian sampai masa panen tiba, pada minggu ke 8.

    Asupan pakan minggu ke 5 adalag 8 kg/ hari/100 ekor atau 56 kg/minggu/100 ekor
    Asupan pakan minggu ke 6 adalah 10 kg/ hari/100 ekor atau 70 kg/ minggu/ 100 ekor
    Asupan pakan minggu ke 7 adalah 11 kg/hari/100 ekor atau 77 kg/minggu /100 ekor
    Asupan pakan minggu ke 8 adalah 12 kg/hari/100 ekor atau 84 kg/ minggu / 100 ekor.

    Jam pemberian pakan dan minum, pagi jam 6 atau jam 7 sedang sore jam 2 atau jam 3. Banyaknya takaran minum sesuaikan saja dengan kemampuan ternak. Tapi setelah nanti anda pelihara minimal dua periode maka anda akan sudah tahu takaran minum yang pasti. DOKumen arsip yang pernah saya posting di blog, juga saya simpan di DOKumen grup facebook : Ayam Kressing Super, anda bisa membukanya di sana bebas, sebebas-bebasnya. Silahkan berburu keilmuan praktis strategis, yang langsung bisa di praktekan , sebab petunjuknya adalah hasil praktek langsung bukan hanya teori semata yang kadang ketika akan di praktekan dalam dunia nyata, bertolak belakang.

                                               PENYAKIT BEBEK

    Pendapat
    yang mengatakan memelihara bebek lebih gampang di banding memelihara ayam. Ini bisa benar asal dapat lepas dari masa kritis pemeliharaan bebek umur 1 dan 2 minggu. Karena mortalitas kematian anak bebek pada usia starter sangat rentan sekali. JIka tidak dapat mengatasi ini yan sama saja, sama-sama sulit.

    Sumber penyakit dapat menginvasi individu hidup, jika ternak tidak dalam kondisi prima imunitas. Seandainya antibody terbentuk sempurna, mungkinkah bibit penyakit menyerang? Saya rasa tidak mungkin, kalau sekedar menyerang tentu bisa. Tapi begitu bertemu dengan antibody imunitas yang prima, penyakit langsung di musnahkan.
    Yang saya
    bahas hanya penyakit yang biasa menyerang bebek saja :
                                                    SNOT

    Penyakit ini kebanyakan menyerang anak bebek, tingkat kematian bisa 50%. Dengan cirri-ciri muka bengkak, di atas paruh bawah mata menggelembung berisi eksudat, leher tertekuk kelihatan memendek,nafsu makan turun, lemas, mata cekung tidak bulat jernih.

    Pengobatan pakai Trymezin, Terta Clour, Neo Meditryl di oplos dengan herbal system di masak. Waktu yang di butuhkan untuk sembuh 5 – 7 hari

                                                    COCCIDIOSIS

    Adalah berak darah, kotoran berwarna merah, pucat, lesu, bulu kusam, sayap jatuh. Penyebab hewan ber sel satu Protozoa. Kematian sangat tinggi, terutama anak bebek.

    Pengobatan dengan Anti Coksi atau Coksi plus herbal. Pengobatan, tiga hari pakai obat, dua hari libur, dan tiga hari lagi pakai obat.