BUDIDAYA BEKICOT


                                
     BUDIDAYA BEKICOT

Bekicot termasuk hewan hermaphrodite yaitu hewan yang memiliki kelamin ganda. Bekicot dewasa dengan berat 25 – 35 gram/ ekor, bisa menghasilkan 100 butir telur. Sementara yang ukuran lebih besar lagi bisa menghasilkan sampai 450 butir telur.

Telur biasanya di sembunyikan di dalam tanah, akan menetas setelah 21 – 35 hari. Bahkan tak jarang, telur-telur itu sudah pada menetasdalam waktu lebih singkat, bila kebetulan lingkungan cocok dan kelembapan pas.

Dua jenis bekicot yang sering di ternakan jenis achntina fulica dan achantina variegate. Untuk persyaratan lokasi untuk memelihara bekicot harus lembab dan tidak becek.Kalau bisa yang di bawah pohon tidak berdebu dan berlumpur.

Kandang bekicot bisa dari bamboo, papan atau tembok semen. Letakan di tempat yang ternaungi agak gelap dan lembab. Ukuran kandang tidk ada kaidah baku, kandang ukuran 1 x 1x 1 dapat di isi bekicot 100 – 500 ekor.

Bagian atas kandang di tutup dengan kawat strimin. Model pemeliharaan  terpisah dan menyatu, terpisah maksudnya setelah indukan telurnya menetas, anakan di ambil , masukan ke kandang pembesaran sampai panen. Sedang menyatu dari indukan punya anak hingga anakbesar lalu panen dalam satu kandang.

Makanan utama bekicot adalah daun-daunan dan sayuran kkol, bayam papaya , pisang danlain lain.
Bekicot tidak suka asin dan pedas, sisa nasi bisa di berikan.
oke…………..

5 Responses to "BUDIDAYA BEKICOT"

  1. Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Kami menyediakan BIBIT AZOLLA. Untuk pemesanan hubungi 0857 1790 7467, 0823 3234 8282 info selengkapnya tentang azolla: http://bibitazollagambiran.blogspot.com/2012/07/manfaat-tanaman-azolla.html

    ReplyDelete
  2. Bekicot dibuat sate juga enak kok...buat tepung untuk ternak juga joss,...apalagi bebek petelor,...untuk cangkangnya juga bisa dibuat tepung ,juga untuk campuran pakan bebek ,...begitu mas admin ,mohon koreksi kalo salah ...

    ReplyDelete
  3. numpang kasih info, mas... http://www.omahkebun.com/p/labu-china.html

    ReplyDelete
  4. iya loh, sekarang resto resto luar negeri, terutama perancis sudah menyediakan menu olahan dari daging bekicot, jadi sebenarnya prospek kedepan akan sangat bagus sekali, ayo kalo bisa kita budidaya dari sekarang

    ReplyDelete