Thursday, May 3, 2012

MENGAWETKAN TELUR MENTAH 1 - 2 BULAN


                      
  MENGAWETKAN TELUR MENTAH 1 – 2 BULAN

Di saat kejadian, stock telur melimpah dan harga telur baru jatuh, peternak di buat pusing apa yang harus di lakukan. Nyetock telur, takut harga telur ngedrop dalam jangka waktu yang lama,jika kelamaan telur kwatir busuk.

Solusi yang diambil peternak biasanya tetap melego telur, berapapun rendahnya harga telur, harus di jual meski dengan tanggungan kerugian yang berkesinambungan, belum lagi kalau harga pakan juga ikutan melambung dan seringnya memang seperti itu.

Saya ingat waktu masih kuliah, saya punya satu buku agenda yang saya kasih nama “ KUMPULAN IDE- IDE KREATIF ILMU TEPAT GUNA “ bongkar-bongkar koleksi lama juga akhirnya. Saya mendapatkan informasi ini dari koran Bernas terbitan jogja dan hasil skripsi teman-teman UGM.


                       METODE PENGAWETAN

A.
DAUN JAMBU BIJI
Saya ndak akan menerangkan terlalu berbelit sok ilmiah, takutnya nanti ada yang komplain, kasih info tapi sulit untuk di pahami, percuma saja. Oke langsung saja kita mulai, langkah-langkah yang harus dilakukan ada beberapa tahap sebagai berikut :

1. Ambil daun jambu biji segar 1 ons masak dengan air 5 liter masak sampai mendidih kurang lebih 30 – 40 menit. Dinginkan lalu saring tempatkan pada wadah baskom atau ember.
2. Telur yang akan di awetkan dibersihkan, buang semua kotoran, bilas dengan air bersih lalu tiriskan.
3. Masukan telur 100 butir/ saat merendam telur harus terendam air semua,yang sudah bersih pada air rebusan daun jambu biji, rendam selama tiga hari.
4. Setelah 3 hari angkat telur,  lalu tiriskan.

Effec samping metode daun jambu biji, kulit telur berwarna kecoklatan,jadi ini hanya cocok di terapkan untuk telur ayam RAS atau Lehor saja yang kulit telurnya berwarna coklat. Jadi untuk telur ayam kresing super atau ayam arab, jangan pakai metode daun jambu biji ini ya, gradasi warna kecoklatan pada kulit telur yang berwarna putih akan menjadi persoalan sendiri.

B. MINYAK KELAPA
Metode ini yang paling mudah di praktekan, pada telur ayam RAS maupun telur ayam kresing super dan ayam arab. Sebab tidak ada effec samping sama sekali, kulit telur tetap dengan warna aslinya.

1. Telur di bersihkan dari semua kotoran.
2. Olesi kulit telur dengan minyak atau rendam telur dalam minyak kelapa 5 menit.
3. Setelah di angkat, telur di tiriskan, bila sudah nampak kering telur di stock

C. PEMBUATAN MINYAK KELAPA

Minyak kelapa banyak tersedia di pasar tradisional, tapi sedikit saya terangkan proses pembuatan minyak kelapa, setidaknya dapat menambah koleksi ilmu,begitu……
1. Pilih buah kelapa yang sudah berumur tua dengan maksud rendemen lebih tinggi.
2. Kupas, lepaskan buah dari cangkang kelapa lalu cuci bersih.
3. Buah kelapa yang sudah bersih, kering ditiriskan lalu di parut bisa manual atau pakai mesin. Hasil terbagus jika pakai mesin, sebab diameter kelembutan lebih kecil.
4. Peras buah kelapa, sebelumnya sudah di tambah air segar, peras hingga air perasan berubah menjadi bening yang artinya kandungan santan sudah habis.
5. Masak dengan api sedang, lama pemasakan sekitar 3 jam, sambil terus diaduk-aduk.
6.  Setelah 3 jam sudah menjadi minyak kelapa, juga terbentuk ampas minyak atau “ blondo “ Pisahkan antara minyak dan blondo.
7. Blondo atau ampas minyak ini rasanya gurih enak sekali, jangan di buang.

Saran saya pada rekan peternak, coba praktekan dahulu dengan jumlah telur 10 – 20 butir, benar tidak informasi ini. Sebab saya sendiri belum pernah mempraktekan, soale ndak pernah ada telur sisa, semua habis terjual, kurang malah. Saya berprasangka baik saja, tidak mungkin Bernas dan rekan-rekan UGM akan menyebarkan informasi yang tidak bisa di pertanggungjawabkan.
BUMITERNAK-BETHA.BLONGSPOT.COM




2 comments: