REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK

    REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK Sesuatu yang baru, bisa terwujud, kadang kala di luar kehendak si pembuat, terbentuknya begitu saja terjadi tanpa perencanaan. Seperti Reaktor Digester Probiotik ini, ide pembuatan malah datangnya dari rekanan peternak. Pada postingan saya sebelumnya “ Herbal Top Penghancur Segala Penyakit Ayam “ dan “ Pendongkrak Bobot Kambing dan Sapi “ Metode pembuatan herbal dengan perebusan, hasilnya bagus tapi repot pada aplikasinya.

    Setiap hari mesti rutin merebus, perlu biaya dan tenaga berlebih. Makanya peternak berpikir bagaimana carannya agar pengerjaannya lebih praktis dan ekonomis. Sebenarnya bisa pak, cuman saya belum membuatnya. Pakai reaktor digester, eiit…malah suruh dibuatkan…hehehe……..
    Begitu sejarah terciptanya reaktor digester probiotik, unik, lucu…dan setelah jadi…paras wajah puas gembira dari peternak ini yang nilainya ndak bisa di hargai.Sayapun ikut bahagia melihatnya.
    REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK

    REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK

    REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK

                                           
    PEMBUATAN REAKTOR DIGESTER

                            
    Tingkat kesulitan pembuatan reaktor pada skala sedang, yang terpenting harus tersedia bor mesin dengan segala ukuran mata bor, gergaji “U”, gergaji manual, alat pendeteksi kebocoran. Setelah semua siap, tinggal pengerjaannya, jangan takut salah, tidak jadi, bocor. Sing penting kerjakan dahulu, jadi atau ndak jadi kerjakan dulu. Semangat…semangat…semangat…

                                             BAHAN-BAHAN

    1. Satu buah drum plastik 150/ 250 liter
    2. Dop pralon 3 inn
    3. Scrap kran luar dalam ¾
    4. Kran air ¾
    5. Lem tahan air “Taglin”
    6. Selang plastik bening seukuran jari kelingking 70 cm
    7. Botol bekas aqua 1,5 liter
    8. Lakban
    9. Tali rafia
    10. Kayu reng sepanjang 2 meter

                               Tutup drum yang pertama di garap, buat lubang seukuran Dop pralon 3 inn, harus rata tidak boleh ada lubang meski hanya sebesar jarum. Jika masih bocor maka proses fermentasi reaktor digester tidak terjadi. Masukkan dop pralon pada lubang, olesi lem merata bagian atas dan bawah, merata melekat. Lalu buat lubang angin, bisa pakai bekas dop angin ban sepeda, lem dengan kuat bagian dalam dan luar. Selang plastik bening seukuran kelingking ditancapkan pada ujung dop angin.

                                 Bagian tampungan drum, pada bagian muka bawah di buat lubang kran. Ini adalah pengerjaan terpenting, biasanya kegagalan reaktor digester pada bagian ini. Setelah lubang terbentuk scrap luar dan dalam di pasang secara bersamaan denga di bantu pakai kunci inggris atau badut. Pada bagian dalam harus benar-benar kuat,olesi lem luar dalam. Dalam kondisi kering kran muka ¾ di pasang setelah diuliri selotif. Buat sekuat mungkin, jangan sampai air bisa merembes keluar, jika hal itu terjadi digester di anggap gagal. Bahan-bahan terpasang semua lalu drum di cuci bersih, keringkan. Nah………..proses pembuatan reaktor digester probiotik selesai, mudah tho…………………………….

                                                   BAHAN BAHAN HERBAL

    a. Kunyit atau kunir 6 – 8 kg
    b. Temulawak 2 – 3 kg
    c. Jahe 1 – 2 kg
    d. Daun sirih 2 – 3 kg
    e. Brotowali 2 – 3 kg
    f. Asem jawa 2 kg
    g. Gula jawa 2 – 3 kg
    h. Stater EM4 peternakan 1 – 2 liter
    i. Air segar 150 liter

                                                    LANGKAH PEMBUATAN

    1. Kunyit, temulawak, di cuci bersih tiriskan lalu di parut/ blender/ di gilingkan ke pasar. Tampung pada wadah besar lantas di peras di ambil sarinya, sampai air perasan menjadi bening. Hasil sari perasan di masukkan pada drum digester.

    2. Jahe, brotowali, daun sirih dirajang/dicincang lembut lalu direbus, pengulangan perebusan hingga air rebusan tidak berwarna coklat lagi. Setelah dingin air rebusan di masukkan drum digester.

    3. Asem jawa di buang isinya lalu di peras dioleni, hasil ulenan pertama berbentuk seperti bubur. Terus diuleni sampai tidak berbentuk bubur lagi.

    4. Gula jawa di sisir halus kemudian di masak hingga mencair semua, dinginkan, masukkan ke dalam drum reaktor digester probiotik.

    5. Stater EM4 peternakan di masukan dalam drum, lalu di tutup sangat rapat dengan lakban rangkap  berlapis 3 – 6 lembar lakban. 3kali pada pertemuan bibir tutup drum dan badan drum, 2 lapisan bagian atas dan 2 bagian lakban bagaian bawah. Lamanya waktu proses dala reaktor digester 14 – 20 hari, baru hasil herbal probiotik dapat di gunakan. Pengadukan reaktor digester lewat dop pralon 3 inn, setiap 3 hari sekali. Sedang gas yang dihasilkan keluar melalui selang plastik bening yang di masukkan dalam botol aqua 1,5 liter yang telah di isi air, sehingga gas dari dalam bisa keluar, tapi udara luar tidak bisa masuk ke dalam.

    Seandainya semua bahan herbal dapat di hancurkan atau di lembutkan, maka tinggal memeras lalu dimasukkan dalam reaktor digester semua bahan herbal ke dalam digester , hasil perasan dan ampas dari herbal. Hasilnya lebih bagus di bandingkan kalau Cuma perasan yang di masukkan.


                                         ATURAN PAKAI

    Ayam dan itik/ bebek : 5 - 10 ml tiap 1 liter air, dapat di pakai setiap hari, ini untuk dosis pencegahan Sedang untuk pengobatan saya sarankan tetap memakai aturan dalam postingan “Herbal Top Penghancur Segala Penyakit Ayam “ Pakai metode perebusan.

    Kambing : Untuk kambing lebih mujarab sistem “ cekok “ saja seminggu sekali 100 ml untuk seekor kambing, untuk yang masih kecil dosis setengahnya

    Sapi dan kerbau dan kuda : 500 ml seminggu sekali, model cekok juga. Sebenarnya dengan di campurkan ke komboran juga bisa, tinggal di sesuaikan saja. Untuk lebih jelas buka postingan saya “ Pendongkrak bobot kambing dan sapi “

    Jika masih kurang jelas juga buka blog saya: BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM  Sekedar infomarsi harga 1 set reaktor digester probiotik Rp 400.000. Sedang harga eceran hasil probiotik herbal Rp 10.000 per liter. Jangan bandingkan dengan harga probiotik produk lain, harganya pasti njomplang. Pertimbangan saya sih Cuma saling menolong, masa sesama petenak saling memeras, menipu, mana hati nuranimu….? Begitu selamat mencoba……………

                                              KEUNGGULAN PROBIOTIK
    •  FCR ( feed conversi rasio ) lebih baik.
    • Tingkat digestibel/ ketercernaan lebih sempurna.
    • Asupan pakan lebih irit.
    • Uji tantang antibody/ ketahanan daya tahan tubuh lebih baik.
    • Produktivitas lebih unggul
    • Lama/ waktu pemeliharaan ternak potong lebih singkat
    • Periode produksi telur dan susu makin panjang.
    • Cemaran kontaminasi antibiotika bisa di minimalisir
    • Harga probiotik buatan saya lebih murah
    • Harga Reaktor Digester Probiotik berani bersaing.
    Sambil berjalannya waktu nanti rekan peternak akan menemui keunggulan- keunggulan probiotik yang belum saya ungkapkan. Nah….tugas Njenengan untuk menguaknya…………Suwun…

    27 Responses to "REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK"

    1. hasil probiotik herbalnya di jual gak mas...., klo ya, kemana saya bisa beli....

      ReplyDelete
    2. di jual mas....



      ALAMAT DAN NO HP

      Bagi rekan rekan yang akan main ke rumah, coba nanti tak buatkan ancer ancer agar lebih mudah mencarinya.

      Dari arah jogja :

      Ikuti jalan jogja-solo>prambanan>pabrik susu SGM>pabrik tebu Gondang Winangun>pasar sargu>RS Tegalyoso>ikuti jalan kota klaten jalur alternative>terminal klaten, sampaijalan jogja solo lagi>ambil kiri arah solo sampai PT Widya Dharma>mlese>sampai ¼ karangwuni di tengah jalan ada pohon beringin, kana nada SPBU dan kiri ada BULOG, pada lampu merah karangwuni ambil kanan>ceper>kurung cetan>pedan di 1/3 arah karangdowo ambil kiri 3km> SMP N 2 Karangdowo>kampong banaran belakang Bank BKK>rumahku. Rumah di tepi jalan raya jadi mudah untuk di cari….

      Alamat komplit :
      jalan raya karangdowo-pedan km 1, banaran RT 1 RW 1 pugeran karangdowo klaten

      No HP : 085229779252

      ReplyDelete
    3. terima kasih pak betha atas sharing ilmunya

      saya mau nanya pak, jadi setiap 3hari sekali diaduk dengan cara membuka dop. kalo seperti itu udara bisa masuk dong pak?
      apa hal tersebut diperbolehkan dan tidak mempengaruhi proses fermentasi?

      ReplyDelete
    4. seumpama nanti bisa tercipta alat yg seperti itu bisa lebih bagus lagi mas.......

      kalau selama ini seperti itu, penjelasan logikanya saat buka dop memang udara bisa masuk, tapi karena masih menghasilkan gas,maka udara yang masuk tadi di dorong lagi keluar oleh gas yang terbentuk lagi lewat selang udara yang masuk ke botol aqua berisi air....udara dari dalam bisa keluar tetapi udara dari luar tidak bisa masuk terhalang air dalam botol aqua...

      ReplyDelete
    5. ditempat saya brotowali susah didapat, apa bisa diganti bahan lain?
      terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. sambiloto
        jika tidak ada daun sirihnya saja yang di tambah 2 kali lipat

        Delete
    6. kalo di tambah dengan daun Pepaya bisa gak Mas betha.. rencana saya mau buat tapi untuk daun brotowali disini susah dapatnya..

      ReplyDelete
    7. mas, kalau em4 peternakan diganti dg em4 pertanian bisa g mas?

      ReplyDelete
    8. mas, cara penyimpanannya setelah 20 hr gmn? drumnya tetap hrs tertutup, kedap udara ato boleh terbuka?

      ReplyDelete
      Replies
      1. dalam botoldan jerigen tertutup total, tahan 10-12 bulan, jangan kena sinar matahari

        Delete
    9. PAK BETA,botol yg terisi air itu di buka apa di tutup?TQ

      ReplyDelete
    10. wah kayaknya aku ketinggalan jaman nih....pak Betha aku sering lihat di youtube ada pupuk organik cair...NASA,HCS,TOP,DI GROW apa sama dgn yg ini pak...terima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. beda mas.......tapi teman teman sdh pada membuktikan keampuhannya

        Delete
    11. mas, sy sdh coba buat,
      kalau gas sdh tdk keluar, itu pertanda apa ya mas?
      normalnya, gas sdh tdk ada hari keberapa y mas?

      ReplyDelete
      Replies
      1. energi panas dan gas masih terasa hingga hari ke 5, selanjutnya masih mengeluarkan gas kita tak bisa merasakan...itu normal

        Delete
      2. Mas numpang nanya kalo pembuatan nya hanya menggunakan tong kedap udara saja apakah bisa jadi pak.....

        Delete
    12. mas saya pernah tanya ke petugas peternakan di daerah saya, katanya kelinci iku tidak kuat dikasih bahan yang ada tetesnya, apa benar mas?

      ReplyDelete
    13. salam peternak suskes...mas beta..Hasil dari reaktor digestater itu masa exparetnya berapa bulan..

      ReplyDelete
    14. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
    15. mas, buah megkudu ada keuntunganya ,apabila di fermentasi

      ReplyDelete
    16. mas bertha apakah probiotik dapat dicampur air minum yang telah mengandung klorin? mengingat fungsi klorin adalah untuk membunuh organisme air

      ReplyDelete
    17. EM4 diganti dgn SOC, bisa nggak ya..mas..

      ReplyDelete
    18. Mas betha,,, brotowalinya yg di ambil apanya? coz ada yg bilang daunya, dan ada juga yg bilang batangnya,,,, atas jawabanya sy ucapka trima kasih

      ReplyDelete