PROBIOTIK PEMUSNAH PENYAKIT BERAK DARAH DAN SNOT


                              
         PROBIOTIK PEMUSNAH PENYAKIT BERAK DARAH DAN SNOT

    PENYAKIT BERAK DARAH ATAU COCCIDIOSIS

    Penyakit ini menyerang pada organ pencernaan atau usus yang berdarah darah. Usia di bawah 2,5 bulan merupakan usia yang sangat sensitive. Maka sikap ke hati hatian sangat di butuhkan oleh seorang peternak, manajemen dan program biosekuritu harus di jalankan dengan benar.

    Penyebab penyakit ini adalah jasad renik Protozoa bersel satu, yang bernama Coccidia. Ada banyak macam jenis coccidian, tapi yang paling jahat ganas adalah Eimeria Tenella dan Eimeria Necatrix, dengan cirri utama kotoran warna merah darah.

    Penularan bisa lewat tempat pakan dan minum yang telah terinfeksi, bisa juga karena ayam memakan kotoran yang membawa bibit penyakit. Silahturahmi antara ayam sakit kea yam sehat pun bisa menjadi penyebab penularan penyakit. Yang lebih di perhatikan adalah pada ayam Carrier, yaitu ayam yang habis sembuh dari penyakit berak darah ini, tapi sebenarnya dia adalah pembawa bibit penyakit pada generasi selanjutnya.Pada pembibit atau Breeder yang bertanggungjawab maka ayam yang pernah terkena penyakit ini haram hukumnya untuk di jadikan bibit Indukan.

    Gejala serangan penyakit pada usia stater adalah anak ayam menjadi lesu darah, bulu kasar berdiri, jongkok telur dan sayap menggantung tiada nafsu makan minum. Kotoran warna merah darah dan cloaka kotor oleh feces, mata selalu tertutup dan bergerombol berjejal pada sudut sudut kandang.

    Sedang serangan pada ayam yang sudah usia dewasa, cirri utama produksi telur turun dratis, sayap terkulai, tiada nafsu makan minum dan feces warna darah karena dinding usus yang terluka.

    PENYAKIT SNOT CORIZA ATAU PILEK

    Penyakit dengan cirri utama kepala bengkak seperti habis di pukuli. Awal awal penyakit saat datang adalah lubang hidung mengeluarkan eksudat cair, lama kelamaan penjadi padat keruh yang menyumbat lubang pernapasan. Karena terjadi kesulitan bernapas, ayam jadi sering bersi bersin dan mengguncang guncangkan kepala. Nafsu minum meningkat tajam sedang makan nya malah turun dratis sehingga pertahanan daya tahan tubuh bisa jebol.

    Penyebab utama fentilasi perputaran udara di dalam areal perkandangan yang tidak sempurna. Uap amoniak yang di hasilkan dari feces tidak bisa keluar dari kandang. Sehingga setelah daya tahan tubuh droup maka pintu masuk bakteri Hemophillus Gallinangrum terbuka lebar.

    Jadi kunci utama adalah pada keluar masuknya udara segar harus bagus dan berjalan normal. Sebab jika tidak di kwatirkan penyakit Snot sangat mudah sekali komflikasi dengan CRD Chronis Respiratory Disease.JIka ini terjadi …waduh…sulit penanganannya.

    Jika kandang semi tertutup, bagian dinding kandang bagian bawah di buat lubang angin kecil kecil di sepanjang dinding kandang. Agar udara segar yang masuk lewat bawah bisa mendorong amoniak keluar dari areal kandang.

    PROBIOTIK

    Probiotik yang saya maksud di sini adalah probiotik yang pernah saya bahas pada dokumen arsip dengan sub judul “HERBAL TOP PENGHANCUR SEGALA PENYAKIT AYAM dan REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK “
    yang bisa di buka di grup facebook “ AYAM KRESING SUPER atau buka yang di blog : BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM

    Dari ke enam macam herbal yang di gunakan, daun sirih, kunir, temulawak, jahe, brotowali, asam jawa
    saling bersinergi menguatkan dan berpadu satu mengusir bibit penyakit dan bisa di kombinasikan dengan obat obat kimia produksi pabrik. Ini tidak saling mengurangi khasiat tapi malah saling membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

    Pada peternakan saya setelah dari kecil DOC memakai selalu probiotik ,ayam sudah tidak pernah terserang beral darah dan snot. Malah asupan pakan turun tapi pertumbuhan tidak menurun, dan lagi produktivitas telur ayam yang turun dratis bisa meningkat lagi.

    Kasus pada ternak saya,ayam yang sebulan lagi harus afkir karena sudah usia 2 tahun, setelah di beri probiotik , produksi telur malah meningkat 10%, ini peristiwa nyata bukan tipuan.

    Makanya rekan rekan peternak pelajari kembali dua sub judul di atas dan usahakan untuk bisa membuat probiotik sendiri….kalau bisa bikin sendiri kenapa mesti beli……………….

    Grup facebook : ayam kresing super
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id












    4 Responses to "PROBIOTIK PEMUSNAH PENYAKIT BERAK DARAH DAN SNOT"

    1. "HERBAL TOP PENGHANCUR SEGALA PENYAKIT AYAM" ramuan P. Betha top banget. saya coba ke ayam petelur saya. pagi saya beri herbal sore harinya udah 50% lebih sembuh dan nafsu makan kembali normal. sebelumnya 300 ekor ayam terkena snot setelah saya vaksin Coryza. Trims P. Betha

      ReplyDelete
      Replies
      1. SAYA IKUT SENANG MAS....
        JANGAN BERHENTI BERKREASI....

        Delete
      2. ok. P. betha semoga bermanfaat bagi peternak lain. sebagai tambahan sebelum pakai herbal top ayam saya tiap hari ada yg mati hingga tinggal 275 ekor skrg. skrng saya pakai probiotik resep dari P Betha alhamdulillah ayam saya sehat2. trims.

        Delete
    2. warna probiotik top apa pak beta..?
      Saya coba nderek2 buat kq warnanya kecoklatan...?

      ReplyDelete