PEMBUATAN TEPUNG BULU TEPUNG DARAH DAN TEPUNG TULANG



                                         PEMBUATAN TEPUNG BULU TEPUNG DARAH DAN TEPUNG TULANG

    Tepung Bulu Unggas

    Protein                         : 85 %
    Energi Metabolisme  : 2310 Kcal/kg
    Lemak                           : 2,5 %
    Serat kasar                   : 1 %
    Ca                                  : 0,5 %
    P                                    : 0, 32 %

    Proses pembuatan tepung bulu, cuci dan bersihkan bulu dari semua kotoran yang menempel, termasuk ikutan daging, lemak atau kotoran yang lain, cuci sampai bersih berwarna putih. Lalu hidrolisis atau pemasakan pada temperature tinggi tekanan 15 – 20 kg atau masak pakai alat presto yang buat ngempukin daging dan tulang atau kalau tidak punya juga ,masak dengan panci dadanghingga suhu 130 derajat. Lalu dinginkan, jemur atau di oven setelah kering benar ,baru di giling.

    Bulu unggas dulu jarang di gunakan sebagai penyusun bahan pakan, itu dulu. Tapi sekarang sudah biasa di pakai dalam penyusunan pakan, sebagai sumber protein hewani dan kaya akan asam amino esensial.

    Meski memiliki kelemahan untuk di cerna secara sempurna, tapi setelah mengalami proses pembuatan di atas . Maka protein Keratin yang sulit di cerna dapat teratasi, karena setelah pemasakan  ikatan Disulfidanya akan terurai sehingga mudah di cerna oleh unggas.

    Tepung Darah

    Protein                         : 85 %
    Energi Metabolisme  : 2750 Kcal/kg
    Lemak                           : 1,1 %
    Serat kasar                   : 1 %
    Ca                                  : 0,15 %
    P                                    :  0,30 %
    Na                                 :  0,32 %
    K                                    : 0,09 %
    Cl                                   :  0,27 %
    Mn                                :   5 ppm

    Tepung darah di pakai karena kadar protein kasar yang tinggi dan kaya akan asam amino Lisin, tapi tingkat palatable agak kurang, di samping tingkat tercerna yang rendah Artinya sebagian besar terbuang karena sulit di cerna, maka penggunaannya harus di kombinasikan dengan bahan lain dengan tingkat pemakaian 3 – 5 % saja.

    Cara membuat tepung darah, bahan di ambil dari RPH atau tempat penjaggalan, darah yang masih segar beri sedikit garam agar cepat menggumpal, lalu masak dalam panci hingga hingga berubah warna dari merah menjadi coklat. Angkat lalu iris tipis tipis lalu di jemur baru di giling.

    Tepung Tulang

    Tepung tulang telah di kenal secara luas sebagai salah satu penyusun bahan pakan konsentrat untuk pertumbuhan ternak. Selama ini tulang di anggap limbah,padahal jumlahnya sangat banyak, sehingga memungkinkan untuk di jadikan satu usaha yang sangat menjanjikan.

    Fungsi utama tepung tulang dalam ransum pakan untuk memenuhi kebutuhaan akan Fosfor. Tapi senyawa yang terkandung masih banyak lagi seperti Ca, K, Na, Mg, Mn dst,dengan tingkat pemakaian dalam ransum 1 – 2 %.

    Tepung tulang Specal Steamed Ca : 29 % dan P : 14 %
    Tepung tulang Steamed Ca : 24 % dan P : 12 %

    Cara membuat tepung tulang, bersihkan tulang dari darah, lemak dan sisa daging,tanah dan kotoran yang lain. Masukan dalam tabung Digester berupa tangki tertutup berdinding lapis dua, atau pakai alat presto. Setelah bersih tulang di keringkan atau oven selama 3 jam.

    Setelah kering masukan dalam mesin Circular Mill atau Hammer Mill atau alat penumbuk lain. Jika masih kurang halus giling dengan mesin penepung lalu ayak agar partikel yang masih besar untuk di buang. Tinggal di kemas untuk di pakai sendiri atau di pasarkan.

    Grup : ayam kresing super
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id










    8 Responses to "PEMBUATAN TEPUNG BULU TEPUNG DARAH DAN TEPUNG TULANG"

    1. untuk pakan ikan bisa apa tidak ?

      ReplyDelete
    2. Saya butuh tepung tulang dan tepung bulu unggas, dimana saya bisa beli? berapa harganya per kg? Apakah ada nomor HPyang bisa saya kontak? Atau bisa kontak ke nomor HP saya di 081223123962 atau 087809082376 segera!!! Trims.

      ReplyDelete
    3. Salam, Saya perlu tepung tulang. dmn saya bisa daptkan ? sampai di Bandung Jabar harga brp ? Ditunggu info secepatnya di 022-92435605 ( Bendol )

      ReplyDelete
    4. boos minta nomer telponya mau taya masalah tepung lebih jauh yang untuk hewan unggas?
      ni nomer saya 081232465521 anam trims

      ReplyDelete
    5. Saya butuh jasa bubukin tulang saya 0818652303 Erwin

      ReplyDelete
    6. saya ready stok tepung tulang ikan + udang GRADE A (warna lebih putih) harga 6.500/kg dan GRADE B (warna lebih hitam) harga 8.000/kg. STOK TERBATAS.
      Minat ?
      hubungi 085 746 341 999 (terverifikasi google & toko bagus)

      www.agrobisnisprobolinggo.blogspot.com
      www.jualterpalmurah.blogspot.com

      ReplyDelete