Friday, November 9, 2012

PENYAKIT BERAK HIJAU FOWL CHOLERA

                                  PENYAKIT BERAK HIJAU ATAU FOWL CHOLERA

Musim penghujan, dengan tibanya musim penghujan maka akan berkembang pula beberapa macam penyakit akan menyerang. Kondisi lingkungan kandang yang lembab karena bash oleh air hujan memancing timbulnya bibit penyakit, salah satunya berak hijau atau kolera. Ini penyakit yang akan kita bahas sekarang ini. Beberapa laporan dari sebagian teman teman diberbagai wilayah melaporkan jika penyakit berak hijau ini sedang mewabah.

Berak hijau kolera di sebabkan oleh bakteri Pasteurella Multocida, yang bisa berkembang cepat pada kondisi kelembaban tinggi, karenanya biasanya baru mewabah dengan bersama datangnya musih penghujan.

GEJALA PENYAKIT

Keluar berak berwarna hijau, kadang muncul Tortilosis sehingga tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh apalagi bila mengalami Synovitis bengkak pada sambungan lutut kaki sehingga ayam jadi lumpuh. Pada ujung ujung jengger berwarna biru kehitaman,dan pial ataujengger bawah mengalami pembengkakan, nafsu makan turun dan terkadang keluar leleran mukosa cair dari mulutnya.Jika komplikasi dengan snot atau corisa maka muka ayam akan bengkak merah kebiruan. Jika di lakukan bedah bangkai akan di dapati hati menjadi bengkak besar,bertitik titik putih,  jika di peggang mudah hancur. Seandainya bibit penyakit sudah menyebar dalam pembuluh darah ayam mengalami Bacterimia, yang sulit sembuh.
Tapi ndak usah takut… setiap penyakit yang di turunkan Gusti di dunia ini pasti sudah di sertakan juga dengan penawarnya.

PENULARAN PENYAKIT

Sistem penularan penyakit horizontal, dari ayam sakit kea yam sehat, lewat tempat pakan  dan minum, bisa juga karena perpindahan tempat pekerja dari kandang yang terkontaminasi penyakit ke kandang sehat atau dari hewan pengerat tikus, burung dan ayam sakit yang keluar kandang. Hewan yang sembuh dari penyakit kolera membawa sifat Carrier, ayam sakit harus di karantina. Bagi teman teman penetas telur, indukan yang terjangkit penyakit kolera tidak boleh lagi di jadikan bibit indukan











SEBELUM PENYAKIT DATANG

SANITASI, kebersihan kandang termasuk didalamnya tempat makan, minum, lantai dan dinding kandang di jaga kebersihannya.Usahaan seminggu sekali di bersihkan, biofilm yang terdapat dalam tempat minum harus di buang, sebab bisa menjadi media berkembangbiak penyakit. Gunakan Sporades, Formades, antisep atau Medisep.

Amoniak yang beredar dalam kandang harus segera di keluarkan dari dalam kandang, fentilasi pergerakan udara segar harusberjalan normal. Fentilasi di buat bagian atas dan bawah.

RANSUM PAKAN, berikan standart nutrisi pakan yang sesuai dengan usia ayam atau bebek, biar tidak terjadi kekacauan dalam pertumbuhan metabolism tubuh. Sehingga usia dewasa tubuh dulu tercapai barumenyusul pertumbuhan dewasa reproduksi. Perlu ketelitian untukmengetahui kualitas bahan pakan yang di berikan dari kontaminasi bibit penyakit dan jamur

SETELAH PENYAKIT DATANG

Ayam sakit ,tangkap segera karantina, berikan obat dan rebusan herbal Top, buat yang sudah tidak bisa makan minum beri dengan di cekok, yang ndak mau makan beri nasi hangat, malam hari beri lampu 50 watt dan dinding kandang di beri penutup, pada siang hari jemur sinar matahari.

Satu kandang yang sudah terkontaminasi penyakit, semprot dengan antisep atau yang lainnya seperti di atas,kandang ,tempat makan minum,lantai dan tempat tampungan kotoran termasuk juga ayamnya.

Buat ramuan Herbal Top atau Probiotik Top, salah satu di pakai atau keduannya di pakai ndak papa lalu kombinasikan dengan antibiotika Amoxitin, Proxan-s, Proxan-c  atau Coliquin, pilih salah satu dosis ikuti yang tertera dalam brosur.

Buat teman teman yang belum paham tentang Herbal Top dan Probiotik Top bisa mencari informasinya di Grup Facebook : Ayam Kresing Super di bagian DOKumen File atau buka Blog : bumiternak-betha.blogspot.com

Minggu pertama selama 7 hari air minum hanya di beri Herbal Top 90 % dan Probiotik Top 10%. Jika hanya bisa mendapatkan Herbal TOP beri 100 %, kombinasi dengan antibiotika di atas pilih salah satu di campurkan bukan sendiri sendiri tapi di jadikan satu herbal probiotik dan antibiotika.

Tunggu selama seminggu, amati perkembangan, jika menampakkan proses penyembuhan ,genapkan hingga 10 hari. Kemudian 15 hari kemudian untuk jaga jaga beri herbal Top dan Probiotik Top 25 % dan air segar 75 % tetep di kombinasikan dengan salah satu antibiotika di atas.Setelah ayamsudah kembali sehat , usahakan untuk setiap hari memakai Probiotik Top, tidak akan over dosis karena Probiotik ini merupakan herbal organic natural.



Jika belum menampakan proses penyembuhan selama seminggu maka dosis antibiotikannya lipat dua kali  sedang Herbal Top dan Probiotik top tetap sama dosisnya, inipun selama seminggu. Setelah menampakkan ayam menjadi sehat , lanjutkan pemberian herbal top dan Probiotik top 25% dan air segar 75 % dan antibiotika dosis pencegahan selama 15 hari.

Mungkin ada pertannyaan kenapa antibiotika harus di kombinasikan dengan Herbal Top dan Probiotik Top? Sebetulnya ini hanya pengalaman saya saja mas dalam mengatasi penyakit. Jika pengobatan hanya herbal top dan probiotik top, ayam sembuh tapi perlu waktu agak lama dan jika hanya antibiotika saja maka ayam sembuh tapi perlu waktu lama dengan tingkat kematian 15-20% terggantung jenis penyakit yang menyerang. Tapi jika herbal top ,probiotik top dan antibiotika di kombinasikan maka proses penyembuhan dalam waktu singkat ,biasanya paling lama 7 hari dan motalitas kematian 0 %.
Begitu………….

Grup facebook : ayam kresing super
Twitter : @betha_sutrisno
Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id






1 comment: