PENYAKIT CROP TEMBOLOK AYAM DAN BEBEK



                        PENYAKIT CROP TEMBOLOK AYAM DAN BEBEK

    Penyakit ini biasanya sering terjadi pada ayam kampong dan ayam Bangkok. Crop tembolok mengeras karena tertinggalnya pakan dalam tembolok, yang segera dapat di ketahui.

    Bila di pagi hari, sebelum di beri pakan, tembolokmasih terisi pakan dan kelihatan menonjol besar, bau mulut asam, sudah di pastikan pakan tertinggal dalam tembolok. Dapat di berikan minyak goreng , perasan asam dan sedikit garam. Di buat larutan lalu cekok kan pada ayam sebanyak 2 sendok makan.

    Lalu setelah 10 menit berikan air hangat, sambil tembolok di remas remas, agar masuk dalam saluran pencernaan. Jika usaha ini gagal, harus di lakukan operasi, caranya :

    cabut bulu pada tembolok, siapkan pisau cutter super tajam yang sebelumnya sudah di rendam dalam air mendidih. Buat sayatan 2 cm pada kulit dan lapisan dinding tembolok, lalu tekan sisa pakan keluar hingga tembolok kosong. Bersihkan tembolok, lalu jahitlah dengan jarum dan benang yang telah di rendam air panas, jaga agar lubang ke perut tidak tersentuh.

    Pertama yang di jahit adalah dinding tembolok lapisan dalam, buat kencang menutup rapat setelah selesai semprot alcohol 70%. Jahitan kedua sekarang pada kulit luar, seperti di atas carannya, usahakan saat menjahit kulit luar jangan sampai lapisan tembolok dalam ikut kejahit, semprot alcohol 70%.

    Setelah proses operasi selesai, ayam di puasakan sehari semalam, tanpa makan dan minum. Baru di beri pakan ringan lembut basah yang mudah di cerna, bertahap hingga beralih ke pakan semula.

    Penyakit ini biasanya terjadi pada ayam yang di umbar liarkan, ayam memakan rumput terlalu panjang atau memakan karet gelang, tali rafiah, plastic, akhirnya menyumbat lubang tembolok atau di beri pakan yang terlalu lembek.

    TEMBOLOK MENGGANTUNG

    Tembolok besar sekali dan menggantung, kadang sampai menyentuh tanah. Ini di sebabkan terlalu banyak makanan lembek, lunak. Dengan di operasi ,tembolok dapat di perkecil. Pada makan system kering hal ini tidak akan pernah terjadi.

    TEMBOLOK MEMBESAR

    Kasus ini biasanya banyak terjadi pada anak ayam, yang di besarkan dengan makanan basah lembek. Cara pengobatan dengan di masukan kandang brooding karantina, beri air minum hanya susu saja dan makanan yang di sajikan harus yang kering, setelah dua hari cekok perasan asam dan garam buat larutan dua sendok the saja, sekali saja,lalu pakan normal.


    TEMBOLOK TERKENA RADANG

    Penyakit ini di sebabkan oleh potongan besi metal yang menggandung racun seperti tembaga atau seng yang ikut termakan ayam.

    Gejalanya ayam gelisah, berjalan mondar mandir tanpa tujuan, sering kali berusaha menelan meski tidak sedang makan. Coba tembolok di kosongi, dengan memasukkan air sum sum kuku atau hangat kemudian air ini di keluarkan lagi dengan cara meletakkan kepala ayam di bawah kaki di atas.

    Jika terkena racun, harus di ketahui jenis racunnya sehingga dapat tertolong dengan di berikan penangkal racun.

    Jika keracunan kapur tohor berikan beri larutan cuka encer
    Jika keracunan racun tikus berikan magnesia
    Jika keracunan sublimat berikan susu dan putih telur
    Jika keracunan tembaga berikan putih telur

    Grup facebook : ayam kresing super
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog ; bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id


    0 Response to "PENYAKIT CROP TEMBOLOK AYAM DAN BEBEK"

    Post a Comment