ALAS LITTER SISTEM POSTAL



                                      ALAS LITTER SISTEM POSTAL

    Alas liter system postal tercipta secara tidak sengaja saat akhir perang dunia II. Rakyat di mobilisasi untuk menyediakan bahan pakan untuk bekal tentara di garis depan, karena tenaga kurang saat itu maka bekas kandang ayam yang di pakai pada periode pemeliharaan yang lalu di pakai kembali tampa sempat untuk di bersihkan dahulu.

    Prof. Kenmard terheran heran dengan produktivitas yang di hasilkan malah lebih tinggi di banding dengan pola pemeliharaan normal. Produksi telur dan daging lebih tinggi dan daya tetas telur meningkat dengan tajam.

    Dengan dasar liter campur kotoran lama , tidak menyebabkan DOC terkena berak darah, penyakit yang biasanya pasti menyerang DOC yang di pelihara di lantai. Di samping sifat Kanibalisme tidak pernah terjadi pada kandang system liter postal.

    November 1950, percobaan liter postal ini di uji lagi di Eropa, ayam usia 13 minggu di masukkan  dengan tampa mengganti alas jerami lama ,yang setiap 13 minggu sekali alas liter di ambil sebagian untuk memupuk tanaman hingga berulang 13 kali selama 2 tahun pemeliharaan dan hasil bagus.

    Musim dingin 1952, percobaan itu di uji lagi pada alas jerami kotor yang telah 6 kali di pergunakan dan tidak pernah di ganti. Penimbangan DOC saat usia 6 minggu ternyata rata rata 10% lebih tinggi di banding hasil dai kandang yang bersih.

    Penyelidikan secara luas menunjukan bahwa bakteri dan lapukan kotoran lama seperti kompos di samping menimbulkan proses dismilati, mineralisasi, juga membentuk berbagai vitamin. Antara lain vitamin B12 yang besar sekali pengaruhnya terhadap kekuatan lembaga dan membantu mempercepat pertumbuhan ayam.

    Kotoran ayam baru saja di keluarkan tidak mengandung Vitamin B 12 tetapi bila kotoran tersebut berada pada suhu 30 derajat selama 1 minggu saja, maka kadar vitamin B 12 akan berlipat ganda. Jika syarat hidup bakteri baik dan sesuai maka akan terus menerus di hasilkan vitamin B 12 dan vitamin lainnya.

    Syarat syarat alas litter postal adalah :
    1. Keadaan konsistensi dari dasar jerami. Lapisan atas jerami usahakan tidak tertutup kotoran ayam semua.Ayam suka ceker ceker sehingga secara tidak langsung sudah merupakan pengadukan pembalikan alas secara otomatis

    Dasar jerami tidak boleh kering total tapi juga tidak boleh terlalu basah, pada jerami kering tidak menimbulkan energy panas, dasar jerami buat agak lembab.



    2. Tebalnya dasar jerami. Ketebalan 30 cm dan kondisi agak lembab akan muncul energy panas. Kondisi panas menunjukan bakteri sedang berkembang, sehingga bakteri pathogen akan mati . Jika dasar jerami lembab ini di timbun lagi dengan jerami baru maka temperature naik hingga 67 derajat celcius yang jauh melebihi ambang batas hidup bakteri pathogen.Dan tak perlu kuatir akan kotoran ayam yang menumpuk terlalu banyak , sebab hal ini tidak akan terjadi, karena kotoran lama yang keluar dengan proses khemis dan mikrobiologi akan di ubah menjadi senyawa lain vitamin mineral,maka tidak mengherankan kalau ayamsuka mengais ngais nya dalam mencari makan dan ayam tersebut tidak sakit malah produktivitasnya meningkat.

    3. Jenis jerami yang di gunakan. Jenis alas yang di gunakan adalah rumput kering, jerami padi, kulit kedelei, dedak kasar, gilingan janggel jagung, jangan di buat padat tapi agak renggang agar udara bisa masukkarena aerob system.

    Jika baru mencoba sedikit saja dulu kapasitas pemeliharaan, tujuan liter postal adalah membentuk kotoran ayammenjadi multi vitamin dan mineral.

    Grup facebook : ayam kresing super 2
    Twitter : @betha_sutrisno
    Grup : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id
    HP : 085229779252





    3 Responses to "ALAS LITTER SISTEM POSTAL"

    1. Mantap sekali mas ..... Pencerahan buat saya .... Ternak saya tetap sehat meski litter satu tahun tidak pernah di keruk .... Hanya ditimpa litter baru dr sekam

      ReplyDelete