PETERNAKAN BROILER DENGAN PROBIOTIK TOP



                           PETERNAKAN BROILER DENGAN PROBIOTIK TOP

    RIWAYAT AYAM BROILER
    Ayam pedaging atau ayam broiler,merupakan ayam rekayasa genetika, yang di lakukan terus menerus bertahun tahun lamanya, hingga sekarang dapat menunjukan keunggulannya , dalam waktu yang singkat sudah dapat memenuhi target yang di harapkan.

    Pada kisaran awal tahun 1980 saat ayam broiler mulai popular di masyarakat, tapi sebenarnya pada tahun 1960 , ayam ini sudah mulai di kenal baru pada kalangan terbatas.  Sebelum tahun 1960 ayam yang di potong sebagai ayam broiler adalah pejantan ayam petelur White Leghorn single comb. Dan  tahun 1990, perkembangan pemeliharaan ayam broiler sedang boming bomingnya

    Dan mulai awal tahun 1990, perkembangan pemeliharaan ayam broiler sedang pada masa boming  dengan pemeliharaan selama 8 minggu di capai bobot 1,3 – 1,6 kg/ ekor. Waktu itu sudah bikin orang terheran heran dengan membandingkan pertumbuhan ayam kampong dengan masa yang sama baru diperoleh bobot 0,2 – 0,3 kg/ekor.

    Dengan kemajuan ilmu genetika sekarang ini, keunggulan kemampuan genetika 30% dengan di tunjang kualitas pakan 70% yang semakin membaik maka bobot ayam broiler dapat mencapai 2 kg/ekor. Prediksi tahun per tahun 1957 pemeliharaan 101 hari baru di dapat bobot 1,8 kg/ekor. Kemampuan genetika saat ini sudah melesat kencang. Pada tahun 2005, dalam jangka waktu pemeliharaan 35 hari mampu mencapai berat badan 2 kg dengan FCR ( Feed Convertion Ratio ) kisaran 1,6.

    Tapi potensi genetic yang menakjubkan ini mensyaratkan pola manajemen yang bagus, tata laksana pemeliharaan yang mumpuni wajib hukumnya dan menuntut perhatian ekstra pemiliknya. Sebab ayam broiler kalau di lihat tubuhnya seakan akan seperti ayam dewasa, tapi sebenarnya masih anak anak.

    Prediksi para ahli sebelumnya mentargetkan tahun 2010 berat badan broiler akan mencapai 2,4 – 2,5 g dengan FCR 1,4 – 1,5 dan akan mendekati atau bahkan lebih pada tahun 2015 capaian bobot tubuh adalah 3 kg/ ekor dengan FCR 1,3 – 1,4

    EFFEK PERTUMBUHAN SUPER CEPAT
    Pertumbuhan yang cepat tersebut, mensyaratkan, pola manajemen yang bagus. Potensi genetic bagus,dapat muncul jika ayam merasa nyaman dalam kandang sehingga teknologi Close House dan Blower Ekhaus memasukkan udara segar dan mengeluarkan udara pengap dalam kandang tidak boleh di tinggalkan ,termasuk ketergantungan pada daya listrik, merupakan suatu keharusan.






    Ayam broiler itu, adalah anak ayam dengan tubuh seperti ayam dewasa, ini berakibat organ organ dalam tubuh masih ukuran anak ayam, tapi di paksa untuk mensuplai kebutuhan metabolism tubuh ayam ukuran dewasa. Resikonya, ayam jadi mudah sakit karena pertahanan diri internal tubuh belum terbentuk sempurna.

    Perbedaan tingkat pertumbuhan dan perkembangan organ dalam seperti jantung,paru paru, ginjal serta organ kekebalan dan pertahan belum terbentuk sempurna. Ketidak seimbangan  fungsi organ ini berakibat buruk bagi ayam broiler, mudah sakit dan mudah mati.

    Chick In
    Setelah istirahat kandang 14 hari dan sudah dilakukan fumigasi penyemprotan antiseptic semacam antisep atau Sporades atau alcohol 70% atau formalin, kandang termasuk peralatan kandang harus sudah di cuci hamakan.

    Tahap pra chick in, Chick guard sudah terpasang, alas Koran di tata sebagai alas lantai, IGM broder  siap atau pake broder serbuk kayu dan briket batubara, tempat pakan dan minum terisi secukupnya ,dan gallon air minum sudah terisi Probiotik Top murni tanpa campuran, selama 3 hari siang malam.

    Kurang sehari DOC datang , semua itu harus sudah siap, pemanas sudah di nyalakan agar suhu dalam ruangan stabil saat DOC masuk.

    Inilah awal masa Stater, selama 14 hari, ini masa krusial yang akan menentukan akan berhasil atau gagal usaha pembesaran ayam broiler anda. Inilah masanya pertubuhan dan perkembangan seluruh sel sel tubuh dan organ organ dalam. Organ pencernaan berkembang sampai hari ke 14, enzim dan hormone pencernaan berkembang hingga hari ke 21, organ pernapasan tumbuh mulai hari ke 4 hingga hari ke 14 dan system kekebalan tubuh antibody internal mulai hari ke 7.

    Ada 2 tipe pertumbuhan sel  yaitu Hyperplansia adalah perkembangan sel dengan pertambahan jumlah sel dalam tubuh, sedang Hypertrophia adalah pembesaran ukuran sel sel tubuh tanpa ada lagi penambahan sel sel baru.

    Fase Brooding di minggu minggu awal akan menentukan kualitas pertumbuhan ayam di hari hari selanjutnya. Brooder pemanas suhu ruangan harus mencapai 35 derajat celcius jangan sampai kurang, agar peristiwa Chiliing, ayam kedinginan hingga tubuhnya menggigil tidak terjadi. Sebab kalau sampai hal itu terjadi akan merugikan peternak, dengan berhentinya pertumbuhan karena nutrisi yang termakan hanya di pakai untuk menghangatkan badan bukan untuk pertumbuhan akibatnya FCR jebol dan masa pemeliharaan semakin panjang sehingga biaya yang di keluarkan semakin banyak.





    Tata letak ventilasi pergerakan udara harus lancer antara blower kipas penghisap udara luar masuk kandang dan blower penghisap udara pengap dalam kandang mengandung CO2 ,amoniak dan debu harus segera di hisap buang dari areal kandang ayam.

    AIR MINUM
    Kebutuhan air minum 1000 ekor DOC :
    Minggu 1 : 76 liter/1000 ekor
    Minggu 2 : 117 liter
    minggu 3 : 186 liter
    Minggu 4 : 246 liter

    Ini kebutuhan air minum 1000 ekordalam 1 minggu, kalau ingin tahu kebutuhan per harinya tinggal bagi 7 sudah ketemu air minum harian untuk 1000 ekor….

    Tapi ketentuaan di atas hanya sebagai patokan ancer ancer accuan saja, dalam praktek sehari hari kemungkinan bisa berbeda dengan ketentuan di atas.

    RANSUM PAKAN
    Kebutuhan pakan untuk 1000 ekor DOC :
    Minggu 1 = 140- 170 kg/1000 ekor
    Minggu 2 = 210 – 325 kg
    Minggu 3 = 340 – 520 kg
    Minggu 4 = 450 – 850 kg
    Minggu 5 = 530 – 950 kg

    Tapi rata rata 1000 ekor sampai panen habis pakan kisaran 3500 kg atau 70 sak karung pakan. Kebutuhan pakan di atas bukan ketentuan baku yang harus seperti itu, karena pemberian pakan bersipat Ad Libitum…artinya pakan habis langsung di isi lagi, begitu seterusnya…..

    Sebab punya teman DOC 7000 ekor menghabiskan pakan 489 sak karung pakan dengan FCR 1,63
    pertumbuhan pada hari ke 20 bobot 1 kg/ekor dan saat panen usia 35 hari bobot 2,2 – 2,5 kg/ekor

    DOSIS PEMBERIAN PROBIOTIK TOP
    Standar baku dosis pemberian probiotik top adalah 5-10 ml/liter air minum/per kg pakan
    jadi untuk 1000 ekor DOC sampai panen perlu probiotik top kisaran 15-20 liter
    Tambahan biaya 150 rb – 200 rb/1000 ekor/1 periode pemeliharaan tertutup dengan peningkatan bobot ayam saat panen ,juga FCR yang makin kecil





    FCR turun karena effek pemberian probiotik top, pakan biasa tidak pake probiotik top biasanya ada sekitar 30% nutrisi pakan yang terbuang bersama kotoran. Maka dengan probiotik top nutrisi pakan yang terbuang tinggal 5-10%. Selisih 20-25% pakan yang di maksimal tercerna sempurna ini yang membuat FCR turun meski nafsu makan ayam malah meningkat.

    Disamping bau kotoran dan lalat, yang biasa jadi penggangu dan membuat peternak was was dengan demo protes warga di sekitar kandang hilang. Kandang tidak bau kotoran sama sekali.

    Tentang vaksin, multivitamin dan obat antibiotika dapat di hilangkan ,tidak di pake sama sekali. Tapi jika anda ikutan kemitraan, biasanya obat obat sudah termasuk dalam satu paket dan harus di bayar di perhitungkan di masa panen…ya sebaikknya di pake saja…

    Penyakit berak darah dan cacing yang biasanya langanan menyerang setelah pake probiotik top tidak lagi menghampiri kandang ternak, seumpama masih jebol juga , penanganan proses penyembuhan lebih cepat tercapai

    Nanti jika ada info baru bisa di susulkan lagi

    Grup facebook : ayam kresing super 2
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id
    HP 085229779252