KELENJAR HYPOFISA



                                 KELENJAR HYPOFISA

    Kecuali kelenjar hypofisa ,tidak ada organ tubuh ikan yang bisa di simpan bertahun tahun. Kelenjar ini terletak dalam cekungan tempurung kepala ikan. Persis di bawah gumpalan otak, bentuknya mirip pasir kuarsa, warna putih dan hanya di miliki ikan dewasa.

    Fungsi kelenjar ini untuk memproduksi dan mengeksekresikan hormone Gonadetropin yang di kenal sebagai hormone perangsang nafsu birahi. Sistem kerja hormone seks ini adalah merangsang perkembangan telur dalam Ovary agar segera bisa dibuahi atau di kawinkan.

    Dalam pemijahan ikan secara modern ,induk induk ikan yang susah berpijah diberi rangsangan hormone alami ataupun buatan semacam Ovaprim, yang di suntikan dari luar tubuh. Gonadotropin alami di peroleh dari ekstrak kelenjar hypofisa yang di ambil secara paksa. Sedang Gonadotropin buatan di hasilkan dari proses kimiawi dalam laboratorium.

    Selain awet, kelenjar hypofisa juga tahan terhadap panas. Kelenjar ini tidak rusak meski digoreng dalam minyak mendidih. Dapat di peroleh dari ikan hidup maupun sudah mati dan kering karena di masak atau di panggang, masih bisa di manfaatkan.

    Cara memperoleh kelenjar ajaib ini cukup mudah, tempurung kepala bagian atas di sayat ke belakang sampai batas permukaan otak. Pelan pelan otak yang kental seperti gel di angkat dengan pinset. Sementara kelenjar hypofisa yang terletak di bawahnya di ambil dengan sendok tipis pipih di bantu dengan pisau, semua alat harus hygienis.

    Kelenjar hypofisa yang terambil taruh di atas kapas putih halus dan bersih, agar darah dan cairan pengaman otak meresap dalam kapas, sehingga butiran kelenjar lebih bersih dan tampak putih sesuai warna aslinya. Selanjutnya kelenjar di masukan dalam dalam tabung atau gelas berisi larutan Aceton atau Alkohol 70%.

    Koleksi kelenjar hypofisa dapat dilakukan untuk tujuan bisnis. Ikan ikan dewasa yang di jual dan di pasarkan pada konsumen , biasanya di buang isi perut, insang dan kotoran lainnya. Banyak konsumen yang suka membeli ikan tanpa kepala, ini semua dapat di manfaatkan kelenjar hypofisanya.

    Pengambilan kelenjar hypofisa dari limbah kepala ikan, sama dengan cara untuk ikan ikan yang masih hidup. Tapi biasanya hypofisa dari ikan yang telah di olah biasanya telah berubah bentuk dan warnanya, sehingga perlu keahlihan khusus. Sebab dengan perlakuan panas tinggi, hypofisa sedikit mengkerut dan posisinya sedikit bergeser dari letak semula.





    Efektivitas atau daya rangsang hormone Gonadotropin  dari ekstrak kelenjar hypofisa tidak berubah walau disimpan dalam jangka panjang. Yang penting penyimpanannya yang benar. Yaitu di tamping dalam tabung reaksi yang di sumbat gabus dan di bungkus kantong plastic tertutup rapat rangkap 3-5.

    Untuk mengurangi kelembaban isi kantong, dapat di masukan butiran silica dalam bungkus terpisah. Kalau tidak ditampung dalam tabung tertutup yang di susun berjajar atau bertumpuk dalam Desiccator yang alasnya di beri butiran silica.

    Bila ditekuni, usaha koleksi kelenjar hypofisa , lumayan juga hasilnya. Sebab petani ikan modern biasanya menerapkan teknik kawin suntik untuk memacu prduktivitas induk ikannya, selama musim pancaroba atau saat kemarau panjang.

    Grup facebook : ayam kresing super 2
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email: betha_sutrisno@yahoo.co.id
    HP 085229779252

    4 Responses to " KELENJAR HYPOFISA"

    1. slam knal bumi trnak ,, saya galih . •••• denger2 hyphofisa ayam jg bisa sbg hrmon gonadotropin ikan lele , urin wanita hamil 2-3 bulan jg mngandung hormon chorulon yg jg sbg gonadotropin ikan dgn efektifitasnya 2x ovaprim !!

      ReplyDelete
    2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

      menyediakan OVAPRIM 10ml untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

      ReplyDelete