PAKAN TUNGGAL



                                                                   PAKAN TUNGGAL

    Di dunia ini tidak ada yang namanya makanan atau pakan untuk ternak maupun untuk manusia yang bersifat Tunggal, hanya satu jenis saja. Tidak ada makanan yang mengandung protein hewani sekaligus protein nabati dan tidak ada bahan pakan yang komplit,  memuat semua parameter makanan bermutu dalam satu jenis saja.

    Bhan pakan itu sling melengkapi antara protein ,EM, fat SK, Ca dan P, dalam formula tertentu untuk target tujuan tertentu pula menurut standart baku yang sdh di akuhi oleh khalayak umum. Makanya ada criteria bahan pakan sumber protein, sumber karbohidrat, sumber mineral vitamin. Semua itu terpisahkan pada bahan pakan yang berlainan jenisnya.

    Yang berbeda pemahaman adalah pada prosentase kegunaan, yang terkedang menyalahi rumusan teori ilmiah. Dan ini boleh saja , yang menentukan baik dan buruknya adalah hasil akhir yang di capai, produktivitas telur atau daging, tinggal di perbandingkan,bagusan mana….

    Inilah hakekat ilmu praktek, ilmu terapan, ilmu tepat guna….teori  tetap sebagai landasan berpijak dalam mengambil suatu tindakan ,tapi keilmuan teori ini dia, sifatnya tidak mengikat, harus seperti itu atau kudu sama persis dengan teori….

    Pelaku pelaku keilmuan praktek inilah yang terkadang , mencetuskan keilmuan baru,sebagai pioneer lahirnya perubahan teori keilmuan baru. Ndak usah di perdebatkan, lihat dan perhatikan saja dengan hasil akhir pada produktivitas…makin turun atau makin naik…..

    Kembali ke pakan tunggal,missal gini, tepung ikan itu adalah sumber bahan pakan yang bagus dan bermutu, lengkap parameter makanan bermutu ada padanya. Tapia pa mungkin dia di jadikan pakan tunggal ?

    Saya rasa ndakmungkin, memang ternak tetap hidup dan bertumbuh, tapi kan eman eman, karena t ikan sebagai sumber protein, maka jika di berikan sebagai pakan tunggal,maka kekurangan karbohidrat,meski dalam t ikan sudah ada, akan di peroleh dengan mengubah protein yang berharga mahalmenjadi karbohidrat yang berharga murah…ini pemborosan dalam peternakan.

    Begitu pun daun turi, alfalfa, azolla, enceng gondok, tidak bisa difungsikan sebagai pakan tunggal, meski betapa bagusnya makanan tersebut.

    bumiternak-betha.blogspot.com
    HP 085229779252

    0 Response to "PAKAN TUNGGAL"

    Post a Comment