ePMp BEBEK BARU DARI BALITNAK



                                      ePMp BEBEK BARU DARI BALITNAK

    Setelah mengeluarkan jenis bebek PMp yang bagus di pertumbuhan, Balitnak mengeluarkan jenis bebek baru bernama ePMp. Pertumbuhan makin cepat dan fcr makin kecil.

    Kilas balik tentang bebek PMp keluaran balitnak tahun 2010 adalah merupakan persilangan jantan bebek peking dengan betina mojosari. Ini berbeda dengan bebek Raja dan Ratu yang merupakan perkawinan jantan Mojosari kawin dengan betina Alabio. Sedang bebek ePMp merupakan hasil perkawinan entog/mentog jantan kawin dengan betina PMp.

    Kenapa bebek peking yang sudah merupakan genetic bagus masih perlu di silangkan lagi ? dengan pertumbuhan bongsor pada minggu ke 8 bobot 3 – 3,5 kg/ekor. Kenapa ?

    Karena produktivitas bebek peking telur hanya 130-160 butir /tahun, kelemahan itulah yang coba di perbaiki dengan mengawinkan bebek mojosari putih, hasilnya PMp dengan produktivitas betina  menjadi 230-240 butir/tahun. Sedang jantan PMp pada minggu ke 10 bobot mencapai 2 kg, di samping kualitas karkas yang bersih dan segar cerah, hingga di sukai konsumen.

    Entog/Mentog jantan dapat mencapai bobot 6 kg dalam usia 1 tahun. Keunggulan ini yang akan di wariskan pada keturunan ePMp. Disamping ketebalan daging dan warna merah segar daging lebih mencolok dan bentuk paha yang lebih gemuk berisi daging.

    Perkawinan bisa di lakukan dengan perkawinan alami, tapi terbagus dengan kawin suntik. Usia minimal pejantan seperti pada ayam kresing super usahakan di atas 8 bulan, yang mana pada kawin suntik 1 jantan bisa untuk 10 betina ePMp.

    Sosok performans ePMp seperti sosok Brati/Tagri = bebek hasil perkawinan jantan entog dengan bebek betina local. Kepala leher seperti bebek tapi tubuh seperti entog dan biasanya bebek hasil perkawinan ini majer ,tidak bisa di kawinkan lagi. Pada ePMp warna bulu dominan putih dengan bercak bulu warna hitam, ada yang putih polos tapi kemungkinan kecil.

    Tentu pertumbuhan yang bongsor ini mensaratkan pemberian ransum yang berkualitas bagus juga. Standart nutrisi Stater hingga minggu 3-4 adalah CP 19 % dan EM 2900 kcal/kg/ dan minggu selanjutnya hingga minggu ke 8 -10 standart nilai nutrisi CP 16 % EM 2900 kcal/kg.








    Pada awalnya fcr ePMp seperti pada pertumbuhan bebek jantan local 4. Ini artinya untuk menghasilkan 1 kg daging perlu pakan sebanyak 4 kg. Tapi sekarang sudah di perbaiki hingga fcr menjadi 3,25.

    Percepatan pertumbuhan ePMp pada minggu ke 8 2,3 – 2,5 kg dan pada minggu ke 10 pertumbuhan menjadi 2,7 kg/ekor. Nilai karkas pada minggu ke 8 sebanyak 1,6 kg dan pada minggu ke 10 menjadi 1,8kg. Nah tinggal di coba…….

    grup facebook : ayam kresing super 2
    twitter ; @betha_sutrisno
    blog ; bumiternak-betha.blogspot.com
    email : betha_sutrisno@yahoo.co.id
    hp : 085229779252