BUAT OKSILAT MIKROBA DARI RUMEN KOTORAN SAPI



                                       BUAT OKSILAT MIKROBA DARI RUMEN/ KOTORAN SAPI

    Mupung besok ngepasi hari qurban, kesempatan buat kita untuk mencoba praktek membuat oksilat rumen, dan buat tepung darah.

    Oksilat mikroba rumen di sini bisa di fungsikan sebagai stater mikrobia seperti pada stater Starbio atau stardex. Nanti kita bisa buat system kering maupun cair. Soal kandungan mikroba apa saja sudah pernah tak bahas , cari sendiri artikelnya ya.

    OKSILAT MIKROBA RUMEN SISTEM KERING

    Rumen adalah bahan pakan yang telah di konsumsi sapi atau kambing, saat di sembelih masih berada dalam saluran pencernakan.

    langsung saja……
    1. Rumen di kumpulkan, lalu di keringkan pada tempat yang bersih beralas terpal atau yang lain, jemur terus hingga kering kadar air 8-10%.
    2. Lalu giling dismill hingga menjadi tepung lalu kemas, ini sudah seperti starbio dan stardex

    OKSILAT MIKROBA RUMEN SISTEM BASAH

    1. Rumen basah, taruh pada ember lalu tambahi air, perbandingan rumen 1 bagian air segar 1 bagian
    2. Penambahan gula atau molasses tiap 10 kg rumen perlu gula 100 gram – 200 gram/1-2 ons
    3. Setelah rumen di beri air segar, ampas pada rumen disaring di buang, tinggal cairan rumen saja, baru di tambahkan gula.
    4. Peram 14 hari hingga 21 hari, ini sudah di fungsikan sebagai stater mikrobia.

    PEMBUATAN TEPUNG DARAH

    Darah kambing dan sapi sesaat setelah di sembelih tamping pada wadah tertentu, setelah terkumpul, setiap 10 liter darah beri garam 2 sendok makan , agar darah cepat menggumpal.

    Setelah terbentuk gumpalan atau cetakan dalam ember, lalu iris tipis tipis jemur hingga kering lalu baru di giling hingga menjadi tepung ,kalau mau di simpan bisa di beri bahan pengawet roti dosis 0,01% tidak pakai juga ndak papa.

    BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM