PENGEMPUK DAGING KAMBING DAN SAPI



                        PENGEMPUK DAGING KAMBING DAN SAPI

    Pepaya mengandung enzim Papain sedang nanas mengandung enzim Bromelin. Kedua enzim ini bisa di gunakan untuk mengempukan daging.  Papai n dan Bromelin merupakan enzim pemecah protein protease, yang terdapat pada daun batang dan buah. Kandungan terbanyak pada buahnya, dengan kemampuan memecah molekul protein jika di tingkatkan prosenya akan menjadi Hidrolisis protein hingga bisa terbentuk inti protein yaitu asam amino, di bahas lain kali saja ya soal ini.

    Gimana cara ekstraknya ? Buah papaya muda usia 2 bulan di kerat pakai pisau dari pangkal hingga ke ujung. Buat 5 keratan selang 4 hari kemudian buat keratin lagi hingga berulang 7 X. Tempat penampung getah/enzim  papaya pakai plastic atau nanpan lalu keringkan..

    Inilah ekstrak kasar papain, ini saja sudah bisa di buat untuk mengempukan daging, kalau untuk industry enzim kasar ini di olah lagi dengan sulfit hingga di dapatkan enzim papain 80-90% ini masih bisa di murnikan lagi, tapi ndak usah di bahas saja ya ribet…..

    Metode Pengempukan daging

    1. Metode ekstrak tadi, papain kering 2,5% di campurkan pada daging yang sedang di masak, sambil di tusuk tusuk untuk ngecek keempukan daging. Rebus 2-3 jam. Tiriskan baru di bumbui lalu di masak.
    2. Metode rebus langsung, papaya atau nanas di potong kecil atau di lembutkan . Tiap 5 kg daging beri papaya atau nanas ½ buah seberat 1 kg, masak 2-3 jam, ankat tiriskan beri bumbu masak.
    3. Pepaya dan nanas masing masing ½ di lembutkan lalu beri 6 liter lalu masak hingga tersisa 5 liter air lalu saring ampas, air saringan ini yang buat merebus daging.

    Hanya seperti itu infonya ..semoga bermanfaat…

    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252