PENCELA PENGHINA PROBIOTIK, JILAT PANTATMU



                              PENCELA PENGHINA PROBIOTIK,  JILAT PANTATMU

    Penggunaan antibiotika untuk mengontrol agen penyakit, telah memicu masalah resistensi obat dan pembatasan perdagangan pada pasar ekspor. Berbagai  strategi alternative yang bertindak sebagai komponen anti mikrobia, yaitu penggunaan bakteri pencegah / probiotik, telah di munculkan untuk meningkatkan  kesehatan zooteknik seperti daya tahan hidup, produktivitas, FCR konversi pakan, dan pertumbuhan dari kultur spesies perikanan dan peternakan maupun pertanian.

    Bakteri probiotik merupakan pendekatan yang sesuai untuk memodulasi mikroflora usus / pencernakan melalui komposisi yang menguntungkan, hal ini menjadi sangat penting karena system pencernakan merupakan pintu masuk utama dari infeksi internal. Oleh sebab itu  criteria seleksi dari probiotik untuk aquaculture dan livestock harus di dasarkan pada antagonismenya terhadap pathogen , melalui mekanisme kompetitif, perlekatannya pada usus dan produksi komponen komponen yang bermanfaat untuk tumbuh kembang ( Vine et al, 2004 )

    Oleh karenanya kondisi kultur lingkungan berbeda, suhu optimum juga harus di pertimbangkan pada seleksi probiotik yang tepat. Faktor penting lainnya adalah bahwa probiotik tersebut tidak berbahaya. Selanjutnya adalah probiotik harus dapat menambah efisiensi produksi , meningkatkan kesehatan dan menguatkan daya tahan tubuh ( Brittain et al, 2002 )

    Nutrisi dan stimulant yang di dapatkan mempengaruhi tumbuh kembang organ metabolism hewan maupun manusia. Dalam organ pencernakan terdapat lebih dari 100 trilliun mikroba, dimana jumlah tersebut setara dengan 10 kali jumlah sel manusia. Lebih dari 1000 spesies mikroba dan 7000 ribu strain mikroba memulai kehidupan  dalam tubuh. Keberadaan mikroba sangat di perlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan , hubungan antara organ pencernakan yang mengandung mikroba dengan otak di dasarkan pada konsep Brain-Gut-Microbiome axis, dimana berlangsung timbale balik dan konstan. Organ pencernakan juga dapat melakukan keputusan yang tak terggantung dengan organ lain, dapat mengirim signal endokrin ke seluruh organ lain, sehingga organ pencernakan di sebut otak kedua  second brain yang selalu berhubungan dengan otak pusat, Prof Subijanto MS SpAK.

    DR dr Reza G Runuh, menyatakan, dalam organ pencernakan terdapat dua kelompok bakteri berguna useful dan berbahaya harmful, di mana arti probiotik dalam perkembangannya di perluas menjadi bakteri  hidup. Definisi probiotik yang lebih luas yaitu bakteri yang mempertahankan kesehatan inangnya. Syarat flora normal yang di gunakan  sebagai probiotik adalah harus dapat mengekpresikan aktivitas bakteri pada tubuh inang, tinggal secara normal di organ pencernakan dan bila di makan dapat mempengaruhi keseimbangan flora dalam organ.


    Probiotik dapat membantu mengatasi masalah di organ pencernakan yang di sebabkan pemakaian antibiotika. Beberapa strain probiotik seperti   Enterococcus, Lactobacillus, Saccharomyces boulandi, streptococcus, species Bifidobacteria longum, Bifidobacteria breve dan Lactobacillus casei dan sebagainya. Yang penting anda harus tahu dari bahan apa di buat isolatnya.

    Keadaan itu memungkinkan kemampuan probiotik meningkatkan sekresi IgA , sehingga dapat mencegah penyebaran virus dalam intestinal, selain fungsi imunitas, probiotik juga dapat mengatasi gangguan organ cerna, adanya peningkatan produksi musin itu akan menghambat perlekatan kuman pathogen pada mucosa saluran cerna. Fungsi lebih lanjutnya mempermudah proses absorsi  penyerapan komponen penting nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, juga mempercepat pertumbuhan villi usus yang mengalami kerusakan akibat infeksi virus atau bakteri.

    Beberapa mekanisme penting probiotik dalam memproduksi asam laktat dapat menunjukan manfaat bagi bagi performan dalam meningkatkan keseimbangan mikroba usus (Fuller,1989) menstimulasi system imun, serta mengurangi pH dengan cara pelepasan Bateriosin (Rolfe,2000)

    Bakteriosin adalah peptide kecil yang di kenali dari kemampuan untuk menghambat bakteri pathogen, beberapa jenis di antaranya memiliki spectrum aktivitasyang sempit dan lainnya mampu menghambat spectrum bakteri yang lebih luas.

    Penelitian tentang kemampuan probiotik dan herbal asli Indonesia dalam melakukan pencegahan, pengobatan, peningkatan produktivitas sudah banyak di lakukan oleh teman teman dari Unibra, UGM, Unpad, IPB, UMM dan universitas lainnya . Tapi tidak saya paparkan segmen bidang mana yang mereka fokuskan. Dan pabrikan swasta sudah berlomba dengan berbagai merk branding yang mereka pasarkan ke konsumen dengan harga mahal.

    Nanti anda ndak jadi pemalas, malas cari referensi ke perpustakaan kampus kampus di kota anda, jangan di hargai murah otak juoss pemberian Gusti dengan jalan anda biarkan membeku. Apalagi bersikap sinis, merendahkan, dengan ketidaktahuan anda akan keilmuaannya yang belum anda kuasai. Memfonis salah lalu memperhinakan padahal anda belum paham akan keilmuaan tersebut hanya merupakan tindakan sombong yang di lakukan oleh orang bodoh.