MANFAAT EKSTRAK MENGKUDU BAGI UNGGAS PETELUR DAN PEDAGING

    MANFAAT EKSTRAK MENGKUDU BAGI UNGGAS PETELUR DAN PEDAGING
    Ada apa dengan buah dan daun mengkudu/pace ? Apa senyawa yang terkandung di dalamnya sehingga memberikan manfaat sing super ngedap ngedapi ? Padahal barangnya mudah di dapatkan di sembarang tempat di pedesaan, bahkan di setiap pekarangan kebun rumah atau tegalan sawah atau di tanah pekuburan banyak di dapatkan, asal jangan ambil tanaman mengkudu yang berada di tepian jalan raya saja, dengan sifatnya yang menyerap polutan akhirnya daun dan buah mengkudu tepi jalan banyak mengandung senyawa Timbal...jadi bukan hanya cinta saja yang di tepi jalan......Hiyo ora Arjuno Yuhdi Pati...? rasah mutungan soal cewek...santai wae.......stock masih banyak....

    Nanti sedikit kita bahas kandungan senyawa di dalamnya, tapi tidak semua, hanya di sesuaikan sing korelasinya dengan dunia peternakan, soal manfaat lain biar di bahas sama orang lain saja, kita ambil sing simple simple wae.

    Secara umum senyawa dalam daun dan buah mengkudu adalah :
    1. Damnacanthal mempunyai sifat menghambat pertumbuhan sel tumor kanker yang sering di jumpai dalam organ ayam yang terserang penyakit, juga menghambat pasokan nutrisi dalam aliran darah hingga terjadi proses apoptosis.

    2. Terpenoid jenis limonen terbukti mampu mengatasi perkembangan pertumbuhan sel abnormal, pada jenis betakaroten merangsang terbentuknya kelenjar yang berfungsi menghambat masuknya organisme negatif yang merugikan internal metabolisme.

    3. Proxeronine banyak berfungsi dalam organ pencernakan setelah terlebih dahulu di ubah menjadi xeronine mengaktivkan sel protein( seluruh sel pada dasarnya adalah protein ) dalam proses metabolisme tubuh sehingga lebih banyak nutrisi yang dapat di absorsi, di samping fungsi untuk meregenerasi sel sel tubuh yang mengalami kerusakan

    4. Catechin senyawa yang terdapat dalam daun mengkudu, bermanfaat untuk pengoksidasian  dalam kerja metabolisme tubuh.

    Pada umumnya daun dan buah mengkudu memberikan effek positif berupa, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan kerja organ pencernakan, menghindarkan dari gejala alergi akibat pergantiaan pakan, polusi udara dari asap dan amoniak di samping menjaga tubuh agar tidak kegemukan ini hubungannya dengan produktivitas telur, ternak gemuk produksi telur lebih sedikit.

    Senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya mempunyai sifat antiresisten terhadap bakteri salmonella penyebab pemicu timbulnya penyakit coli, penyebab banyak kematian pada DOC dan DOD, sing mumet soal penyakit coli iki salah satu solusi yang bisa di terapkan.

    Menurut penelitian Guru Besar IPB Prof Dr Ir Yuni Retnani MSc ekstrasi daun mengkudu  dengan sistem perebusan pada 15 % tambahan ekstrasi pada air minum, ini misalnya air minum 1 liter penambahan air rebusan mengkudu sebanyak 150ml / 2 botol yakult, memberikan tingkat mortalitas hanya 1 % saja dengan rerataan 0,67 % di samping mengurangi populasi bakteri negatif dan menghambat kinerja bakteri negatif imbasnya antibodi ternak meningkat dan mempercepat pertumbuhan ternak.

    Pada unggas petelur, dengan ekstrasi sistem kering daun mengkudu dengan prosentase 6% dan 9% pada campuran bahan pakan memberikan effek positif :
    1. Mempercepat masa bertelur
    2. Memperbesar ukuran telur dan memperberat volume telur
    3. Meningkatkan daya tetas telur dari 70% bisa mencapai 90% - 100%

    Piye kurang apalagi ?

    Membuat rebusan daun dan buah mengkudu :
    1. Ambil 5 lembar daun utuh dan 1 buah matang mengkal, cuci bersih
    2. Rebus dengan air 2 liter atau 5 liter juga boleh tinggal sesuaikan dengan kadar kepekatan yang di inginkan, masukan daun dan buah yang sudah di iris iris tipis
    3. Rebus hingga mendidih lalu biarkan 15 menit setelah mendidih baru di angkat
    4. Setelah dingin air rebusan masukan botol simpan dalam kulkas bisa bertahan minimal 7 hari, biasanya lebih dari itu

    Membuat ekstrasi kering :
    Daun dan buah cuci bersih lalu jemur , tidak terkena sinar matahari secara langsung atau oven dalam suhu 40C hingga tingkat kekeringan memudahkan dalam proses penepungan
    wes dadi mung ngono kui thok.....

    Membuat probiotik daun dan buah mengkudu :
    1. Daun 1 kg dan buah 1 kg
    2. Gula pasir atau jawa 0,25 kg
    3. Stater bisa NPS( New Probiotik Stater, ini produk bumiternak klaten ), em4, yakult dll 50 ml.
    4. Air 3-5 liter

    Langkah kerja :
    1. Daun dan buah rebus dengan 2,5 liter air, setelah mendidih, tuang wadah lain, lalu ampas rebusan beri air 2,5 lagi lalu rebus kembali, mendidih angkat tuang dan dinginkan lalu masukan pada digester semua bahan peram 21 hari....atau sistem



    2. Daun dan buah hancurkan kecil kecil atau lembutkan, masukan digester begitu juga gula, stater dan air, tutup rapat fermentasi 21 hari jika sudah jadi ambil air probiotik dengan saringan dan ampasnya kembalikan ke digester sanpai probiotik habis.

    Sudah...Cuma seperti itu......... #bumiternak
    ndonyo wes ringkih tuo bakale sok njeblug...
    digulung bumine........
    jangan menyakiti hati orang.
    \M/
    bumiternak-betha.blogspot.com