LOGIKA JOPER PEMULIABIAKAN GENETIKA WHAT......?

     LOGIKA JOPER PEMULIABIAKAN GENETIKA WHAT....?
    Kata kata akan menuntut breeder atau peternak Joper atau Kampung Super,di ranah hukum pidana  merupakan kalimat provokatif, kalimat pemecah belah, kalimat yang ensensinya bertujuaan akan membuat individu atau kelompok peternak  sengsara hidupnya, jika tujuaan terselubung agar tidak ada pesaing bisnis lagi, itu namanya bermain kotor dalam bisnis.

    Jika tuduhan penipuan, pemalsuaan ayam kampung ,tujuaan terselubungnya dengan kedok menyelamatkan plasma nutfah genetika ayam kampung Indonesia, maka yang berkoar koar seperti itu harusnya bukan individu atau lembaga yang terjun juga di bisnis ayam kampung, masa menjadi wasit sekaligus pemain, nanti anjing anjing pada tertawa riang melihat tiada etika dalam bisnis.

    Kalau murni untuk menyelamatkan plasma nutfah ayam kampung, yang berkepentingan untuk ini adalah lembaga nir laba ,lembaga nir profit , bukan lembaga yang mencari rejeki dari ayam kampung juga. Jika lembaga profit , lembaga yang mencari laba, yang teriak teriak maka akan terlihat tidak elok etika bisnisnya,  nanti ndak malah di vonis banyak orang sebagai orang yang tidak punya malu, orang yang tidak bermoral, bermain di dua kaki. Berbisnis dengan tujuaan mematikan pesaing di pasar, ini tidakan orang yang serakah.

    Pelaksana undang undang hukum negara yang berwenang adalah lembaga resmi dalam struktur pemerintahan , bukan lembaga swasta, apalagi lembaga yang mencari laba dari bisnis ayam kampung. Lembaga swasta tidak berhak , tidak memiliki wewenang menuduh menentukan keasliaan suatu produk, hanya lembaga resmi pemerintah saja .

    Sampai kapanpun strain jenis ayam kampung di Indonesia akan selalu ada, sebab sejak tahun ’70 mulai datangnya ayam hybreed luar negeri ( lehorn dan broiler ) keasliaan ayam kampung di seluruh Indonesia masih terjaga hingga sekarang, tidak terggangu sama sekali, kita masih mudah mendapati ayam kampung di setiap daerah dan ayam kedu, pelung, sentul, balengek, mrawang dll tetap ada hingga sekarang.

    Kenapa penciptaan ayam KUB memerlukan waktu lama hingga 10 tahun ? karena parameter untuk proses seleksi fenotif dan genotif amat sangat banyak kriteriaanya, bukan karena bahan indukan KUB yang sudah tercemar, pahami ini biar orang yang tidak paham ilmu pemuliaakan tidak gampang membuat statemen ngawur.

    Kalimat yg mengatakan KUB di bikin lama karena genetik sudah tercemar ,rusak adalah omongan ngamur semata, kriteria seleksi itu sangat banyak sekali parameternya misal daya tahan tubuh, produksi telur, besar kecil telur, moulting, sifat mengeram, daya tahan hidup, dan lain lain. Setiap parameter di atas di uji satu per satu bukan sekaligus makanya memakan banyak waktu.

    Indukan yang di pakai ayam KUB adalah dari asal 4 ayam dari daerah jatim, jateng, sumatra dan jabar, jadi bukan hanya ayam sentul saja, pemasangan perkawinan 4 individu bagi yang paham ilmu gentika sudah terbayang lamanya waktu yang di butuhkan, jadi bukan karena genetika yang sudah rusak, pahami itu agar tidak keluar statemen ngawur lagi.

    Apalagi jika tidak memiliki ayam gallur murni ( makanya KUB di cari 4 ayam dari daerah yang berbeda ) harus di ciptakan terlebih dahulu gallur, ini makin lama lagi. Yang bikin penasaran, ayam Sentul yang di banga bangakan oleh lembaga sok berkuasa itu apakah sudah melalui tahapan Standart Stock, Grand Parent Stock, Parent Stock hingga ketahapan Finaly Stock ?

    Jangan jangan tidak paham istilah standart ilmu pemuliaankan, breeder yang benar harus memiliki generasi ayam dalam 4 tahapan di atas, apa benar sudah memilikinya ? Seandainya sudah memilikinya dengan berjalannya waktu penelitiaan hingga sekarang seharusnya sudah bisa menciptakan Sentul generasi baru yang unggul dalam percepatan pertumbuhan dan produktivitas telur yang tinggi.

    Jika belum memiliki maka ada indikasi yang dilakukan hanya perbanyakan kuantitas anakan ayam saja, kalau hanya seperti itu, teman teman di desa desa itu sudah melakukannya turun temurun sejak dulu  hingga sekarang , makanya ayam lokal daerah tidak ada yang punah hingga sekarang.Bukan karena jasa lembaga yang sok berkuasa, proses itu berjalan secara alami. Dan mereka menjual harga DOC kampung dengan harga murah Rp4000-5000/ ekor bukan menjual mahal Rp 6000-7000/ekor, ini mau menyelamatkan plasma atau mau berbisnis jika tujuaan untuk melestarikan ayam kampung ?

    Kalimat : yang saya ketahui sistem inseminasi hewan itu :
    1) Line breeding
    2) In line breeding
    3) Cross breeding
    4) Out cross breeding

    Itu kalimat ngawur , Inseminasi adalah metode memasukan sperma dalam saluran reproduksi istilahnya kawin suntik unggas artifisial insemination ada dua metode :

    1. Metode Intra vaginal, sperma di masukan sedalam 3cm
    2. Metode Intra uterin, larutan sperma di masukan dalam uterus sedalam 7-8cm

    Jika istilah istilah dalam pemuliaabiakan masih salah salah, yang jadi pertanyaan , gimana bisa membuat ayam standart kualitas bagus ?

    1) Line breeding
    2) In line breeding
    3) Cross breeding
    4) Out cross breeding , itu istilah pada metode pemuliabikan pemasangan perkawinan antar ayam......

    Kalimat : 1# yang kamu ambil ras broiler X kampung asli
    itu inseminasi dengan cara out cross breeding, sampai kebawah pun sudah tidak mendapatkan pemurniaan karena awalnya sudah berbeda gallur....ini juga kalimat ngawur..............

    Dengan metode perkawinan Inbreeding dengan proteksi seleksi fenotif dan genotif yang ketat maka genetika resesif pada leluhur ke dua ayam di atas akan bisa di murnikan kembali. Genetik tetua leluhur ke dua ayam di atas meski terpendam jauh tapi karena sifatnya resesif dengan perkawinan pembalik maka genetika leluhur akan muncul kembali, maka kalimat sudah tidak bisa di murnikan lagi adalah kalimat ngawur dari orang yang tidak paham akan ilmu pemuliaan genetika unggas.

    2# kecuali dari awal kamu ambil pelung X pelung beda keturunan
    namanya line breeding menghasilkan keturunan tanpa cacat....ini kalimat abu abu, kalimat yang bisa mensesatkan jika kurang di pahami, sebab pada tingkat perkawinan di atasnya perkawinan inbreeding pelungX pelung akan menimbulkan genetika lettal, harus di jelaskan hal tersebut dan harus di jelaskan hasil seleksi terbagus saja yang di gunakan

    3# jika kamu ambil pelung X pelung satu keturunan
    ini namanya In line breeding akan menghasilkan keturunan buruk/cacat, ini kalimat abu abu juga, istilah In line breedng tidak terkenal yang terkenal perkawinan Inbreeding perkawinan dalam satu jalur keluarga dan untuk mendapatkan gaalur murni atau memunculkan genetika terpendam harus pake metode ini, salah jika di vonis pasti jelek, tinggal tujuaanya .

    4# jika kamu ambil pelung X kedu
    ini di nakan inseminasi cross breeding satu jenis beda gallur hasilnya tidak akan murni....

    dalam perkawinan memang tidak di tujukan hanya untuk pemurniaan tapi untuk mengumpulkan gentika unggul pada satu jalur hingga mudah untuk pondasi terbentuknya ayam yang genotifnya sudah terseleksi sempurna, ini baru tahapan awal dalm ilmu pemuliaan genetika.

    Kalimat paling ngawur adalah :
    perkawinan 1# + 3# + 4# akan menghasilkan ayam jenis baru dan seharusnya memakai nama baru...ini kalimat paling tidak bisa di pertanggungjawabkan...ini kalimat yang benar benar menyesatkan.........

    pada perkawinan 3# pelung dengan pelung satu keturunan tidak menciptakan ayam jenis baru, keturunan ke bawah merupakan keturunan ayam pelung murni, inilah yang namanya metode memurnika genetika ayam leluhur, gimana ...anda belum paham metodologi pemuliaan tapi berani mengklaim ayam kampung hanya miliknya sendiri ?

    Perkawinan #4 antara pelung X kedu, yang di kawinkan sama sama jenis ayam kampung lokal kenapa tidak boleh memakai nama ayam kampung ?

    Ayam pelung adalah ayam kampung lokal jabar sedang ayam kedu adalah ayam kampung lokal karisidenan kedu, antar ayam kampung di kawinkan tetap menghasilkan ayam kampung.

    Metode terciptanya ayam KUB dengan metode #4...apakah ayam KUB juga tidak boleh menyematkan kata kampung juga karena terbentuk ayam jenis baru...? ini anda secara tidak langsung menyerang keberadaan ayam KUB juga....padahal saya tahu rekam jejak pimpinan anda sebelum di warso farm dulunya ikut rombongan di ayam KUB juga...ada apa.? Soal profit.......?

    Pemakaiaan foto dokumentasi saat masih di AKI/ayam KUB dan  setelah keluar ,masuk ke kelompok lain tapi tetap memakai foto dokumentasi dari kelompok lama adalah tindakan tidak beretika.......


    Ayam pelung di jabar tetap eksis hingga sekarang dan ayam kedu di karisidenan kedu tetap banyak hingga sekarang dan genetik ke dua ayam ini di daerah masing masing tetap murni dan terjaga kelestariaanya...kenapa keturunanya tidak boleh memakai nama ayam kampung ?


    Kalau alasan anda undang undang maka undang undangnya yang perlu di revisi, itu undang undang tidak mengakomudasi dengan perkembangan kemajuaan iptek genetika. Terbentuknya ayam Indo gigantte juga memakai metode seperti 4#, negara Brasil memproteksi ayam Indo gigantte begitu ketat, lha kok kita masih berkutat dengan perkawinan cross breeding satu jenis ayam yang bakalan tidak akan menghasilkan ayam generasi emas dan malah menuduh pemalsuan, penipuaan dan mengancam dengan hukum pidana pada insan insan penuh imajinasi kreatif..dalam pemuliaakan ayam.........ngawur total.........

    Kalimat : ngawur berikutnya adalah :
    Candra Goh...gen itu setahu saya adalah darah om, jadi tetep saja inseminasi di pakai,...kan itu juga metode inseminasi, coba tanya pada para breeder sistem mana yang di pakai untuk menghasilkan doc murni ? bukan yang di silang silang bos...pemerintah aja kebingungan melakukan pemurniaan karena sudah banyak pencampuran inseminasi nggak jelas dan sudah ada beberapa ayam kampung asli yang punah dan hampir punah hanya karena pelaku eksferimen rumahan heheheh......

    Candra Goh...kenapa anda diam dan pura pura bodoh dengan kalimat ngawur di atas ?

    Gen itu setahu saya adalah darah adalah kalimat bodoh........dalam tubuh terdapat bermilyar milyar cell dalam setiap cell terdapat inti nukleus, dalam inti nukleus terdapat cromosom, di dalam cromossom inilah terdapat unit gen/ genetika unit dasar pembawa sifat kebakaan/konstan/stabil, sifat kebakaan gen terdapat dalam suatu lokus, yang di turunkan pada generasi selanjutnya, kenapa diam mas Candra Goh, kenapa mau di perbodoh..oleh orang yang tidak menguasai ilmu pemuliabiakan ?

    Istilah inseminasi hanya di gunakan untuk penyebutan dalam proses kawin suntik, bukan di gunakan untuk penyebutan metode pemasangan perkawinan antar unggas/tipe perkawinan, ini beda makna dengan istilah inseminasi......itu kalimat ngawur salah total.....

    Coba tanyakan pada para breeder sistem mana yang di pakai untuk menghasilkan DOC murni...ini kalimat juga salah.......pemurniaan istilah yang di gunakan untuk mengelompokan genetika homogen homozygot pada individu tertentu...kata kata doc murni adalah kata kata ngawur  ragamsitas penyebutan doc adalah doc standart stock, doc grand parent stock, doc parent stock atau doc finaly stock...ini dapat ilmu dogma dari planet antah berantah mana kok salah kaprah semua.....

    Kalimat lanjutan bukan yang di silang silang bos....kalimat ini mengindikasikan orang yang bilang itu berpendapat bahwa untuk mendapatkan keturunan murni harus tidak di silang silang antar jenis ayam......ini sebenarnya betul Cuma salah penerapan, keturunan generasi ayam murni bukan untuk di pembesaran tapi untuk kolektivitas genetik pada tahap penelitiaan untuk menghasilkan generasi ayam yang lebih unggul lagi, jangan mencampur aduk definisi hingga menghilangkan subtansinya.



    Kalimat : pemerintah aja kebinggungan melakukan pemurniaan karena sudah banyak pencampuran inseminasi nggak jelas dan sudah ada beberapa ayam kampung asli yang punah dan hampir punah hanya karena pelaku eksferimen rumahan heheheh...... kalimat ini adalah omongan orang yang tidak paham ilmu genetika , pemerintah bingung dalam artiaan lamanya waktu pembentukan ayam KUB bukan karena lama pembuatan tapi lama karena menerapkan metode seleksi dengan kriteria pemuliaan yang komplit, bukan bingung seperti maksud anda untuk pemurniaan...ini artinya orang gagal paham tapi sok pinter.

    Apa lagi yang mau di ulas jika pemahaman akan ilmu genetika pemuliabiakan saja belum kelar pemahamannya sudah berani mengklaim ‘ kampung ‘ hanya untuk dirinya sendiri dan kelompoknya sendiri.....? MIKIR..........

    Ayam KUB siap siap wae ...kemungkinan anda target berikutnya setelah joper/aka, jantan ras dan kalau muncul ayam lain lagi...akan selalu di serang kalau bukan dari kelompoknya.

    1 Response to "LOGIKA JOPER PEMULIABIAKAN GENETIKA WHAT......?"

    1. Jadi baiknya bagaimana pak...saya peternak joper tapi saya juga tertarik KUB dan Sensinak (sentul terseleksi)...
      Saya sudah sempat menghubungi warso unggul dan AKI jg

      ReplyDelete