MEMBUAT TEPUNG ENZIM

                                       MEMBUAT TEPUNG ENZIM

    Hasil akhir bentuk enzim ada yang padat tepung, padat granul, atau cair. Tinggal target awal mau di bentuk dalam wujud apa. Sesuaikan dengan kebutuhan untuk tujuaan apa.

    Tahap dalam pembuatan enzim, kaidah yang selama ini di pahami prosedurnya adalah :
    1. Stater microb bacter yeast kapang( semakin banyak jenisnya,  enzim di hasilkan banyak)
    2. Menggandakan stater dalam proses fermentasi SSF
    3. Sterilisasi semua peralatan yang mendukung
    4. Pembuatan media PDA, MS,  steril untuk pertumbuhan stater bacter
    5. Memindahkan hasil gandaan pada media PDA MS ke alat fermentasi yang berukuran lebih besar untuk membuat dalam skala industri.
    6. Pada saat proses di no 5 adalah waktu untuk menjaga kontaminasi udara, suhu dan PH
    7. Filtrasi dan purifikasi proses penyaringan dan pemurniaan campuran sel, nutrisi dan enzim
     enzim akan di ekstrasi dari air kaldu dan proses penyaringan dengan centrifugal, sehingga terbentuk pemisah antara campuran air dengan enzim dan air dengan bahan lain.
    8. Proses selanjutnya adalah evaporasi penguapan air yang bercampur dengan enzim, akan di hasilkan enzim murni skala industri
    9. Ensim dapat di bentuk dalam tepung, granul atau tetap di biarkan dalam kondisi bentuk cair

    Proses di atas adalah prosedur untuk membuat enzim murni. Ada yang tertarik dengan prosedur ribet seperti di atas ? Kalau saya ogah...ribet dan tidak aplikatif, tidak bisa di terapkan dengan mudah oleh kalangan peternak rakyat, jadi percuma....

    Harus di ciptakan teori ilmu sendiri yang mudah untuk di pahami dan mudah dalam proses pembuatannya, hingga gampang di praktekan oleh peternak rakyat.

    Teorinya membiakan dalam media kadar pati tinggi, ikuti prosedur di atas dari no 1 hingga no 5. Saat pencampuran ke media pati tinggi adalah saat kritis akan berhasil atau gagal, dalam artiaan staternya mau tidak berkembang di media pati kadar tinggi.

    Jika proses berhasil berkembang dalam media pati kadar tinggi maka biarkan proses terjadi dalam waktu 7 hari hingga semua media pati di tumbuhi oleh stater microb yeast kapang.

    Proses selesai tinggal di dinginkan, lembutkan kembali size mash hingga dalam ukuran ideal yang memudahkan menyatu dalam formula pakan.

    \M/
    kipdefayer
    bumiternak-betha.blogspot.com

    0 Response to "MEMBUAT TEPUNG ENZIM"

    Post a Comment