OBAT MATA BIRU PUTIH KATARAK PADA BEBEK



    OBAT MATA BIRU PUTIH KATARAK PADA BEBEK

    Untuk keterangan penyakit ini buka artikel ‘ Penyakit Bintik Putih Pada Bebek ‘ di blog bumiternak-betha.blogspot.com. Artinya artikel kali ini merupakan laporan ke dua tentang prosedur pengobatan hingga sampai pada proses penyembuhan.

    Mas Tito teman kita dari Janti yang melaporkan hal itu. Hasil kesimpulan para pakar tentang penyakit ini menyimpulkan merupakan penyakit AI pada bebek dengan mutasi DNA yang berbeda dengan yang menyerang pada ternak ayam.

    Dua koloni kandang postal yang di miliki oleh mas Tito, dengan kapasitas kandang pertama 200 ekor kandang kedua kapasitas 300 ekor. Pemakaiaan probiotik PTPG2 pada kandang pertama setelah penyakit meledak dalam kandang hingga akhirnya hanya tersisa 40 ekor. Pada kandang yang kedua terjadi kematiaan 60 ekor dari 300 ekor bebek dengan pemakaiaan probiotik saat penyakit datang.

    Yang membikin mas titi heran adalah mata bebek yang sudah katarak, buta setelah sembuh maka mata kembali menjadi normal bening dan bebek bisa melihat kembali. Padahal menurut mas Tito pada peternakan teman yang lain yang masih satu daerah bebek tidak sembuh , mati semua dan mata katarak tidak menjadi bening kembali

    Prosedur Pengobatan untuk bebek 500 ekor :
    1. Probiotik PTPG2 sebanyak 1 gelas
    2. Obat amoxitin 15 gram
    3. Qoliquil 15 gram
    4. Neo Meditril 15 ml
    5. Theravi 15 gram
    6. Air bersih 15 liter

    Aplikasi pagi :
    Ambil ember tuang 1 gelas probiotik PTPG2 + obat amoxitin 15 gram + Qoliquil 15 gram + air bersih 10 – 15 liter aduk hingga homogen lalu berikan ke bebek, untuk membasahi pakan yang di berikan juga pakai campuran air ini.

    Aplikasi sore :
    Ambil ember tuang 1 gelas/250ml probiotik PTPG2( Probiotik Top Plus Generasi 2 ) + obat Neo meditril 15 ml + Therapi 15 gram+ air bersih 10-15 liter aduh hingga homogen lalu berikan ke ternak.

    Penyemprotan kandang sekaligus bebeknya pada malam hari menggunakan Medisep/antisep atau rebusan daun sirih dan tembakau 3 hari berturut turut. Arah penyembuhan setelah pengobatan di hari ke tiga

    Yang terpenting adalah pencegahan penyakit dengan melakukan tindakan :
    1. Karantina selalu setiap kali mendatangkan bebek atau bibit bebek dalam kandang
    2. Orang luar tidak boleh masuk dalam areal kandang bebek terutama pedagang pasar atau peternak yang bebeknya dalam kondisi keserang penyakit
    3. Teliti membeli bebek bibit berciri, leher menekuk, lemes tidak banyak gerak atau buta merupakan indikasi bebek sakit, cari bebek yang leher memanjang, lincah, banyak gerak dan nafsu makan tinggi.
    4. Bebek baru datang dari pasar atau breeder semprot dengan desinfektan karantina 3-7 hari baru di masukan ke kandang utama

    \m/
    kipdefayer
    Gusti mboten sare
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252

    2 Responses to "OBAT MATA BIRU PUTIH KATARAK PADA BEBEK"