ADA APA DENGAN KONSENTRAT 2 ?

    ADA APA DENGAN KONSENTRAT 2 ?

    Kenapa pabrikan besar membedakan standart nutrisi protein antara konsentrat yang di tujukan untuk ternak petelur dan pedaging ? dan harga konsentrat untuk ternak pedaging kenapa lebih mahal ? di kalangan ahli nutrisionist, orang yang pandai meramu formula pakan ternak, mempunyai prinsip prinsip sendiri dalam menyusun sebuah formula pakan, kalau untuk standart pemenuhan target nutrisi yang hubungannya dengan fase pertumbuhan, semua nutrisionist hampir sama, dengan standart baku yang di pelajari di bangku akademis, tidak ada yang beda, tapi soal pemilihan bahan pakan yang di pakai, ini yang membedakan antar nutrisionist.

     Kubu 1 nutrisionist yang masih terikat dengan standart baku akademis dan ada rasa ketakutan untuk melampaui keilmuaan baku tersebut dan kubu ke 2 adalah nutrisionist “ gaya bebas “ yang tidak terikat oleh teori ilmu semata, tapi menarik kesimpulan bagus tidaknya suatu bahan pakan suatu formula,  itu melalui proses nyata praktek di lapangan, baru bisa menarik kesimpulan dan biasanya nutrisionist kubu ke 2 ini, lebih leluasa dalam mengekflorasi keleluasaan yang lebih bebas merdeka dalam berinovasi.

    Kenapa sama sama konsentrat protein 39% tapi hasil produktivitas percepatan pertumbuhan antara konsentrat misal A dan B beda di hasilnya padahal sama sama protein 39%, pasti ada sebagian teman teman yang terbersit dengan pertanyaan seperti itu….kenapa ?

    Itu kasarnya kenapa ternak tipe pedaging kita entah itu joper atau bebek jantan yang kita pelihara, ternak yang pakai konsentrat pedaging KBR Comfeed atau 122 pokphand, tumbuh lebih cepat di bandingkan dengan konsentrat petelur 144 atau 124 atau konsentrat bebek petelur Comfeed ?

    Inilah yang membedakan nutrisionist kubu 1 dan ke 2 di atas…
    Misal konsentrat A bahan konsentrat yang di pakai dominan bahan nabati 80% dan bahan sumber protein hewani 20 % kenapa pertumbuhan lebih lambat di banding dengan konsentrat B yang bahan pengisi konsentrat dari sumber protein nabati 60% dan sumber protein hewani 40%...
    kenapa..?

    Hubungannya dengan kelengkapan sumber asam amino antara bahan nabati dan hewani itu berbeda…beda jauh, protein yang selama ini sering kita sebut sebut itu sebenarnya merupakan ejawantah dari penyebutan asam amino, jadi protein = asam amino….sebab bagus tidaknya sumber protein di nilai dari kelengkapan jumlah dan jenis asam aminonya

    Ini yang di bahas baru sebatas material raw bahan dasar penyusun konsentrat, belum membahas feed supplament dan feed aditif..apa itu ? bahan kecil kecil yang merupakan imbuhan dalam penyusunan sebuah formula pakan/konsentrat seperti DCM, limestone, asam amino, Na, vitamin blanded , enzim, toxin binder, antioksidan, caroten dll….sudah pasti ini merupakan rahasia nutrisionist/pabrik.




    Jadi membandingkan harga konsentrat hanya berpedoman pada jumlah estimasi protein berapa % saja itu merupakan tindakan yang salah, harus benar benar di pahami sumber bahan nabati dan hewani agar tidak terjebak oleh pedoman prosentase protein semata.

    Lantas imbangan ideal sumber protein nabati dan hewani dalam sebuah komposisi formula konsentrat  ketemu di perbandingan harmonisasi serasi berapa persen ? biasanya itu merupakan rahasia seorang nutrisionist atau pabrikan besar yang tidak mungkin akan di buka di depan publik.

    Untuk mengetahui perkiraan prosentase pakai protein sumber hewani dalam sebuah konsentrat, salah satunya adalah dengan melihat harga…..pabrik tidak akan mungkin pemakaiaan prosentase protein hewani dalam jumlah agak sedikit lebih banyak, menjualnya dengan harga lebih murah…di bandingkan yang pemakaiaan sumber hewani lebih sedikit, apa pingin bangkrut….logika harga bahan dasarnya tidak masuk sama sekali

    Konsentrat Bumi Ternak bermaksud ingin mengakomodasi perbedaan di atas, memadukan satu dalam sebuah produk konsentrat yang bisa di pakai untuk ternak petelur sekaligus ternak pedaging.

    Sedikit banyak kuncian kuncian sudah sebagian terpecahkan sehingga satu produk konsentrat bisa di pakai untuk ternak tipe petelur sekaligus tipe pedaging….yang mana di katakan bagus tidak sudah di praktekan di lapangan dan sudah bisa menekan harga, sehingga harga per kg nya bisa meringankan beban biaya ternak bagi peternak kecil

    Standart nutrisi konsentrat Bumi Ternak 39-40% hanya bisa di bandingkan sepadan dengan konsentrat pedaging pabrikan besar..bukannya sombong tapi kenyataan di lapangan memang seperti itu….tidak mungkin di bandingkan dengan konsentrat petelur

    Perbedaan konsentrat untuk ternak petelur dan pedaging adalah di komposisi harmonisasi sumber asam amino nabati dan hewani….itu yang membedakan komposisinya……dan konsentrat Bumi Ternak memadukan 2 perbedaan di atas dalam satu produk konsentrat karena kuncian kuncian nutrisinya sebagian sudah terpecahkan……….

    \m/
    kipdefayer
    sluman slumun slamet
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252




    1 Response to "ADA APA DENGAN KONSENTRAT 2 ?"