CARA MEMBUAT TEPUNG TULANG

    CARA MEMBUAT TEPUNG TULANG

    Tepung tulang sudah terkenal lama sebagai salah satu penyusun bahan pakan ternak, konsentrat maupun pakan jadi. Tulang yang selama ini di anggap limbah yang tidak berharga, sebenarnya bisa mendatangkan profit seandainya di garap sungguh sungguh, sebab jumlah limbah tulang ini sangat banyak sekali dari tulang ayam hingga kambing dan sapi.

    Fungsi utama tepung tulang biasanya di peruntukan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor, padahal bukan itu saja senyawa lainnya meliputi magnesium, tembaga, seng, kobatl, besi, mangan, belerang dll. Prosentase tepung tulang dalam satu formula adalah 1 – 2%.

    Langkah pembuatan :
    1. Tulang di cuci bersih, buang sisa daging, darah, lemak dengan air dingin hingga bersih.
    2. Masukan dalam mesin digester penguapan atau mesin presto atau di steam pengukusan bukan di rebus terendam dalam air, hingga sisa daging mudah di bersihkan.
    3. Lalu jemur sinar matahari atau masuk oven hingga kering.
    4. Masukan kembali tulang ke mesin  digester yang berdinding lapis dua, di uapkan dalam tekanan tinggi selama 3 jam. Atau masukan dalam mesin presto juga boleh, hingga di dapatkan tulang kering yang agak lembab, lalu jemur kembali hingga kadar air tulang 13-15%.
    5. Masukan tulang dalam mesin hammer mill, tumbuk hingga lembut, proses selesai.

    \m/
    kipdefayer
    sluman slumun slamet
    bumiternak-betha.blogspot.com