KESALAHAN MENGGANTI KONSENTRAT PETELUR

    KESALAHAN MENGGANTI KONSENTRAT PETELUR

    Apapun jenis ternaknya , mau bebek atau ayam atau puyuh, jangan mengganti konsentrat dalam formula pakan saat ternak sudah dalam kondisi bertelur > 30%. Sebab 80% produksi telur pasti droup, hanya 10-20% saja yang tidak mengalami penurunan produksi telur.

    Itu misal jika biasanya anda pakai konsentrat dari comfeed lalu berkeinginan berganti ke konsentrat dari pokphand, apapun alasannya produksi telur pasti turun atau anda berkeinginan mengganti konsentrat protein 34%, ingin di ganti konsentrat protein 38% dengan bayangan karena protein lebih tinggi seharusnya produksi telur pasti meningkat…tapi yakin yo, tidak bakalan terjadi semacam yang anda bayangkan…telur pasti droup….

    Ternak tipe petelur adalah ternak yang sangat sensitif terhadap perubahan ransum pakan, terutama ternak bebek. Sejak memasuki fase dapelover menjelang bertelur, ternak sudah menyesuaikan kerja metabolisme tubuh dengan pakan produksi yang di berikan, hingga saatnya produksi telur tiba, ternak sudah mendapatkan setelan kerja metabolisme tubuh dengan pakan yang di berikan. Jika ada pergantiaan konsentrat yang baru maka ternak akan melakukan penyesuaian kembali dari awal, yang salah satu resikonya adalah telur droup.

    Pergantiaan konsentrat bisa di lakukan pada kasus :
    1. Saat produksi telur turun
    2. Saat ternak sakit
    3. Saat ternak moulting/bodol bulu
    4. Saat pergantiaan kandang/perjalanan jauh
    selain ke 4 kasus ini haram menganti ganti konsentrat saat sudah produksi telur.

    \m/
    kipdefayer
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252