KUALITAS DOC LAYAK JUAL

     KUALITAS DOC LAYAK JUAL

    Ini problem bukan hanya merupakan tumpu kesalahan di breeder/penetas, tapi juga menjadi tanggungjawab reseles/makelar sekaligus peternak/pemesan DOC, agar tidak terjadi masalah maka ke tiganya wajib memahami proporsi tanggungjawab masing masing.

    BREEDER
    Tugas breeder/penetas bukan hanya selesai setelah doc menetas, tapi tanggungjawab moral dengan kualitas doc dengan cara :
    1. Hanya menggunakan Indukan bebas penyakit jenis apapun.
    2. Usia minimal indukan 7 bulan
    3. Berat telur joper min 50 gram
    4. Melakukan seleksi doc dengan mengeluarkan doc cacat dan tidak layak jual
    5. Kebersihan mesin tetas terjaga, sebab mesin tetas jorok merupakan medium untuk menularkan penyakit.
    6. Pastikan yang masuk boks hanya doc sehat dan layak jual saja, ini hubungannya dengan image kualitas doc yang anda buat.
    7. Kekeliruan doc layak kirim saat usia 1-2 hari ( cadangan kuning telur masih ada ) perlu di koreksi sebab yang lebih penting dari itu adalah adaptasi doc dengan suhu klimat luar lebih utama. Usia kirim doc 3 hari jalan terbaik breeder sudah bisa melakukan seleksi doc mana yang sehat dan kuat di kirim dengan yang tidak, waktu 3 hari itu waktu terbaik memilih doc sehat, mortalitas di 3 hari itu merupakan garansi breeder pada makelar sekaligus pada peternak/pembeli, hanya doc sehat saja yang di jual.

    MAKELAR
    Tugas makelar itu bukan hanya cari pembeli , barang siap lalu di kirim…salah itu….:
    1. Memastikan hanya mengambil pada Breeder yang mengutamakan kualitas
    2. Memastikan bahwa doc yang masuk boks adalah doc sehat
    3. Memastikan garansi jual dalam hitungan hari kesepakatan dengan pembeli.
    4. Memastikan diri harus punya keilmuaan culling doc tidak sehat
    5. Memastikan ke-hati-hati-an dalam bisnis, DOC itu barang hidup, wajib ekstra waspada
    6. Kalau belum punya ilmu seleksi doc sehat atau cacat jangan jadi makelar barang hidup.

    PETERNAK
    Pembeli /peternak wajib :
    1. Melakukan seleksi saat doc baru dating dan masih di boks, kondisi sehat atau tidak. Jika ada yang tidak sehat setelah di cek, doc bisa di kembalikan jadi tanggungjawab makelar/breeder.
    biasanya makelar juga dapat garansi dari breeder.
    2. Transaksi berlanjut atau tidak itu terggantung dari hasil cek kualitas doc saat pertama dating oleh peternak dan setelah deal akad jual belinya maka tanggungjawab ada di peternak.
    3. Kematian doc karena kesalahan peternak gara gara brooding yang salah atau tertular ayam sakit milik peternak atau kena serengan penyakit virus, doc yang sebelumnya sehat jadi mati itu menjadi tanggungjawab peternak sendiri.

    4. Kematian sebelum 7 hari setelah doc dating maksimal 1% - 2% adalah wajar dan bukan tanggungjawab makelar atau breeder, dengan catatan peternak telah melakukan cek kondisi doc saat pertama kali dating.

    CIRI CIRI DOC TIDAK SEHAT
    1. Mata sipit redup keduanya
    2. Bulu masih basah atau kering tapi menempel ke tubuh gara gara kelembaban berlebih
    3. Paruh silang atau tidak rata merupakan cacat genetic, Paruh silang,bagiang atas biasanya mengarah ke sisi mata yang cacat. Hal ini sebabkan akibat perlambatan pertumbuhan bagian otak yang berdekatan dengan mata tersebut. Karenanya timbullah asimerti paruh.
    4. Tulang punggung bengkok
    5. Kaki pengkor
    6. Radang pusar/Ompalitis dan biasanya perut jadi membesar
    7. Lubang dubur/anus tidak bersih karena infeksi penyakit pullorum
    8. Bobot doc di bawah 30-35 gram

    Melakukan bedah cecar pada telur tetas boleh di lakukan karena penetasan yang tidak beres dengan syarat pada retakan telur tetas labirin harus sudah tidak teraliri darah lagi, jika masih teraliri darah dan nekat tetap di cecar di bantu menetasnya maka akan menghasikan doc kualitas buruk

    Dulu saya jual doc ayam kresing dengan penjualan 6000 ekor doc per bulan tidak pernah mengalami complain pembeli sebab hanya doc usia 3 hari saja yang saya kirim

    \m/
    kipdefayer
    jaga apimu kawan
    sluman slumun slamet
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252




                               OMPHALITIS PENYAKIT RADANG PUSAR

    Ada yang menyebutnya dengan nama Yolk Sac Infection infeksi kantung kuning telur. Penyebab timbulnya penyakit ini karena terlambatnya kantung kuning telur terabsorsi dalam tubuh, sehingga saat menetas kantung telur masih di luar tubuh. Apabila sampai pecah maka merupakan media yang sangat cocok untuk tumbuh kembang bakteri Coli, Staphylococcus, Pseudomonas, Proteus spp, hingga menyebabkan omphalitis akut, kematiaan hingga hari ke 10 setelah menetas.

    Penyebab utama omphalitis adalah sebab mesin tetas. Mesin tetas yang jorok, tidak bersih dan lembab menjadi tempat tumbuhnya bakteri negatif, kasarannya mesin tetas kemproh.
    Atau kondisi suhu di bawah standart dan kelembaban terlalu tinggi, maka saat anak ayam menentas sebelum kantung kuning telur masuk dalam tubuh, karena mesin tetas terlalu lembab, dalam waktu sempit ini terinfeksi oleh bakteri negatif, sebelum selaput embrio mengering dan menempel pada selaput kerabang telur. Karena selaput kerabang telur terdiri dari keratin maka selaput ini tidak bisa mengalami autolysis tidak larut, akibatnya selaput ini tetap tinggal dalam tubuh anak ayam menyebabkan iritasi, jaringan sel sekitar mati dan memudahkan infeksi bakteri.

    Kuning telur saat penetasan merupakan cadangan makanan sekaligus sebagai antibody maternal untuk daya tahan tubuh. Kekebalan antibody yang terkandung dalam kuning tekur di kenal sebagai gamma globulan igG / igy, antibody yang di turunkan dari induk melalui transfer kekebalan pasiv tujuaan untuk melindungi dari serangan MO.

    Gejala paling jelas adalah, lubang pusar tidak menutup sempurna, masih ada tonjolan tersisa di luar tubuh, pada kasuh yang parah 50% kantung telur masih menggelantung di luar tubuh dan ada kemungkinan pecah sebelum masuk tubuh, doc semacam ini biasanya mati sebelum usia 3 hari. Ciri lainnya saling mengerombol di bawah lampu pemanas, lesu, kepala menunduk ke bawah. Jangan salah arti dengan penyakit Pullorum/ berak putih

    Pencegahan usahakan sanitasi dalam mesin tetas terjamin dengan tindakan pensucihamaan dan jaga kelembaban dalam mesin tetas terutama 3 hari terakhir massa krusial. Gunakan hanya telur tetas yang kerabangnya nya bersih saja, kulit kotor feces bisa menembus kulit telur dan terjadi infeksi dalam telur, ada dua kemungkinan, telur busuk atau doc menetas tapi dengan kondisi kantung kuning telur sudah terinfeksi bakteri.

    Pembersihan mesin tetas bisa gunakan medisep, antisep, rodalon dengan sistem semprot kabut pada dinding, lantai, rak telur, baki air atau telur sebelum di masukan mesin rendam dalam larutan medisep yang sudah di encerkan hitungan 3 detik saja langsung tiriskan. Anak ayam sudah kena omphalitis tidak ada obatnya 99% mati.

    \m/
    kipdefayer
    jaga apimu kawan
    sluman slumun slamet
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252

    0 Response to "KUALITAS DOC LAYAK JUAL"

    Post a Comment