CARA MUDAH LANTAI KANDANG TERNAK TETAP KERING



















    CARA MUDAH LANTAI KANDANG TERNAK TETAP KERING

    Ini berlaku untuk ternak uanggas pedaging maupun petelur. Air minum merupakan kebutuhan vital untuk semua jenis mahkluk hidup, system metabolism agar berjalan lancer salah satu syarat adalah terpenuhi kebutuhan air minum. Baik sebagai medium penyerapan absorsi nutirisi, penghantar nutrisi ke semua organ tubuh maupun untuk mengatur keseimbangan panas tubuh.

    80-90% tubuh ternak memang berasal dari air, jika di lakukan proses ekstrasi, tapi teori ini tidak berarti sebangun jika di katakana air minum adalah bersifat Ad Libitum/selalu ada setiap saat. Kita bahas soal ini, jika kebutuhan air minum sudah terpenuhi atau bahkan berlebih dengan di tandai kotoran yang berupa air, pernah lihat yang seperti itu ? itu artinya air minum sudah melampaui batas kebutuhan.

    Kenapa ayam terus saja minum meski kotoran sudah berupa air ? La karakter sifat minum ayam memang seperti itu, tetap minum meskipun tidak haus. Tidak percaya ? berarti mainmu sobomu turut kandang kurang lama durasinya hohoho……

    Ternak Tipe Pedaging
    Ayam pejantan, joper, KUB, apalagi ayam Broiler, sifat makan minumnya luar biasa besar, sebab broiler tahunya makan minum tidur bangun makan minum lagi, berulang seperti itu terus menerus. Maka tidak aneh kandang broiler mensuplay polusi bau kotoran kandang yang luar biasa, kadang menjadikan masalah, demo kandang oleh warga masyarakat sekitar karena bau kotoran kandang, apalagi kalau tempias air hujan masuk membasahi tempat kotoran ayam, siap siap kukut kandange mas.

    Langkah antisipasi yang perlu di lakukan :
    Pelaku peternak terutama anak kandang SDM kandang harus wajib sudah hapal soal karakter ternaknya dan harus sudah paham tipikal berbagai jenis bentuk kotoran ayam, itu intinya nanti kita jabarkan di bawah ini.

    Cara untuk mengetahui seberapa pas kebutuhan air minum yang di perlukan ternak caranya dengan melakukan ujicoba pemberian air minum tanpa batas pada ternaknya dan mengamati kotoran ayam masih padat berbentuk ataukah sudah berubah cair ? ini yang perlu di amati.

    Gampangnya amati, jika kotoran sudah berupa cairan artinya air minum sudah berlebih, langkah selanjutnya lakukan pengurangan jatah air minum sampai kotoran nanti berupa padatan lagi. Misal pemberian air minum pagi hari jam 7 pagi sebanyak 5 liter dan air minum ini baru habis di jam 12 siang dan kotoran berupa cairan maka ke esok harinya berikan air minum 4 liter lalu lihat air minum habis di jam berapa dan lihat bentuk kotoran cair atau padat ? jika masih cair maka keesok harinya berikan air minum 3,5liter dan usahakan air minum habis 1 jam sebelum jatah pemberian pakan di siang harinya misalnya habis di jam 11 siang atau habis di jam 1 siang jika pemberian jatah pakan di jam 2 siang dan biasanya kotoran sudah berupa padatan lagi.


    Lakukan seperti itu pada kandang masing masing peternak, karena ini sifatnya kasusistik maka akan berbeda beda pada kandang di lokasi beda wilayah. Aturan ini pasnya pada takaran berapa hanya peternak sendiri yang tahu. Bagi yang mengunakan tendon torent air minum yang system otomatis maka perlu di ubah sedikit soal pengaturannya, di akali sendiri ya. Satu lagi, anda mengamati ayam keluar kotoran padat atau cair itu anda harus melihat langsung saat kotoran keluar, bukan beberapa jam setelah keluar lalu anda mengamati kotoran yang menumpuk di bawah, ini salah nanti anda kan tertipu.

    Ada yang berteori jika jatah air minum di kurangi nanti bobot badan kg ayam tidak tercapai dengan alas an kekurangan air minum ? Apa benar seperti itu ? Tidak…tidak benar itu. Puncak kebutuhan air minum ada level batasannya, karena ayam tidak bisa menakar kebutuhan sendiri maka ketika tidak hauspun ayam akan tetap terus minum. Kewajiban peternak yang harus memahami itu, sebab bentuk Kotoran normal adalah padatan lembek bukan padatan keras ayam kesulitan beol atau padatan cair yang menandakan air dalam metabolism berlebih.

    Kelebihan air minum yang di senagaja missal daging sapi glonggongan, daging itu di letakan dilantai atau di gantung akan selalu mengeluarkan air padahal ini tidak bagus untuk higienis tubuh kalau daging yang kebutuhan air cukup walau di gantung air tidak bakal menenetes. Pada ternak ayam untuk mensekresikan kelebihan air dalam metabolism tubuh lewat jalan mekanisme fisik keluar lewat cloaka anus bersama kotoran karena jumlah air lebih banyak dari kotoran maka berbentuk cair, lantai kandang basah ini yang membikin kandang bau amoniak kotoran ternak. Pahami itu……

    Ternak Tipe Petelur
    Untuk ternak petelur dari fase stater hingga grower 2 atau developer mengikuti prosedur manajemen ayam tipe pedaging. Minginjak fase pertumbuhan finister mulai di jalankan metode pembatasan air minumpada minggu ke 17.

    Teorinya pada ayam tipe petelur :
    Pemberian pakan minum di pagi hari jam 7 maka di usahakan air minum pada jam 12 siang air minum harus sudah habis tidak ada sisa lagi dan saat pemberian pakan minum di siang hari jam 1, pakan minum masuk lagi dan usahakan air minum pada jam 5 sore harus sudah habis.

    Malam hari tempat air minum dan pakan harus kosong, kalaupun ada isinya peternak tetap rugi sebab sisa pakan dan air minum akan di haboiskan oleh tikus kandang, yakinlah…….ini merupakan pemborosan dan ini anda artinya memelihara vector bibit penyakit yang di bawa oleh tikus.

    Perlukah penambahan jam cahaya 2 jam di awal pagi dan 2 jam di awal malam ? saya sudah mempraktekan pengaruhnya tidak terlalu signifikan untuk efisien kandang kita di bandingkan pemborosan biaya PLN, karena peneluran ayam RAS Layer adalah di pagi hari antara jam 8 – 11 siang bukan di akhir malam, seperti bebek.



    Karena air minum di batasi apakah telur akan kecil dan bobot timbangan akan berkurang ? tidak…sebab yang mempengaruhi rendah atau tinggi produksi telur salah satunya adalah suhu dalam kandang bukan panjang dan pendek cahaya yang masuk dalam kandang. Saya sudah melakukan ujicoba untuk itu kesimpulannya yang berpengaruh adalah suhu bukan intensitas cahaya, nek ora percoyo buktekno dewe nek maido…….

    Faktor Probiotik
    Istilah yang benar sebetulnya Sybiotik merupakan gabungan bahan pengisi Prebiotik dan koloni mikroorganisme tertentu. Kalau hanya berisi bacter microorganism saja itu baru namanya probiotik semacam produk EM4 itu isi total bacter saja.

    Trus fungsi probiotik buat apa ?
    Fungsi utama adalah menjaga titer antibody imunitas tubuh dalam level optimal, jika imunitas tubuh bagus effeknya ternak tidak akan mudah terserang bibit penyakit. Yang perlu di pahami ancaman serangan penyakit itu ibaratnya setiap detik mengintai ternak kita, nah….jika imunitas tubuh dalam kondisi prima karena pemberian synbiotik/probiotik maka bibit penyakit yang dating akan di lawan di hancurkan dalam 3 tingkatan barrier yang di miliki tubuh, ayam menjadi sehat.

    Probiotik hubungannya dengan kotoran becek dan bau ?
    Proses pencernakan yang singkat 1-2 jam pada unggas memberikan effek buruk banyak nutrisi pakan yang belum tercerna sempurna akan di keluarkan bersama kotoran. Sisa sisa nutrisi pakan ini berupa protein, mineral vitamin dan senyawa nitrogen akan memicu munculnya bau ammonia kotoran. Mikro bacter dalam probiotik akan mengatasi soal itu dengan gugus dan fungsi tugas bacter, ini tergantung bacter apa yang terkandung dalam probiotik PTPG2.

    Pembagian tugas bacter menurut jenisnya ada yang bertugas memaksimalkan penyerapan nutrisi saat masih di organ pencernakan lalu ada yang bertugas, jika tetep masih ada yang lolos nutrisi keluar bersama kotoran maka bacter amoniasi akan bekerja menghambat proses pembentukan ammonia sebagai sumber munculnya bau kotoran kandang.

    Fungsi lain probiotik meningkatkan produktivitas ternak baik daging maupun telur, meningkatkan efisiensi proses absorsi nutrisi hingga cost efisien tercapai, mengurangi populasi lalat dalam kandang, karena kotoran kering maka otomatis populasi lalat berkurang banyak Dll…

    Probiotik yang murah harganya dan efektivitas sudah teruji baik untuk petelur maupun pedaging adalah probiotik PTPG2 harga 22.000/liter sudah termasuk biaya packing dan ongkos kirim untuk pulau Jawa
    pemesanan hub ; HP 085229779252

    \m/
    kipdefayer
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252


    6 Responses to "CARA MUDAH LANTAI KANDANG TERNAK TETAP KERING"

    1. Tidak ada kerja keras yang tidak ada hasil, jangan menyerah, lakukan dengan hati dan berdo'a. Insya Alloh apa yang di perjuangkan, akan kita tuai hasilnya


      ReplyDelete
      Replies
      1. assalamualaikum wr.wb pertama tama saya panjakkan syukur kepada allah yang telah memberikan rahmat atau reskinya kepada saya dan mempertemukan saya juga dengan AKI RAHMAN dan melalui bantuan pesugihan beliau aku mendapatkan uang sebesar 20m,uang ini aku manfaatkan untuk menyumbankan sebagian dan juga pergunakan untuk membuka usaha karna sudah banyak para normal yang saya hubungi dan saya datangi tidak ada yang pernah membuahkan hasil dan mereka hanya menghabiskan uangku saja, jangan mudah percaya begituh saja sama para normal lainnya karna omongannya saja yang manis tidak ada buktinya dan yang bisa dipercaya cuma AKI RAHMAN saja karna beliau sudah banyak membantuh orang terutama saya dan ternyata masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya, yaa allah lindungilah orang jujur yang seperti ini karna aku juga tidak pernah menyanka kalau saya mendapatkan uang sebesar ini dan aku hampir putus asa karna uang saya habis ditipuh paranormal dan secara tidak sengaja saya menemukan postingan orang di internet tentan AKI RAHMAN dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya kalau saya benar benar yakin dan serius dengan pesugihan putihnya dan alhamdulillah berhasil akhirnya saya juga ingin berniat atau mempostin pesan sinkat ini supaya semua orang tau kalau masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya yaituh AKI RAHMAN dan bagi anda yang ingin dibantuh silahkan hubungi 085-260-482-111 mohon maaf kalau postingan pesan saya ini menggangguh anda dan apa yang saya tulis ini adalah unkapan kisah nyata dari saya PAK SULAIMAN kunjungi alamat web disini šŸ˜ƒPesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ˜ƒ

        Delete
    2. Satu hal yang harus selalu diingat, kita bisa seperti saat ini karena karunia Tuhan YME.

      Terimkasih, semoga artikelnya bermanfaat untuk banyak orang

      ReplyDelete
    3. Terimkasih atas share artikelnya, in sangat bermanfaat

      Semoga usahanya maju dan sukses

      ReplyDelete
    4. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

      ReplyDelete
    5. Apa rumus ini juga berlaku untuk puyuh??

      ReplyDelete