BACTERIOSIS SEBAGAI ANTIBIOTIKA ALTERNATIF PADA PROBIOTIK




    BACTERIOSIS  SEBAGAI ANTIBIOTIKA  ALTERNATIF PADA PROBIOTIK

    Sebelum lebih jauh bahas Syinbiotik atau Probiotik atau Prebiotik, coba kita mundur kebelakang sebentar tentang pembuatan Antibiotika yang banyak di pasarkan oleh pabrikan besar secara komersil dengan ragam branded merk yang bejibun banyaknya itu.

    Tapi sebelumnya harap di pahami perbedaan definisi dari prebiotik, probiotik dan synbiotik, saya tidak mau kesalahpahaman terjadi hanya karena kurangnya ilmu ,lalu menghakimi pihak lain sebagai tersangka dan kudu mesti salah, kasihan nanti malah malu sendiri.

    Prebiotik :
    merupakan media hidup sekaligus pensuplai cadangan makan energi bagi bakter, maka kebanyakan prebiotik berupa sumber karbohidrat tapi mensyaratkan jenis karbohidrat yang tidak tereduksi di organ pencernakan ini hubungannya dengan microflora yang memacu tumbuh kembang bacter, terutama yang menghasilkan asam lactat

    Probiotik :
     merupakan kumpulan dari satu jenis bacter atau banyak bacter yang merupakan tambahan bacter hidup untuk memacu produktivitas ternak, ini hubungannya denga keseimbangan microflora dalam organ pencernakan, contoh produk EM4.

    Synbiotik :
    merupakan perpaduan satu serasi antara Probiotik ( microorganisme hidup ) dengan Prebiotik ( subtrat media hidup kumpulan bacter hidup sekaligus sebagai cadangan makanan dan energi untuk Probiotik )
    contoh Snybiotik  cair adalah Probiotik Top Plus Generasi 2 atau PTPG2 Super Nutrisi, Avian Pro, Alip, Pro Bioter, RH 69.

    Kembali ke soal Antibiotika…..tahukah anda sebagian antibiotika yang kita gunakan selama ini merupakan hasil dari proses Fermentasi yang di terapkan oleh kalangan Industrial Microbiologist dengan memanfaatkan koloni bacter, yeast jamur kapang ? baik yang fermentasi system Submerged atau system Solid State pada lingkungan Aerob maupun Anaerob

    Manfaat dan fungsi penyembuahan sudah banyak di yakini dan keampuhan dalam menyembuhkan ternak kita dari serangan penyakit baik berupa virus bacteri protozoa. 100% sudah di praktekan oleh banyak peternak di berbagai belahan Negara Indonesia. Anda tidak perlu di yakinkan sudah percaya.

    Antibiotika sebagai hasil sekunder metabolisme dari proses fermentasi ini yang di kumpulkan oleh pabrikan di padatkan, di kemas rapi lalu di jual pada peternak dengan harga mahal, kuncinya sebagian antibiotika di hasilkan oleh kerja bacteri, dan anda yakini mampu menyembuhkan, apa saja bacternya ? missal…
    Antibiotika Amphomycin di hasilkan oleh bacter Streptomyces Canus, antibiotika Bacitracin di hasilkan oleh bacter Bacilus Subtilis dan Licheniformis, antibiotika Chromomycin di hasilkan oleh bacter Streptococcus Griseus, antibiotika Penicilin G di hasilkan oleh bacter Penicillium Chrysogenum, antibiotika Streptomycin di hasilkan oleh bacter Streptococcus Griseus, antibiotic Tetranactin di hasilkan oleh koloni bacter S Flaveolus dan masih banyak lagi.

    antibiotic yang di produksi pabrik yang di hasilkan oleh koloni bacter tersebut anda yakini punya kemampuan untuk menyembuhkan, mengapa kumpulan bacter di atas yang merupakan stater pada pembuatan probiotik system fermentasi anda ragukan mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan penyakit ? jika sudah tahunan di praktekan oleh banyak peternak dan menyakini antibiotika pada probiotik mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan. Maka bagi yang meyakini probiotik tidak mempunyai kemampuan menyembuhkan, dasar apa yang anda pakai ? hati hati…musuh anda kalangan akademisi local maupun luar negeri. Nanti malu sendiri lho….

    Belum yang fungsi Fitogenik dari herbal yang merupakan salah satu pengisi probiotik, khususnya probiotik herbal seperti contoh di atas. Dalam ilmu Fitokimia herbal sambiloto, pace temulawak, kunyit dll mempunyai bahan aktif alami yang dapat di manfaatkan untuk ‘ Obat “, atau stimulant ‘ Kesehatan ‘ daya tahan tubuh atau menjaga ‘ stamina ‘ kerja dari metabolism tubuh sehingga proses pencernakan dan sifat imunomodulator meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

    Mengkudu atau pace mempunyai kemampuan Senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya mempunyai sifat antiresisten terhadap bakteri salmonella penyebab pemicu timbulnya penyakit coli, penyebab banyak kematian pada DOC dan DOD, sing mumet soal penyakit coli iki salah satu solusi yang bisa di terapkan. Dan mengurangi populasi bacteri jelek/negative pada organ pencernak, kalau inipun anda sangkal, anda akan bermusuhan dengan Guru Besar IPB Prof Dr Ir Yuni Retnani MSc, pace mengkudu merupakan salah satu pengisi dari Probiotik PTPG2 Super Nutrisi.

    Senyawa Acetogenin pada herbal daun sirsat mempunyai fungsi menekan pertumbuhan sel asing pada metabolism dan menghancurkannya juga membunuh bacter penganggu kerja system imunitas tubuh, kalau inipun anda sangkal anda akan bermusuhan dengan Prof Soelaksono Satrodihardjo dari ITB Bandung dan Prof Dr Ervizal Zuhud MS, pendiri Pusat Studi Biofarmaka Institute Pertaniaan Bogor.
    Berani….?
    Menyimpulkan tanpa ilmu itu pekerjaan orang bodoh yang sok pinter.

    Belum tahu jika bacter mampu menghasilkan enzim untuk membantu proses pencernakan pakan sehingga peternakan yang aplikasi probiotik PTPG2 Super Nutrisi menjadi lebih efisien ? coba baca kalimat di bawah ini : Enzim Protease di hasilkan oleh bacter Bacilus firmus, Antinomycetes , Bacilus Sublitis, Pseudomonas Aerugenosa, Staphylococcus, Enterococcus Faecium dll, enzim Amilase di hasilkan oleh bacter keluarga Clostrydium, Bacillus dan Pseudomonas, enzim Lipase di hasilkan oleh bacter Serratia.

    Ini belum bacter yang menghasilkan asam amino, hormone dan Bacteriosis/antibiotika alami, yang mana kebanyakan bacter di atas sudah merupakan stater bacter pada pembuatan probiotik yang di jalankan selama ini.
    Mekanisme kerja probiotik dapat di simpulkan dalam beberapa fungsi :
    1. Menekan pertumbuhan MO microba pathogen pada saluran pencernakan melalui produksi substansi antimicroba( asam laktat, asam asetat, asetalhida, hydrogen peroksida dan Bacteriosis ).
    2. Merubah metabolism microbial dengan meningkatkan aktivitas enzim yang bermanfaat dalam kerja metabolism tubuh, untuk penyerapan nutrisi maupun imunitas.
    3. Imunomodulator, merangsang pembentukan imunitas kekebalan tubuh dari toksis maupun agen vector pembawa bibit penyakit. ( Suskovic 2001 )

    Produksi senyawa toksis merupakan hal yang sering terjadi dalam interaksi kompetisi antara mikroba dan beberapa senyawa tersebut telah berhasil di adopsi dan di aplikasikan untuk mengkontrol bacter pathogen. Bacter probiotik mampu menghasilkan senyawa mirip antibiotika yang mempunyai pengaruh langsung terhadap bacter pada saluran pencernakan ( Hillman 2001 ) yang sering di sebut dengan nama  Bacteriosis ( Martinez 2000 )

    Bacteriosis bacter asam laktat/ BAL  banyak ragam jenisnya, mempunyai aktivitas menghambat bacter Butyrivibro ( Kalmokoff 1996 ) Bacteriosis dapat menjadi alternative pengganti antibiotika dalam memanipulasi populasi microba. Bacteriosis punya keunggulan di banding antibiotika karena mempunyai target yang spesifik. Bacteriosis merupakan salah satu peptide antimicroba yang dapat menghambat bacter, sifat penghambatan bacteriosis sangat specific karena hanya memnghambat atau membunuh species bacter lain yang mempunyai hubungan dekat.

    Bacteriosis adalah peptide antimicroba yang di sintesis secara ribosomal yang di hasilkan oleh bacteri ( Martirani 2002 ) dan mempunyai pengaruh bacterisidal maupun bacteriostatik terhadap bacter yang mempunyai hubungan dengan bacter penghasilnya ( Ko dan Ahn 2000 ) Bacteriosis selain berfungsi dalam menjaga kesehatan hewan ternak juga berkemampuan mendongkrak performans ternak ( Soomro 2002 )

    Bakteri apa saja yang menghasilkan bacteriosis ? Lactobacillus  Lactis, Plantarum, staphylococcus epidermidis, Lactococcus Lactis, Bacillus Sublitis, Streptomyces dll Pemilihan stater bacter dalam pepbuatan probiotik sudah di lakukan seleksi isolasi pada bacter tertentu saja dengan fungsi dan manfaat yang sudah di perkirakan ke depannya.

    Sudah terlalu banyak artikel yang di popularkan di jurnal jurnal local maupun internasional yang membahas fungsi bacteriosis dalam probiotik untuk dunia peternakan. Selama anda terkungkung dalam kesempitan diri sendiri terus menerus maka langkah anda akan jauh tertinggal……….

    \M/
    kipdefayer
    Gusti mboten Pekoooooooook
    bumiternak-betha.blogspot.com
    Bumi Ternak Klaten
    085229779252