SOLUSI PENYAKIT BERAK DARAH SETELAH COCCIDIOSTAT DI LARANG


    SOLUSI PENYAKIT BERAK DARAH SETELAH COCCIDIOSTAT DI LARANG

    Coccidiostat telah di cabut dalam formula pakan pabrikan karena di larang oleh pemerintah. Maka sekarang banyak sekali keluhan dari peternak tentang kondisi peternakannya yang mulai menunjukan tren  kematian yang mulai meningkat.

    Gejala :
    ayam diam lesu malas bergerak, bulu kusam dan berdiri kotor, makan minum turun dratis, ayam mengantuk bergerombil di bawah lampu atau tempat minum, mencret berwarna merah.

    Kenapa dalam pakan sudah di beri coccidiostat tapi ayam masih terkena penyakit berak darah, ini kemungkinan hubungan dengan FI feed intake dalam satu koloni , jika nafsu makan turun asupan ransum turun maka otomatis jumlah coccidiostat yang masuk dalam tubuh  juga turun, sehingga tidak bisa mengkontrol pertumbuhan koksidia, tapi ini sudah masa lalu, karena sudah di larang abaikan…..



    Kenapa ayam sudah di vaksin cocidiosis tapi ayam tetap terserang berak darah, ini di mungkinkan karena tidak sesuainya genus eimeria dalam vaksin yang di lemahkan dengan yang menyerang saat itu, misal yang menyerang necantric lalu di beri vaksin dari tenella maka sakit tidak akan sembuh karena beda target jenis protozoa nya.

    Berak darah bisa menyerang ayam segala usia dan semua ayam tipe pedaging atau petelur, yang di sebabkan oleh organisme protozoa yang terbagi dalam 2 ordo :

    Ordo Coccidia :
    Genus Eimeria sp, Tyzzeria, Isospora, merusak dan berkembang biak dalam sell epitheel usus yang menyebabkan enteritis radang usus, yang di ikuti mencret berdarah karena sel yang pecah rusak hingga pembuluh darah di bawah luka, hingga berdarah.

    Ordo Hemosporidia :
    Plasmodium, Hemoproteus, Leucocytozoon, berkembangbiaknya protozoa dalam pembuluhdarah erytocyt, tapi sel darah merah yang masih muda juga bisa kena, pada ayam bisa menyebabkan malaria.

    Secara umum berak darah di sebabkan oleh genus eimeria, bisa yang tenella, necantric, brunetti, maxima, mitis, hagani dls

    Pengobatan :
    Penyakit ini sangat cepat menular. Ayam yang sakit wajib di karantina dan ayam yang masih menunjukan sehat tidak terserang penyakit juga wajib di berikan treatment pengobatan, artinya satu koloni kandang terserang 5% populasinya maka wajib semua ayam 100% wajib di obati semua.

    Jangan takut penyakit berak darah merupakan penyakit yang mudah untuk di sembuhkan, ikuti saja treatment pengobatan di bawah ini :

    Pengobatan skala 1000 ekor populasi ayam :
    1. Herbal Top :
    a. Kunyit 2 ons
    b. Temulawak 2 ons
    c. Brotowali 2 ons
    d. Sambiloto 2 ons
    e. Gagang dan daun sirih 2 ons
    f. Daun batang akar tanaman Patikan Kebo 2 ons
    Semua bahan di rebus dengan air 10 liter hingga mendidih lalu angkat dinginkan. Ambil sebanyak 5 liter untuk pagi hari dan 5 liter untuk sore/malam hari. Resep bisa di rebus hingga 3X baru ganti bahan rebusan yang baru.

    2. Probiotik PTPG2 Super Nutrisi dosis sesuaikan usia :
    Usia 1 – 7 hari : 50 ml/hari/1000 ekor
    Usia 8 – 14 hari : 120 ml/hari/1000 ekor
    Usia 15 – 21 hari : 230 ml/hari/1000 ekor
    Usia 22 – 28 hari : 250 ml/hari/1000 ekor
    Usia 29 – Panen : 350 ml/hari/1000 ekor
    Probiotik sebanyak dosis harian di atas di bagi 2 untuk di berikan pada pagi dan sore/malam.

    3. Antibiotika merk anticocy/cocy/maladex, D-Nox atau Toltradex dosis pengobatan sesuaikan di kemasan sudah di jelaskan aplikasinya atau gunakan obat dari intimitra yang ikut kemitraan broiler ndak papa, dosis sesuaikan seperti di kemasan obat.

    Aplikasi :
    Tuang Herbal Top 5 liter + PTPG2 Super Nutrisi + Antibiotika dalam satu ember, aduk semua hingga homogen, lalu tambahkan air segar sesuai kebutuhan, atau campuran di masukan toren tandon air dan nanti sore/malam lakukan seperti itu lagi

    Bagi yang kurang cocok dengan cara yang saya lakukan mencampur herbal top dan probiotik dan antibiotika obat kimia pabrik maka lakukan seperti ini :
    Antibiotik obat pabrik di pagi hari dan herbal top + probiotik di sore/malam hari.
    Jika yang anda tanyakan dari 2 metode di atas efektiv yang mana ?
    Jawaban haqul yakin saya mantap dan efektiv dan manjur yang di campur jadi satu
    kenapa bisa begitu ? Ini sudah merupakan solusi praktek lapangan yang di lakukan bertahun tahun.
    pilihan …… anda sendiri yang menentukan…..

    Aplikasi ini pemberiaan pagi dan siang atau 2X dalam sehari, dengan metode di atas dalam hitungan 3-5 hari ayam akan sembuh dengan cepat.

    Pencegahan :
    Jaga sanitasi kandang, sebab penyakit berak darah ini bisa di jadikan indikasi kalau yang punya ternak termasuk peternak tipe Kemproh crobo, kurang bisa menjaga kebersihan kandang Jarang melakukan program semprot kandang, misal dengan 9 air : 1 bayclen yang di populerkan oleh dokter Indro.

    Pakan tengik atau berjamur jangan sekali kali masuk dalam formula pakan, kalau tidak ingin berak darah menyerang peternakan anda kecuali di fermentasi dulu

    Selalu gunakan probiotik sebab effek fitofarmakanya bisa meminimalisir perkembangan organisme protozoa dan HT paling tidak seminggu 1-2 X anda berikan ke ternak dan berikan hijau daun yang mempunyai sifat pait misal daun pepaya

    \m/
    kipdefayer
    sluman slumun slamet
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252




    0 Response to "SOLUSI PENYAKIT BERAK DARAH SETELAH COCCIDIOSTAT DI LARANG"

    Post a Comment