DOMINASI FENOTIF BULU HITAM



    Pernahkah mengalami menyilangkan jantan dan betina berbulu hitam tapi keturunannya tidak bisa dominan bulu warna hitam ? bisa saja keluar bulu coklat, blue, putih ? Itu karena jantan dan betina yang anda gunakan bukan merupakan ayam yang bergenetik Homogen Homozygot/genetik baku/baka, tapi masih merupakan genetik Heterogen heterozygot/tidak baku/beragam.

    bulu hitam lebih dominan dari bulu putih, coklat atau blue. Bulu putih lebih dominan dari bulu coklat atau blue. Dan bulu coklat lebih dominan dari bulu blue. Sepertinya ini sudah merupakan genetik baku bawaan dari DNA-nya.

    2 indukan jantan dan betina yang sama sama merupakan genetik Homozygot akan menurunkan generasi anakan yang plek sama persis karakter fenotif maupun genotif seperti ke 2 indukannya, sama penampakan luar atau merupakan gabungan dan produktivitas baik telur atau daging di mungkinkan akan melebihi capaian ke 2 indukan yang homogen tersebut.

    Kelemahannya generasi turunan ini tidak akan bisa menurunkan anakan generasi baru yang sama seperti orangtuanya/ke 2 indukan. Kenapa bisa ? sebab anakan generasi ke 2 ini sudah berganti genetik heterogen heterozygot/beragam baik fenotif atau genotif. Generasi ke 2 ini jika di silangkan antar sesama peranakan akan menurunkan generasi anakan seperti yang di jelaskan dalam hukum mendel itu.

    Generasi keturunan ke 2 ini jika nekat di kembangbiakan lagi antar sesama anakan terus menerus akan mengalami penurunanan kualitas genetik baik produktivitas telur atau daging dan kumpulan genetik Lettal genetik pembawa kematian atau tingkat antibody/imunitas/daya tahan tubuh rendah berkumpul sehingga ayam anakannya akan mudah sakit disamping produksi telur dan daging makin rendah, peternak pasti akan bangkrut, seperti yang dialami oleh ayam old kresing dan arab dan elba.

    bumi ternak klaten