PEMERAH KUNING TELUR


                                           
      PE-MERAH KUNING TELUR

    Mungkin ada di antara teman-teman peternak pernah mengalami kejadian, disaat harga telur tinggi, tapi telur hasil ternakannya dihargai rendah. Alasan para bakul pengepul tersebut, karena kwalitas kuning telur kita rendah, kuning telurnya berwarna putih, bukan kuning, apalagi merah. Akhirnya kita pasrah menyerah dengan harga rendah. Jangan anda menyalahkan para bakul telur, mereka mengatakan apa adanya. Sebab mereka juga mendapatkan harga rendah jika kuning telur ke-putih-an, begitupun seharusnya jika kuning telur gradasi kemerahan/ orage,harus dapat harga nilai jual yang sedikit lebih mahal. Jadi jangan saling menyalahkan ya….ndak ada gunanya.

    Pigmentasi pembawa sifat warna kuning telur namanya Caroten atau disebut juga ProVitamin A. Banyak sekali bahan asal dari Caroten Nabati maupun Hewani. Gradasi paling nampak nyata ada pada Caroten yang berasal dari unsure hewani. Kenapa? Kesepuluh asam amino komplit yang sangat di perlukan ayam atau itik/ bebek ada padanya,sehingga memacu produksi telur lebih tinggi.

    Pembawa sifat warna pada Caroten namanya Xanthophyll, gugus ikatan Molekul Caro…… Ah… ndak usah terlalu ilmiah saja ya…yang terpenting segera mudah di pahami oleh rekan peternak dan mudah untuk di praktekkan. Oke……?

    Xanthopyll yang berasal dari nabati misalnya daun turi, lamtoro, kacang tanah, kedelai, kaliandra, alfalfa, marigold petal, jagung, alga sejenis rumput laut. Kunyit juga termasuk plus bungkil jagung. Urutan dari yang teratas kadar kandungan Caroten : Marigold 7.000 mg/kg, Alga/ rumput laut 2.000 mg/kg,Kunyit 1.200 mg/ kg, Alfalfa 280mg/kg, Bungkil jagung 200 mg/kg, Jagung 17 mg/kg.

    Xanthopyll yang berasal dari unsure hewani : Tepung Ikan kandungan protein 60%, energy 3100 kkal/ kg, lemak 9%, serat kasar 1%. Limbah udang protein 40%, lemak 1,4%, serat kasar 13%. Keong Mas protein juga tinggi kisaran 40 – 50%, belum lagi ikan runcah laut yang berharga murah tapi proteinnya 60%. Apalagi yang kurang….? Makanya banyak peternak bebek petelur dalam campuran pakan ransumnya menyertakan salah satu dari tiga yang di atas. Dan mutu kwalitas kuning telur gradasi warna kemerahan yang berarti mengandung Omega 3 dan Omega 4 yang sangat berguna bagi perkembangan otak.



    Xanthopyll natural di atas memang praktis untuk itik/ bebek, karena pemberian pakan system basah. Bagaimana dengan ayam yang pakannya model kering. Akan terasa ribet dan memakan banyak waktu.Jalan keluarnya trus gimana? Nih tak kasih bocoran ya…pakai saja konsentrat buatan pabrik yang di tujukan untuk bebek petelur. Macamnya banyak banget, ada maxbro, redgold, comfeed merah, CP144 dan KIP 333 dari pt wonokoyo. Semua sudah saya coba dengan hasil terbaik dan biaya termurah pakai KIP 333 buatan pt wonokoyo jaya corporindo Surabaya.

    Nah sekarang tinggal nyeting formula pakannya saja. Acuan yang dipakai teman-teman peternak mungkin satu dan lainnnya bisa berlainan, ini soal kemantepan saja dengan produksi telur yang diyakini yang paling bagus. Walaupun standar ilmiah protein harus sekitar 17 – 18%. Baiklah segera dibahas.

    Formula ransum pakan 1:1:1 ini berarti 34 kg jagung : 33 kg katul : 25 kg sentrat 124: 8 kg KIP 333 + mineral 2 – 4 kg. Kadar protein formula ransum ini 17,3 – 17,8%.

    Formula ransum pakan 2:2:1 artinya 40 kg jagung: 40 kg katul: 15 kg sentrat 124: 5 kg KIP 333 + mineral 2 – 4 kg. Kadar protein formula ransum ini 15 – 15,5%.

    Formula ransum pakan 4: 4:3 artinya 40 kg jagung: 30 kg katul: 22,5 kg sentrat 124: 7,5 kg KIP 333 + mineral 2 – 4 KG. Kadar protein formula ini 16,5 – 17%.

    Itu alternative formula pakan ransum ayam atau itik/bebek petelur, tinggal pilih salah satu mana yang paling bagus. Uji coba yang saya lakukan hasil terbaik pada formula 1:1:1, monggo mau pilih yang mana tidak harus ikut saya,meski hasil gradasi warna merah paling mencolok pada 1:1:1. Saya harap sudah di mengerti, di pahami dan mudah di praktekan.