REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK

    REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK Sesuatu yang baru, bisa terwujud, kadang kala di luar kehendak si pembuat, terbentuknya begitu saja terjadi tanpa perencanaan. Seperti Reaktor Digester Probiotik ini, ide pembuatan malah datangnya dari rekanan peternak. Pada postingan saya sebelumnya “ Herbal Top Penghancur Segala Penyakit Ayam “ dan “ Pendongkrak Bobot Kambing dan Sapi “ Metode pembuatan herbal dengan perebusan, hasilnya bagus tapi repot pada aplikasinya.

    Setiap hari mesti rutin merebus, perlu biaya dan tenaga berlebih. Makanya peternak berpikir bagaimana carannya agar pengerjaannya lebih praktis dan ekonomis. Sebenarnya bisa pak, cuman saya belum membuatnya. Pakai reaktor digester, eiit…malah suruh dibuatkan…hehehe……..
    Begitu sejarah terciptanya reaktor digester probiotik, unik, lucu…dan setelah jadi…paras wajah puas gembira dari peternak ini yang nilainya ndak bisa di hargai.Sayapun ikut bahagia melihatnya.

    REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK

    REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK

                                           
    PEMBUATAN REAKTOR DIGESTER

                            
    Tingkat kesulitan pembuatan reaktor pada skala sedang, yang terpenting harus tersedia bor mesin dengan segala ukuran mata bor, gergaji “U”, gergaji manual, alat pendeteksi kebocoran. Setelah semua siap, tinggal pengerjaannya, jangan takut salah, tidak jadi, bocor. Sing penting kerjakan dahulu, jadi atau ndak jadi kerjakan dulu. Semangat…semangat…semangat…

                                             BAHAN-BAHAN

    1. Satu buah drum plastik 150/ 250 liter
    2. Dop pralon 3 inn
    3. Scrap kran luar dalam ¾
    4. Kran air ¾
    5. Lem tahan air “Taglin”
    6. Selang plastik bening seukuran jari kelingking 70 cm
    7. Botol bekas aqua 1,5 liter
    8. Lakban
    9. Tali rafia
    10. Kayu reng sepanjang 2 meter

                               Tutup drum yang pertama di garap, buat lubang seukuran Dop pralon 3 inn, harus rata tidak boleh ada lubang meski hanya sebesar jarum. Jika masih bocor maka proses fermentasi reaktor digester tidak terjadi. Masukkan dop pralon pada lubang, olesi lem merata bagian atas dan bawah, merata melekat. Lalu buat lubang angin, bisa pakai bekas dop angin ban sepeda, lem dengan kuat bagian dalam dan luar. Selang plastik bening seukuran kelingking ditancapkan pada ujung dop angin.

                                 Bagian tampungan drum, pada bagian muka bawah di buat lubang kran. Ini adalah pengerjaan terpenting, biasanya kegagalan reaktor digester pada bagian ini. Setelah lubang terbentuk scrap luar dan dalam di pasang secara bersamaan denga di bantu pakai kunci inggris atau badut. Pada bagian dalam harus benar-benar kuat,olesi lem luar dalam. Dalam kondisi kering kran muka ¾ di pasang setelah diuliri selotif. Buat sekuat mungkin, jangan sampai air bisa merembes keluar, jika hal itu terjadi digester di anggap gagal. Bahan-bahan terpasang semua lalu drum di cuci bersih, keringkan. Nah………..proses pembuatan reaktor digester probiotik selesai, mudah tho…………………………….

                                                   BAHAN BAHAN HERBAL

    a. Kunyit atau kunir 6 – 8 kg
    b. Temulawak 2 – 3 kg
    c. Jahe 1 – 2 kg
    d. Daun sirih 2 – 3 kg
    e. Brotowali 2 – 3 kg
    f. Asem jawa 2 kg
    g. Gula jawa 2 – 3 kg
    h. Stater EM4 peternakan 1 – 2 liter
    i. Air segar 150 liter

                                                    LANGKAH PEMBUATAN

    1. Kunyit, temulawak, di cuci bersih tiriskan lalu di parut/ blender/ di gilingkan ke pasar. Tampung pada wadah besar lantas di peras di ambil sarinya, sampai air perasan menjadi bening. Hasil sari perasan di masukkan pada drum digester.

    2. Jahe, brotowali, daun sirih dirajang/dicincang lembut lalu direbus, pengulangan perebusan hingga air rebusan tidak berwarna coklat lagi. Setelah dingin air rebusan di masukkan drum digester.

    3. Asem jawa di buang isinya lalu di peras dioleni, hasil ulenan pertama berbentuk seperti bubur. Terus diuleni sampai tidak berbentuk bubur lagi.

    4. Gula jawa di sisir halus kemudian di masak hingga mencair semua, dinginkan, masukkan ke dalam drum reaktor digester probiotik.

    5. Stater EM4 peternakan di masukan dalam drum, lalu di tutup sangat rapat dengan lakban rangkap  berlapis 3 – 6 lembar lakban. 3kali pada pertemuan bibir tutup drum dan badan drum, 2 lapisan bagian atas dan 2 bagian lakban bagaian bawah. Lamanya waktu proses dala reaktor digester 14 – 20 hari, baru hasil herbal probiotik dapat di gunakan. Pengadukan reaktor digester lewat dop pralon 3 inn, setiap 3 hari sekali. Sedang gas yang dihasilkan keluar melalui selang plastik bening yang di masukkan dalam botol aqua 1,5 liter yang telah di isi air, sehingga gas dari dalam bisa keluar, tapi udara luar tidak bisa masuk ke dalam.

    Seandainya semua bahan herbal dapat di hancurkan atau di lembutkan, maka tinggal memeras lalu dimasukkan dalam reaktor digester semua bahan herbal ke dalam digester , hasil perasan dan ampas dari herbal. Hasilnya lebih bagus di bandingkan kalau Cuma perasan yang di masukkan.


                                         ATURAN PAKAI

    Ayam dan itik/ bebek : 5 - 10 ml tiap 1 liter air, dapat di pakai setiap hari, ini untuk dosis pencegahan Sedang untuk pengobatan saya sarankan tetap memakai aturan dalam postingan “Herbal Top Penghancur Segala Penyakit Ayam “ Pakai metode perebusan.

    Kambing : Untuk kambing lebih mujarab sistem “ cekok “ saja seminggu sekali 100 ml untuk seekor kambing, untuk yang masih kecil dosis setengahnya

    Sapi dan kerbau dan kuda : 500 ml seminggu sekali, model cekok juga. Sebenarnya dengan di campurkan ke komboran juga bisa, tinggal di sesuaikan saja. Untuk lebih jelas buka postingan saya “ Pendongkrak bobot kambing dan sapi “

    Jika masih kurang jelas juga buka blog saya: BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM  Sekedar infomarsi harga 1 set reaktor digester probiotik Rp 400.000. Sedang harga eceran hasil probiotik herbal Rp 10.000 per liter. Jangan bandingkan dengan harga probiotik produk lain, harganya pasti njomplang. Pertimbangan saya sih Cuma saling menolong, masa sesama petenak saling memeras, menipu, mana hati nuranimu….? Begitu selamat mencoba……………

                                              KEUNGGULAN PROBIOTIK
    •  FCR ( feed conversi rasio ) lebih baik.
    • Tingkat digestibel/ ketercernaan lebih sempurna.
    • Asupan pakan lebih irit.
    • Uji tantang antibody/ ketahanan daya tahan tubuh lebih baik.
    • Produktivitas lebih unggul
    • Lama/ waktu pemeliharaan ternak potong lebih singkat
    • Periode produksi telur dan susu makin panjang.
    • Cemaran kontaminasi antibiotika bisa di minimalisir
    • Harga probiotik buatan saya lebih murah
    • Harga Reaktor Digester Probiotik berani bersaing.
    Sambil berjalannya waktu nanti rekan peternak akan menemui keunggulan- keunggulan probiotik yang belum saya ungkapkan. Nah….tugas Njenengan untuk menguaknya…………Suwun…