PROBIOTIK PERTANIAAN PRODUK BUMI TERNAK

    PROBIOTIK PERTANIAAN PRODUK BUMI TERNAK. Ke tiga produk pertaniaan ini tidak harus di semprotkan terpisah , tapi bisa di campurkan pada satu kali penyemprotan tanpa mempengaruhi fungsi kegunaan masing masing produk.

                                           PROBIOTIK TOTAL HAYATI ( PTH )

    BAHAN :
    1. Daun gamal /teresede 5 kg
    2. Kunir/kunyit 5 kg
    3. Buah pisang 5 kg
    4. Sayur buncis 5 kg
    5. Kecambah/tokolan 5 kg
    6. Buah papaya 5 kg
    7. Buah mojo 5 kg
    8. Tanaman kiriyu 5 kg
    9. Sepet kelapa muda 5 k
    10. Rebung bamboo 5 kg
    11. Bonggol pisang 5 kg
    12. Ikan laut 10 kg
    13. Susu sapi segar 5 liter
    14. Air leri
    15. Air kelapa
    16. Urin sapi bunting
    17. NPS 5 liter
    18. Gula jawa 7 kg
    19. Molasses 3 kg

    CARA PEMBUATAN :
    1. Daun gamal, kunyit, pisang, buncis, nanas, kecambah, papaya, mojo, kiriyu, rebung bamboo, bonggol pisang di blender halus, pisahkan pada masing masing wadah + air kelapa 5 liter + urin 5 liter + gula 0,5 kg, pada tiap tiap bahan lalu peram 2 minggu .
    2. Sepet kelapa potong kecil kecil + air kelapa 5 liter + urin 5 liter + gula 0,5 kg, peram 2 minggu
    3. Susu sapi + NPS + air leri 10 liter + gula 0,5 kg peram 2 minggu
    4. Ikan laut, bersihkan sisik dan jeroaan cuci bersih, lalu kukus 30 menit terhitung sejak air mendidih, dinginkan blender + air kelapa 5 liter + urin 5 liter peram 2 minggu.
    5. Setelah 2 minggu semua bahan pengisi dip eras dan di saring masukan dalam digester utama tambahkan molasses 3 liter peram 21 hari.

    Dosis pakai 1-2 gelas/tangki semprot 15-17 liter
    , harga 15rb/liter
    PTH belum di komersilkan masih dalam tahap ujicoba
    tunggu saja info selanjutnya

    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252




                                                             BIO PESTISIDA

    Formula di bawah nanti yang akan saya paparkan , bukan merupakan formula paten yang harus seperti itu. Bisa saja berubah ubah setiap saat ,jika ada penemuan baru lagi tentang bahan  atau tanaman atau daun atau umbi yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit yang menyerang.

    Dan sayapun ndak akan menerangkan fungsi dan kandungan zat atau senyawa pada masing masing bahan. Nanti ndak malah ribet, bagi anda yang suka dan yakin, tinggal mempraktekan saja dan hasil praktek anda tidak harus sama persis hasilnya dengan yang saya buat.

    Senyawa dan zat zat dalam masing masing bahan nanti sudah terpetakan sendiri sendiri fungsi dan kegunaannya dan sudah melalui berulang kali uji lapangan yang di lakukan sendiri ataupun di lakukan oleh teman teman yang lain, tapi kan ndak harus saya buka semuannya.

                                                    BAHAN BAHAN

    1. Daun dan gagang sirih
    2. Wit Ulo atau tanaman ular
    3. Daun dan akar sere
    4. Tanaman Kiriyu
    5. Buah Mojo
    6. Umbi kunyit/kunir
    7. Daun Mindi
    8. Umbi laos
    9. Daun Kamboja
    10. Tanaman Suren
    11. Buah Bintaro
    12. Tanaman Kluwak
    13. Daun Sambiloto
    14. Tanaman ki pait
    15. Mengkudu/pace
    16. Dddaun sirsat
    17. Gula jawa 5,5 kg
    18. Tetes/molasses 3 liter
    19. NPS 3 liter
    20. Urin total 72,5 liter
    21. Air kelapa total 77,5 liter





                                              CARA PEMBUATAN

    Masing masing bahan 2-3 kg kecuali kunyit 5-10 kg, di tumbuk halus atau di parut ,di peram pada tempat wadah sendiri sendiri + air kelapa 2,5 liter dan urin 2,5 liter + gula jawa 3 0ns,  kecuali untuk kunyit air kelapa sebanyak 10 liter dan urin 10 liter + gula jawa 1 kg peram selama 2 minggu.

    Setelah melewati masa peram 2 minggu maka masing masing bahan dip eras di ambil airnya saja lalu masukan dalam tabung digester dan semua bahan sisa lain yang belum di masukan ,ikut di masukan juga bersamaan dengan hasil perasan. Fermentasi selama 21 hari dan digester jangan sampai bocor. Mungkin ada yang bertanya Tanya kenapa saat peram pada tahap pertama harus pada wadah sendiri sendiri ? Ini di maksudkan adag bakteri MO pada masing masing bahan berkembang dulu tersendiri, pada tahap tertentu baru bisa di jadikan satu ,

    Jangan ada berpikir hanya zat zat atau senyawa dlam bahan saja yang merupakan medium penyembuhnya, tapi kandungan bakteri MO pada masing masing bahan kan beda beda dan punya kegunaan fungsi yang beragam pula. Ingat bakteri MO pada sebagian jenis mempunyai fungsi untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit.

    BIO PESTISIDA ini bisa untuk mengatasi penyakit Wereng, walangsangit, kresek, sundep, bang, dan semua jenis ulat ulatan di daun maupun di akar, pengerek batang dll

    Dosis pake 1-2 gelas per tangki semprot kapasitas 15-17 liter, interval semprot seminggu sekali atau saat penyakit menyerang dan bisa di barengkan penyemprotan  antara RATPRO, Probiotik Total Hayati/PTH.
    harga BIO PESTISIDA Rp 15rb/liter kemasan 10 liter dan 25 liter
    , harga 15rb/liter.

    Grup facebook : ayam kresing
    3 AKS
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id
    hp : 085229779252


      RAT PRO PROBIOTIK OBAT PENGUSIR HAMA TIKUS

    Probiotik RAT PRO , khusus tercipta buat mengusir populasi hama tikus, bukan membunuh tapi mengusir tikus dari areal persawaan kita. Jadi akan lebih ekfektif jika penggunaan nya bersama sama dengan petani lain dalam satu areal bulak/tegalan sawah.


    Pada  RATPRO G2, generasi ke 2 ada senyawa sianida yang membuat tikus keracunan akhirnya mati, bahan sama seperti RATPRO G1 generasi 1 hanya di tambahkan bahan pengisi sumber sianida.

    Bukan hanya pindah dari satu areal bulak ke areal bulak yang lain. Petani harus kompak, pake berbarengan sehingga tikus benar benar terusir dari bulak.

    Pencegahan system gropokan dan di racun sangat tidak ekfektif, yang pengoposan juga kurang bagus hasilnya , makanya masih banyak padi yang di biarkan puso gagal panen hanya gara gara tikus.

    Sistem predator burung hantu bagus sebenarnya, hanya mau pake seberapa banyak burung hantunya ?
    Disamping mahal juga ada kemungkinan di tembak pemburu tidak bertanggungjawab.

    Makanya dengan kendala di atas, terciptalah obat probiotik RAT PRO ini.

    BAHAN
    1. Jengkol 2 kg
    2. Kulit dalam duren 5 – 10 kg
    3. Buah Mojo 2 kg
    4. Brotowali 2 kg
    5. Daun Mindi 2 kg
    6. Sambiloto 2 kg
    7. Daun Tembakau 2 kg
    8. EM4 2-3 liter
    9. Ragi Tape 3-4 bungkus
    10. Gula 2 kg
    11. Tetes tebu molasses 1- 3 liter
    12. Air segar 150 liter+ bahan dan proses pembuatan tidak boleh di ubah ubah samasekali.

    PROSES PEMBUATAN
    Tahap I :
    1. Bahan dari no 1 hingga 7 di hancurkan, masukkan masing masing pada tempat tersendiri, jangan di campur. Lalu beri air segar masing masing 5 liter, kecuali duren 15 liter.
    2. Beri gula tiap 5 liter air 10 sendok makan, pada duren beri gula 30 sendok makan
    3. Tempat peram di bungkus rapat ndak boleh bocor ,ndak boleh kena sinar matahari selama 2 minggu dan setiap 3 hari sekali di buka diaduk aduk dan di buang gasnya.




    Tahap II :
    1. Setelah 14 hari saring , pemeraman tahap I , masukkan hasil cairan saringan dalam drum digester
    2. Ampas hasil saringan ,setelah di jadikan satu beri 20 liter air ,masak hingga mendidih, setelah dingin masukan dalam digester.Kemudian masak kembali sekali, dan hasil masakan dimasukan dalam digester lagi setelah dingin.
    3. Masukan EM4, Gula, Tetes molasses, peram 21 hari, baru probiotik RAT PRO bisa di gunakan.

    Aplikasi :
    Setiap
    tangki semprot kapasitas 14-15 liter, beri probiotik RAT Pro 200- 300 ml. 2-3 gelas.
    Model semprot, dari bawah kar tanaman lalu batang dengan ujung semprot mengarah ke atas lalu semprot bagian atas tanaman sekilas saja dengan system kabut.

    Lakukan penyemprotan
    pertama kali 2 hari berturut turut pada sore hari, lalu interval semprot 7-10 hari sekali, atau tergantung tingkat serangan tikus.  Jika habis di semprot ,turun hujan,maka ke esok harinya harus di semprot ulang,karena cairan probiotik RAT PRO bisa terbawa air hujan.

    Yang perlu di ingat usahakan proses penyemprotan di lakukan secara serempak, sehingga hama tikus benar benar bisa lari jauh. Jika penyemprotan hanya di lakukan sendiri, populasi tikus tetap banyak, tapi tidak menggangu padi yang telah di semprot. Hanya sayang,lahan padi yang tidak di semprot menjadi sasaran amuk gerombolan hama tikus.

    Probiatik RAT PRO bisa di aplikasikan untuk semua usia tanaman, saat pembuatan bibitpadi ,lahan di semprot RAT PRO dan benih padi yang telah di tebar semprot kabut agar tidak dimakan tikus dan burung. Agar lebih irit, semprot probiotik RAT PRO saat di duga hama tikus akan datang menyerang.

    Harga probiotik RAT PRO Rp 15.000/liter

    Probiotik RAT PRO juga bisa di fungsikan untukmengusir hama keong mas, semprotkan saja pada lahan bagian bawah secara merata. Maka keong yang mau masuk ke areal lahan, lalu pergi ndak kuat kena effek RAT PRO, sedang yang sudah terjebab dalam areal sawah keong mas akan mati, tinggal di benamkan saja untuk pupuk organic.

    Grup facebook : ayamkresing
    3 AKS
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    HP 085229779252