KANIBALISME BUBULDAN LUMPUH PADA AYAM ITIK

    KANIBALISME BUBULDAN LUMPUH PADA AYAM ITIK

    Ketiga penyakit atau kelainan di atas yang biasa menimpa pada peternakan ayam dan itik, terjadi dan selalu berulang terus. Coba nanti kita bahas bersama metode untuk mengatasinya.

                                                                  KANIBALISME

    Adalah suatu peristiwa di mana ayam saling mematuk sesamanya, yang terkadang jika anak kandang tidak memperhatikan menimbulkan kematian lumayan banyak kisaran 10 – 15 %. Pada anak-anak ayam biasanya yang di patuk adalah jari-jari kaki dan dubur, sedang pada ayam yang sudah dewasa biasanya pada dubur, ekor, jengger dan bulu-bulu muda yang baru tumbuh.

    Ini terjadi biasanya karena kapasitas kandang yang terlampau penuh over crowded, ayam kekurangan jatah makan dan minum sehingga merangsang untuk saling mematuk, karena cahaya masuk terlalu terang sehingga bulu-bulu muda yang transparan dan memantulkan cahaya menarik perhatian ayam untuk mematuknya. Pada kandang boks atau model postal untukmencegahnya bisa di buat suasana kandang yang agak temaram cenderung gelap. Atau bisa juga karena sifat genetic bawaan ayam yang sifatya menurun, untuk ini hanya bisa di atasi ayam yang menunjukkan sifat kanibalisme di keluarkan dari kandang dan tidak di pakai untuk Indukan yang di ambil keturunannya.

    Tindakan pencegahan yang wajib di lakukan  saat kanibal telah terjadi adalah memisahkan ayam itik korban kanibal pada kandang karantina, bagian luka di olesi dengan tinta cina hitam, setelah kering baru dimasukka ke kelompoknya kembali. Hindarkan mencampur dalam satukandang ayam yang berbeda umur, jangan memasukkan ayam yang telah lama di pisah kandang kembali pada kandang lama, usahakan cahaya matahari terus menerus masuk kandang, ini sebenarnya dilematis, sebab sinar matahari sangat di perlukan untuk pertumbuhan, meski memang kalau berlebih resikonya terjadi kanibalisme.

    Lakukan  tindakan Debeaking pada saat umur anak ayam 2 – 4 minggu untuk mengeliminir tingkat stress yang terjadi. Jika tidak punya alat debeaking pakai saja trickyang saya lakukan, murah meriah dan ekonomis, daripada beli mahal….Sediakan alat potong kuku yang biasa kita gunakan dan alat solder…..

    Anak ayam di pegang , buka muludnya bagian atas dulu baru kemudian yang bawah, potong ujung paruh 2/3 atau 1/3 dari ujung. Setelah terpotong kita tempeli ujung paruh yang berdarah dengan solder yang telah kita panaskan.  Solder harus sering di bersihkan dari darah yang telah mongering, kalau tidak menggangu proses hantar panas. Kelar dengan potong paruh beri supplement vitamin dan herbal top dan probiotik buatan sendiri yang pernah saya jelaskan. Jika ada rekan yang baru baca kali ini bisa mencari DOKumen arsip di grup facebook  AYAM KRESING SUPER dan blog BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM


                                                                           BUBUl/BUMBLE FOOT

    Penyakit infeksi yang menyerang pada telapak kaki ayam dan itik. Awal mula terjadi karena luka atu goresan pada kaki yang di biarkan sehingga kemasukkan bakteri Staphylococcus sp.

    Tanda-tandanya telapak kaki membengkak panas bersisik, berbau busuk dan saat di bedah berisikan benda seperti batu. Ayam jalanya jadi pincang dan sering kali selalu di angkat. Beri litter yang halus atau sekam yang tebal dan tenggeran ayam jangan tajam dan ada pakunya.

    Tindakan pencegahan dan pengobatan yang mesti di lakukan : cuci kaki yang bengkak dengan air hangat di campur garam atau basuh dengan alcohol. Lalu sobek bagian yang bengkak dengan pisau yang sangat tajam mengarah ke dengan urat-urat kaki, lantas keluarkan bagian yang bernanah mengeluarkan eksudat busuk. Setelah di rasa bersih kaki ayam di bersihkan dengan Antisep, Mercuro chroom, yudium tentur atau Alkohol.Balut luka dengan perban dan tempatkan ayam pada kandang boksatau panggung agar luka tidak bersentuhan dengan tanah, kalau luka sudah kering perban di buka ,ayam bisa di campurkan ke kelompoknya lagi.

                                                                        LUMPUH

    Penyakit ini sebenarnya ada hubungannya dengan resiko yang di akibatkan oleh pengaruh kandang produksi model battery. Pembahasan di jadikan satu saja ya biar tidak selalu di ulang terus menerus nanti jadi pada bosen.

    Beberapa jenis penyakit ayam yang dipelihara dalam kandang battery :

    KELUMPUHAN

    Kelumpuhan pada ayam yang di tandai ayam Cuma duduk terus tidak bisa makan dan minum, seringnya kaki ayam terjepit di antara jeruji banbu. Bila terjadi beberapa hari dan di biarkan saja maka ayam akan jadi kurus, sakit akhirnya mati.

    Biasanya kelumpuhan terjadi pada saat ayam pada puncak produksi telur. Sebab terbesar karena kesalahan saat pemeliharaan Pullet, masa Grower I dan Grower II. Pada saat ini terjadi  perbanyakan dan pembesaran ukuran sel. Minggu ke 6 dan 7 merupakan puncak pembentukan kerangka tubuh, 80% sudah masuk dimensi akhir. Pada minggu ke 12 kerangka tubuh telah mencapai ukuran maksimal. Jika di atas umur 12 minggu kerangka belum terbentuk sempurna,akan sangat sulit untuk mencapai targrt standart yang di harapkan. Minggu ke 14, ini yang penting mohon di perhatikan karena berhubungan dengan kelumpuhan. Minggu 14 ini perkembangan pesat organ reproduksi dan juga Medularybone, bagian tulang yang berfungsi menyimpan cadangan Kalsium untuk pembentukan kerabang telur. Nah jika saat pullet pemeliharaan kurang baik,lantas cadangan kalsium yang terbentuk kurang mencukupi maka saat produksi tinggi, simpanan kalsium tidak mencukupi,maka cadangan kalsium karena di samping untuk pembentukan kerabang telur  juga untuk kekuatan tulang tersebut, kalau tetap tergerogoti  terus menerus, akan terjadi Osteoporosisi
    tulang rapuh sehingga ayam atau itik mudah mengalami kelumpuhan

    Untuk mengatasi hal ini, maka kadar kalsium pada ransum pakan perlu di tingkatkan.Pada kasus individual, ayam yang sakit di beri obat kimia Ostelin sesuai dosis yang tertera, ayam juga di cekok dengan susu murni/susu kental manis 15 ml, 3 X sehari, ayam juga di sendirikan agar tidak terinjak injak ayam lain.Beri herbal top…..dan probiotik.

                                                                 BOTULISM

    Peristiwa keracunan ini biasanya menyerang pada ITIK BEBEK, kondisi sangat lemas lemah dan lumpuh, pada yang sudah parah leher itik yang panjang menjadi lumpuh mudah terkulai. Penyakit ini di sebabkan oleh racun  yang sangat banyak di produksi oleh organism renik Clostridium botulismus
    racun
    ini kebanyakan terdapat pada bangkai daging hewan, sayuran dan sisa pakan yang telah membusuk. Organisme ini berkembangbiak dan memproduksi racun, sedang ulatnya sendiri, saya ulangi sedang ulatnya sendiri seandainya termakan tidak menjadi racun bagi bebek itik.

    Tingkat kematian rendah, tapi dalam hal yang sangat exstrem angka kematian dapat mencapai 95%
    Gejala awal bebek kelihatan idiot, lemas, duduk, sayap turun dan kaki lemas. Diare putih cair mulai terjadi . Gejala umum yang paling sering terjadi kelumpuhan pada leher sehingga otot otot seperti tidak berotot. Sedang jika sudah exstrem bulu-bulu leher akan terkelupas.

    Penularan terjadi jika bebek memakan ulat yang sedang menjadi media perkembangbiakan jasad renik organism , sehingga bebek menjadi keracunan sedang ulatnya sendiri jika sudah di cuci bersih tidak akan menularkan penyakit.

    Pencegahan yang di lakukan dengan manajemen sanitasi biosekuriti dan program karantina yang baik dan kontiyu. Bangkai, sisa sayur dan pakan dipagi hari wajib untuk di buang, jangan sekali sekali di berikan kembali kepada bebek itik.

    Pengobatan yang dapat di lakukan segera berikan obat Laxantive atau yang organic berikan Tetes/
    Molasses
    50 cc campurkan dalam 15 liter air atau air kelapa yang di oploskan dengan tetes selama 1 – 2 hari atau berikan Epson 25 gram per 1 liter air.

                                     Mati mendadak karena hati yang terlalu berlemak

    Ungkapan ayam mati mendadak sebenarnya tidak benar, ayam sudah menunjukan tanda tanda sakit tapi dibiarkan saja. Tapi bila terlalu kegemukan sehingga organ dalam terbungkus oleh lemak missal jantung, hati, usus dan rongga rongga tubuh, maka kesalahan pada nilai nutrisi pakan yang terlalu berlebihan, di samping boros juga menimbulkan penyakit

                                               KOTORAN CAIR

    Kotoran cair sendiri sebenarnya tidak menggangu kesehatan , hanya Amoniak yang di hasilkan jika tidak tepat perlakuannya di mungkinkan menggangu produksi. Air minum yang mengandung garam memicu ayam selalu minum terus. Jika kadar amoniak sudah menyebar dalam areal kandang maka penyakit Drop acites segera mengancam. Penyakit apakah itu ? sudah pernah saya jelaskan pada paparan di sub judul yang dokumen yang lain….cari sendiri ya

    3 Responses to "KANIBALISME BUBULDAN LUMPUH PADA AYAM ITIK"

    1. tinta cina hitam itu belinya di toko apa mas? apakah fungsinya sama spt betadine mas?

      ReplyDelete
      Replies
      1. toko alat tulis
        kalau pake betadin malah warna jadi coklat kemerahan jadinya makin semangat ayam lain matuki.....makanya di kasih tinta cina biar warna hitam tidak menarik ayam lain

        Delete