FERMENTASI AMPAS TAHU

    FERMENTASI AMPAS TAHU

    Pembahasan tentang fermentasi katul dan ketela pohon sudah pernah saya ulas panjang lebar. Saya anggap keterangan pada ke dua fermentasi di atas, dapat menjadi referensi pada fermentasi ampas tahu kali ini.

    Ampas tahu, limbah dari pembuatan tahu,jumlah berlimpah dan belum di maksimalkan pemanfaatannya untuk pertumbuhan ternak. Dengan teknologi sederhana peram fermentasi maka ke unggulan nilai nutrisi ampas tahu dapat di maksimalkan. Yang bisa di manfaatkan bukan hanya ampasnya tapi juga air rendaman kedele bahan dasar pembuatan tahu dan tempe.

    Prinsip pemahaman tujuan utama proses fermentasi ini adalah meningkatkan TDN Totalt Digestible Nutrient, mengurangi serat kasar sehingga total nutrisi yang terserab saat absorsi nutrisi di organ pencernakan bekerja maksimal, bahan limbah sebagai kotoran prosentase yang di buang turun.

    Apakah proses fermentasi ini meningkatkan prosentase protein ? Itu sudah pasti, tapi tidak bisa di sama ratakan pada setiap ujicoba, dengan pertimbangan asal kualitas bahan yang berbeda.

    Yang jelas, protein asal ampas tahu dengan di bantu mikroorganisme kapang yeast di ubah menjadi Asam Amino, terutama Lisin dan Metionin. Juga di ubah menjadi Enzim, Hormon pertumbuhan, mineral multivitamin dan Antibiotika alami.

    Pada lingkup kampus, fermentasi ampas tahu telah di teliti sebagai bahan pakan subtitusi, yang masuk dalam formula pakan dari 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, bahkan hingga 40%. Dan memberikan hasil semakin bagus pada campuran 40%, FCR turun dengan hasil bobot akhir yang tidak berbeda jauh dengan bahan pakan basal pabrikan.

    Kenaikan protein kisaran 5% - 15% setelah fermentasi dengan pembeda bahan asal.

    Nilai nutrisi ampas tahu :
    • protein  : 24,5%
    • serat kasar  : 23,6%
    • fat  : 10,2%
    • abu  : 3,51%
    • BETN  : 38%
    • Ca  : 1,1%
    • P  : 0,88%
    • Energi Metabolisme : 2830 Kcal/kg


    Bahan :
    1. Ampas tahu 25 kg
    2. Ragi tape 5 -7 butir atau Ragi tempe 2-3 lembar
    3. Mineral B12 atau mineral feed supplement A Medion 0,5 kg

    Pembuatan :
    1. Ampas tahu di peras kadar airnya hingga akas pero saat di kepal sudah tidak keluar air lagi, lalu masukkan dalam kukusan , masak 30 menit sejak air mendidih lalu dinginkan, hamparkan ke lantai.
    atau ampas tahu di kocori air panas 2 liter tiap 25 kg ampas tahu,lalu tutup rapat biarkan 10-15 menit lalu ampas tahu dip eras kembali.Hasil terbaik tetap yang di kukus…….

    2. Ampas tahu hangat tipiskan sebar merata , sebarkan mineral dan ragi tape lalu aduk adukmerata ,baru masukkan dalam plastic drumatau ember peram 2-3 hari hingga keluar bau wangi, proses fermentasi selesai.Jika tidak di keringkan, tetap simpan dalam drum ambil sedikit sedikit untuk di berikan ke ternak, ini bertahan hingga 1 minggu asal kedap udara. Atau setelah di peram selesei ampas tahu di keringkan atau di oven hingga bisa di simpan 2 bulan.

    Dokumen makalah ini nanti ada hubungannya dengan dokumen makalah Pakan Alternatif Untuk Unggas Petelur Pedaging dan Untuk Pakan Ruminansia Domba Kambing dan Sapi.