CARA MEMBUAT KONSENTRAT PABRIK


    CARA MEMBUAT KONSENTRAT PABRIK
    Sebelum membahas cara membuat konsentrat pabrik, harus kita satukan dulu persepsi tentang apa itu “ makanan komplit “ dan “ konsentrat “ Definisi ke duanya kadang saling rancu, sehingga menimbulkan kesalahpahaman.  Sebelumnya, nanti saya kemungkinan akan menyebut pakan merk tertentu atau obat-obatan, feed supplement , dan nama brand pabrik tertentu. Bukan di maksudkan promosi atau men-diskredit-kan, tapi agar mudah penyebutannya dan tanpa tendensi apapun.

    Makanan komplit adalah Makanan siap saji, siap santap, untuk langsung di berikan kepada ternak tampa perlu lagi perlakuaan tertentu. Kandungan nutrisi telah dibuat ideal menurut tingkatan periode pemeliharaan dan nilai nutrisi telah disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak berlebih ataupun kurang, sebab masa Grower jika nilai nutrisi tidak sesuai kebutuhan ,maka pada masa Finister atau Layer produksi telur tidak bisa maksimal. Misal : BR1, BR2, ADI, ADII, makanan Ruminansia P11 atau 521, PAR-S  dan masih banyak lagi.

    Konsentrat adalah makanan dengan kadar protein tinggi 32% untuk ayam dan 38% untuk bebek atau  itik. Dalam hal ini peternak tinggal menambahkan jagung dan katul,. Kenapa di buat dengan kadar protein tinggi? Ini di maksudkan untuk merahasiakan komposisi formula bahan pakan yang di ramu. Tapi jangan kuatir, nanti kita bedah, kita buka bersama formula yang di rahasiakan oleh pabrikan tersebut.

    Nah saya rasa sekarang sudah cukup jelas perbedaan makanan komplit dan konsentrat, jangan salah mengartikan lagi ya…Untuk lebih komplitnya,alangkah baiknya jika rekan peternak membuka blog saya :bumiternak-betha.blogspot.com dan grup facebook ; ayam kresing super

    Bentuk ransum makanan ayam dan bebek atau itik ada tiga macam jenis yang kudu di pahami terlebih dahulu, apakah itu, simak di bawah ini :

    Bentuk makanan halus atau Mash adalah keadaan keseluruhan ransum dalam kondisi berbentuk tepung halus. Biasanya untuk campuran pakan pada ternak yang sudah berproduksi. Karena halus maka ayam tidak bisa lagi pilih-pilih dengan makanan yang di sajikan, sehingga feed supplement otomatis langsung termakan.

    Bentuk makanan pecah halus atau Crumble adalah mbentuk makanan yang sebelumnya sudah di bentuk berbutir tapi setengah di giling kembali untuk memecah bentuk makanan berbutir menjadi setengah pecah campur halus dengan butiran. Misal BR I, BR II, 521, PAR-S. Biasanya untuk jatah konsumsi anak ayam atau untuk ayam potong.

    Bentuk makanan butiran utuh atau Pellet adalah bentuk makan modifikasi dari bentuk Crumble dan Mash. Biasanya yang berbentuk butiran utuh ini yang paling di sukai oleh ternak, hanya kelemahannya sering terjadi peristiwa Canibalisme sesame ternak.

    Dasar pemahaman ini memang harus clear dahulu sebelum menginjak pembahasan lebih jauh. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang tidak perlu.



    Sekarang kita bedah tuntas rahasia komposisi formula konsentrat pabrik itu…Yang kita bahas kali ini khusus untuk konsentrat ayam dan bebek atau itik saja, takutnya nanti kalau tidak di batasi, pembahasan bisa melebar kemana-mana.

    Bahan yang biasanya di pake buat meramu  Tepung Ikan, Bungkil Kelapa, Bungkil Kedelai, MBM(meat bone mill), Rape Seed, Poltry by produkc, Tepung Daun, DL-Metionin, tepung bulu, minyak nabati, bungkil kelapa, pollard, bungkil kacang tanah, canola, tepung daun, vitamin, calcium, fosfat, dan trace mineral.

    Yang jadi pertanyaan adalah…apa lantas ke semua bahan pakan di atas dipakai? Tentu saja tidak, jika kita selalu mengikuti pabrik lalu mamaksa diri berbuat seperti pabrik besar. Itu sungguh tindakan yang sangat konyol, tidak melihat dengan kemampuan diri sendiri. Mungkinkah dana cadanganmu, sekuat pabrik besar? Realis saja, jangankan mendatangkan bahan pakan dari luar negeri, sedang mendatangkan dari luar pulau saja kita kelimpungan.

    Dasar pemilihan kita untuk menentukan bahan pakan mana yang di pilih untuk menyusun konsentrat adalah produk local, stock terjamin, murah di harga, dan mutu nutrisi yang mumpuni. Ini memang terlalu idealis Nasionalis, ke depan, bangsa yang tidak bisa menyediakan keperluaannya sendiri maka selamanya akan selalu di dikte bangsa lain. Yang bisa bertahan adalah yang punya visi kemandirian berdikari dalam bekerja.

    Dengan pertimbangan harga, kenapa produck dari PT Charoen Pokphand lebih mahal di bandingkan dengan produck PT lain? Sebabnya PT Charoen Pokphand dalam susunan formula pakan ransum masih di sertakan Tepung Ikan, sedang PT yang lain hanya menggunakan MBM(meat bone mill) dan Poultry by produck, dan bahan yang lain, tidakmenggunakan lagi Tepung Ikan.

    Maka dalam praktek nyata di peternakan, bebek petelur yang pakai produck PT Charoen Pokphand berat dan besar telur lebih unggul di banding PT lain. Inilah perbedaan hasil tepung ikan dan MBM. Kenapa bisa begitu ? saya sendiri juga belum mengerti sebabnya…ini bagian para pakar untuk menelitinya….

    Sedang keunggulan  PT Japfa Comfeed, PT Wonokoyo pada hasil pewarnaan gradasi kuning telur agak kemerahan. Di mungkinkan adanya penambahan Caroten Xanthophil sintetis pada formulanya.
    Silahkan di pilih mau yang telur besar atau yang gradasi kuning telur kemerahan.

    Sama sama Crude Protein 38% tapi beda penyusun bahan pakan, hasil akhir di produksi jadi sangat berlainan sekali. Misalnya begini, CP 38% penyusun ransum dominan protein nabati dengan penyusun ransum dominan protein hewani, tentu produktivitas bagusan yang penyusun ransum pakai yang dominan protein Hewani. Di karena kan susunan Asam Amino protein hewani lebih komplit di bandingkan asam amino protein nabati/ tumbuhan.



    Sekarang coba kita buat formula konsentrat Ayam :
    Bungkil kedelai : 33 kg
    Bungkil kalapa  : 43 kg
    Tepung ikan      :   7 kg
    MBM                  :   7 kg
    Tepung daun    :    5 kg
    Top mix             :    2 kg
    Minyak ikan      :    3 kg

    Crude protein : 32,52 %, Energi Metabolisme : 2435 Kcal/kg.  Sebagai pembanding saya cantumkan konsentrat 124 produksi  PT Charoen Pokphand : Crude protein : 30-32 % sedang Energi Metabolisme: 2400 – 2700 Kcal/kg

    Dan konsentrat untuk Bebek dengan formula sebagai berikut :
    Bungkil kedelai : 28 kg
    Bungkil kelapa  : 29 kg
    Tepung ikan      : 17 kg
    MBM                  : 17 kg
    Tepung daun     :   5 kg
    Minyak ikan       :   2 kg
    Top mix              :    2 kg

    Crude protein : 38,58 %, Energi Metabolisme : 2538 Kcal/kg, sebagai pembanding konsentrat 144 produksi PT Charoen Pokphand, crude protein :37 – 39 %, Energi Metabolisme saya belum mengetahuinya.

    Saya tidak mewajibkan rekan rekan semua harus memakai formula saya, itu hanya sebagai contoh saja, karenanya kandungan lemak, abu, serat kasar, dan bahan kering saya tidakmenghitungnya. Satu lagi pembanding saya cantumkan formula Ir.Wiharto sebagai berikut :
    Bungkil kelapa : 37 %
    Bungkil kedelai ; 20 %
    Tepung ikan      : 38 %
    Tepung daun    :    5 %
    Crude protein : 38,5 %, Energi metabolism : 2488 Kcal/kg

    Ini hanya sebagai contoh saja, gunakan bahan bahan pakan yang banyak bertebaran di sekitar lingkungan anda semua. Jangan anda terikat dengan bahan pakan yang sulit anda dapatkan, berdayakan bahan pakan local yang murah di harga dan nilai nutrisi yang memenuhi syarat untuk di jadikan formula pakan. Contoh lagi, peternak bebek petelur di Jabodetabek/tangerang pernah dimuat dikoran. Bahan pakan yang di gunakan hanya limbah kepala udang, nasi aking dan limbah restoran /pasar. Tapi hasil telurnya luar biasa dengan kuning telur merah total dan jadi rebutan pedagang pengepul telur bebek karena telur ini termasuk dalam criteria telur organic. Ingat tidak di pakai konsentrat pabrik sama sekali.

    Satu lagi contoh komposisi formula konsentrat yang di pakai oleh seorang teman Wahyu Budiyona, teman dari daerah Bayat Klaten Jateng :

    Bungkil Kedelai : 323 kg
    MBM : 50 kg
    Limestone : 90 kg
    Top Mix : 27 kg
    Garam : 10 kg

    Dengan formula konsentrat di atas teman daribayat tersebut membuat mix campuran pakan untuk ayam RAS petelur sebagai berikut :

    Jagung : 52 kg
    Katul : 12 kg
    Konsentrat di atas : 36 kg

    Dengan formula campuran mix di atas ,produktivitas puncak produksi telur bisa mencapai 80-90%, nungkin formula di atas bisa di jadikan untuk alternatif bagi rekan rekan semua.

    Salah satu peternak ayam kressing di klaten ada juga yang ransum pakannya tanpa konsentrat pabrik sama sekali, yaitu jagung, katul dan tepung ikan + mineral B12. Itu tho ndak ada yang lain, tapi produktivitas telurnya juga bagus. Ayam yang di pelihara ayam kressing super. BUMITERNAK

    \M/
    kipdefayer
    ayam kresing 3 AKS
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252

    LAPORAN DARI TEMAN MADURA

    Ayam broiler populasi 1500 ekor
    Panen usia 30 hari
    Bobot rerataan 1,95 kg/ekor
    Harga panen Rp 11.000/kg( harga ancur )
    Keuntungan 1,5 juta
    Mandiri
    Hari panen 15 september
    Pakan :
    Hari 1 – 20 pakan BR 1 Comfeed 25 sak 1250 kg
    Hari 21 – 25 pakan oplosan (bukan BR 2 bagian : 1 bagiaan jagung)
    Hari 26 – 30 pakan oplosan ( bukan BR 1 bagiaan : 1 bagiaan jagung)
    pakan jadi bukan BR habis 30 sak 1500 kg
    Jagung habis 20 sak 1000 kg
    Probiotik PTPG2 25 liter

                       LAPORAN PANEN BROILER FCR 1,48

    Ini laporan teman dari Wonosobo
    populasi 6000 ekor
    panen akhir bulan mei
    bibit pokphand
    pakan comfeed
    pakan habis 292 karung
    kematiaan 180 ekor
    panen usia 30 hari
    bobot jantan 2,1 – 2,2kg/ekor
    bobot betina 1,85kg
    hasil panen 10.800kg
    FCR 1,48
    laba Rp 5600/ekor
    masa brooding pemanas hingga hari ke 18
    Probiotik PTPG2 harga 22rb/liter
    pemberiaan probiotik di pagi hari saja , sore air putih biasa
    Tepung susu harga 10rb/kg habis 20 kg
    minggu 1 susu habis 2kg campur air minum
    minggu 2 susu habis 4kg
    minggu 3 susu habis 7 kg
    minggu 4 susu habis 7kg
    metode mengaktivkan probiotik PTPG2
    tiap 10 liter PTPG2 di beri tetes tebu/molases 1,5 liter, esok hari langsung bisa di pakai
    Ini merupakan pengulangan pemeliharaan periode yang ke 3 kalinya dengan hasil yang sama pada tiap periodenya

    \m/
    kipdefayer
    sluman slumun slamet
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252
    sms saja no telpon
    LAPORAN PROBIOTIK PTPG2 MENINGKATKAN TELUR LAYER

    Laporan terbaru manfaat probiotik PTPG2 untuk ayam RAS Layer petelur, dari teman di Karanganom Klaten, populasi 600 ekor dengan dosis 5ml/liter air minum, pada ayam layer usia produksi.

    Ceritanya teman ini mencoba probiotik PTPG2 hanya 3 liter untuk 150 ekor ayam layer, untuk melihat efektifitas kerja dari PTPG2 pada layer sudah produksi telur

    Manfaat pertama yang di laporkan adalah ayam terlihat lebih sehat, aura wajah kemerahan menandakan kerja metabolisme tubuh berjalan sempurna, bulu mengkilat dan terlihat ayam lebih trengginas.

    Setelah berjalan 7 hari ujicoba, akhirnya semua populasi ayam 600 ekor di beri probiotik PTPG2 semua dan peningkatan yang di rasakan produksi telur naik 3 kg/hari dari populasi semua ayam di bandingkan sebelum pakai PTPG2.

    Di mungkinkan juga ayam layer yang mendekati masa afkir, bisa di perpanjang masa produksi, karena pembuktian di peningkatan produksi telur. Sayang usia ayam layer tidak seragam....

    Laporan masuk memang belum sempurna mencakup data lain untuk bisa di ambil simpulan tetap, mengapa produksi telur meningkat setelah pakai probiotik PTPG2, ini perlu di pelajari lebih lanjut untuk mendapatkan data simpulan yang aktual dan presisI

                     FUNGSI KEGUNAAN PROBIOTIK PTPG2

    1. FCR asupan pakan lebih sedikit, tapi produksi daging dan telur malah lebih banyak, untuk bebek, ayam ,kambing dan sapi....

    2.TDN total digestible nutrient, lebih tinggi/sempurna sehingga yang biasanya nutrisi pakan yang ikut terbuang masih 30%, setelah pakai probiotik nilai tercerna meningkat nutrisi dalam kotoran yang ikut ke buang tinggal di bawah 5%

    3. Proses metabolisme dalam tubuh semakin sempurna, sehingga imunitas daya tahan tubuh lebih tinggikarenanya jadi jarang sakit

    4. Pada saat proses pembuatan di hasilkan Enzim dan Hormon yang memicu produktivitas

    5. Kanibalisme, penyakit cacing, snot, coriza, berak darah sudah sangat jarang mendatangi peternakan yang pakai probiotik

    6. Anti Stress, saat produksi telur turun karena pakan terkontaminasi jamur, atau kebisingan yg tajam, dengan berlahan produksi telur akan meningkat lagi

    7. Pengusir bau amoniak kotoran, sehingga teman2 yg datang kerumah pada heran, kenapa bisa tidak bau, padahal rumah saya di kelilingi  kandang ayam

    8. Pengusir lalat, gimana lalat mau hidup kalau kotorannya saja kering, saya buang kotoran sebulan sekali, meski numpuk di kandang...tapi tidak bau...dan banyak lagi

    ATURAN PAKAI

    Ayam dan itik/ bebek : 5 - 10 ml tiap 1 liter air, dapat di pakai setiap hari, ini untuk dosis pencegahan Sedang untuk pengobatan saya sarankan tetap memakai aturan dalam postingan “Herbal Top Penghancur Segala Penyakit Ayam “ Pakai metode perebusan.

    Kambing : Untuk kambing lebih mujarab sistem “ cekok “ saja seminggu sekali 100 ml untuk seekor kambing, untuk yang masih kecil dosis setengahnya atau 15ml/hari campur komboran atau di cekok.

    Sapi dan kerbau dan kuda : 500 ml seminggu sekali, model cekok juga. Sebenarnya dengan di campurkan ke komboran juga bisa, tinggal di sesuaikan saja. Atau dosis 70ml atau 1 botol yakul/hari/ekor, campur komboran atau di cekok. Untuk lebih jelas buka postingan saya “ Pendongkrak bobot kambing dan sapi “

    Harga Probiotik PTPG2 :
    Harga pulau Jawa :
     22rb/liter sudah termasuk packing dan ongkir

    Harga pulau Sumatra :
    28rb/liter sudah termasuk packing dan ongkir

    Harga pulau Kalimatan
    29rb/liter sudah termasuk packing dan ongkir


    Harga p Sulawesi
    30rb/liter sudah termasuk biaya packing dan ongkir



    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252


         LAPORAN TERNAK AYAM PEJANTAN MB 502 COMFEED

    Laporan dari teman Demak
    Panen bulan mei 2015
    Populasi 1000 ekor
    Pakan :
    Minggu ke 1 – 3 atau hari ke 1 – 21 = BR Malindo cp 19% habis total 700 kg
    Minggu ke 4 – 7,5 atau hari ke 22 – 50 adalah formula :


    Jagung 75 kg
    Katul 15 kg
    Konsentrat pedaging 50 kg
    Total pakan oplosan yang di habiskan 1.300 kg


    Pakan hari ke 51 – 55 = BR Malindo
    Probiotik PTPG2 habis 10 liter, normal harusnya habis 20 liter
    DOC MB harga Rp 2000/ekor


    Kematiaan total 17 ekor
    Panen usia 55 hari
    Bobot rerataan 0,88 kg
    Hasil timbangan 865 kg


    Harga panen Rp 28.000/kg
    Menyisakan 10 ekor untuk konsumsi sendiri tidak ikut di timbang
    Keuntungan bersih Rp 6.000.000


    Jangan di percaya yo laporannya
    siapa tahu anda saya tipu
    hohoho

    sebab yang lapor peternak kecil ndak punya titel gelar
    meski data yang di laporkan valid akurasinya tetep di paido
    manusia ......manusia.......
    percayalah sama yang punya gelar saja
    hohoho, mesake ragate okeh...


    derajat saya hanya menulis ulang saja
    hohoho

    lumayan masih di percaya
    meski titelku hanya penulis ulang
    hohoho

    teman saya juga hanya peternak kecil semua
    berteman dengan peternak kecil yang keilmuaannya
    di ragukan oleh kalangan umum
    sangat indah menemaninya


    sedikit sedikit membantu membuatkan formula pakan
    agar usaha ternaknya meraih keuntungan

    apa untungnya
    menyembunyikan ilmu
    hohoho......

    \m/
    kipdefayer
    Gusti mboten pekok
    bumiternak-betha.blogspot.com
                           PETERNAKAN BROILER DENGAN PROBIOTIK PTPG2

    RIWAYAT AYAM BROILER
    Ayam pedaging atau ayam broiler,merupakan ayam rekayasa genetika, yang di lakukan terus menerus bertahun tahun lamanya, hingga sekarang dapat menunjukan keunggulannya , dalam waktu yang singkat sudah dapat memenuhi target yang di harapkan.

    Pada kisaran awal tahun 1980 saat ayam broiler mulai popular di masyarakat, tapi sebenarnya pada tahun 1960 , ayam ini sudah mulai di kenal baru pada kalangan terbatas.  Sebelum tahun 1960 ayam yang di potong sebagai ayam broiler adalah pejantan ayam petelur White Leghorn single comb. Dan  tahun 1990, perkembangan pemeliharaan ayam broiler sedang boming bomingnya

    Dan mulai awal tahun 1990, perkembangan pemeliharaan ayam broiler sedang pada masa boming  dengan pemeliharaan selama 8 minggu di capai bobot 1,3 – 1,6 kg/ ekor. Waktu itu sudah bikin orang terheran heran dengan membandingkan pertumbuhan ayam kampong dengan masa yang sama baru diperoleh bobot 0,2 – 0,3 kg/ekor.

    Dengan kemajuan ilmu genetika sekarang ini, keunggulan kemampuan genetika 30% dengan di tunjang kualitas pakan 70% yang semakin membaik maka bobot ayam broiler dapat mencapai 2 kg/ekor. Prediksi tahun per tahun 1957 pemeliharaan 101 hari baru di dapat bobot 1,8 kg/ekor. Kemampuan genetika saat ini sudah melesat kencang. Pada tahun 2005, dalam jangka waktu pemeliharaan 35 hari mampu mencapai berat badan 2 kg dengan FCR ( Feed Convertion Ratio ) kisaran 1,6.

    Tapi potensi genetic yang menakjubkan ini mensyaratkan pola manajemen yang bagus, tata laksana pemeliharaan yang mumpuni wajib hukumnya dan menuntut perhatian ekstra pemiliknya. Sebab ayam broiler kalau di lihat tubuhnya seakan akan seperti ayam dewasa, tapi sebenarnya masih anak anak.

    Prediksi para ahli sebelumnya mentargetkan tahun 2010 berat badan broiler akan mencapai 2,4 – 2,5 g dengan FCR 1,4 – 1,5 dan akan mendekati atau bahkan lebih pada tahun 2015 capaian bobot tubuh adalah 3 kg/ ekor dengan FCR 1,3 – 1,4

    EFFEK PERTUMBUHAN SUPER CEPAT
    Pertumbuhan yang cepat tersebut, mensyaratkan, pola manajemen yang bagus. Potensi genetic bagus,dapat muncul jika ayam merasa nyaman dalam kandang sehingga teknologi Close House dan Blower Ekhaus memasukkan udara segar dan mengeluarkan udara pengap dalam kandang tidak boleh di tinggalkan ,termasuk ketergantungan pada daya listrik, merupakan suatu keharusan.






    Ayam broiler itu, adalah anak ayam dengan tubuh seperti ayam dewasa, ini berakibat organ organ dalam tubuh masih ukuran anak ayam, tapi di paksa untuk mensuplai kebutuhan metabolism tubuh ayam ukuran dewasa. Resikonya, ayam jadi mudah sakit karena pertahanan diri internal tubuh belum terbentuk sempurna.

    Perbedaan tingkat pertumbuhan dan perkembangan organ dalam seperti jantung,paru paru, ginjal serta organ kekebalan dan pertahan belum terbentuk sempurna. Ketidak seimbangan  fungsi organ ini berakibat buruk bagi ayam broiler, mudah sakit dan mudah mati.

    Chick In
    Setelah istirahat kandang 14 hari dan sudah dilakukan fumigasi penyemprotan antiseptic semacam antisep atau Sporades atau alcohol 70% atau formalin, kandang termasuk peralatan kandang harus sudah di cuci hamakan.

    Tahap pra chick in, Chick guard sudah terpasang, alas Koran di tata sebagai alas lantai, IGM broder  siap atau pake broder serbuk kayu dan briket batubara, tempat pakan dan minum terisi secukupnya ,dan gallon air minum sudah terisi Probiotik Top murni tanpa campuran, selama 3 hari siang malam.

    Kurang sehari DOC datang , semua itu harus sudah siap, pemanas sudah di nyalakan agar suhu dalam ruangan stabil saat DOC masuk.

    Inilah awal masa Stater, selama 14 hari, ini masa krusial yang akan menentukan akan berhasil atau gagal usaha pembesaran ayam broiler anda. Inilah masanya pertubuhan dan perkembangan seluruh sel sel tubuh dan organ organ dalam. Organ pencernaan berkembang sampai hari ke 14, enzim dan hormone pencernaan berkembang hingga hari ke 21, organ pernapasan tumbuh mulai hari ke 4 hingga hari ke 14 dan system kekebalan tubuh antibody internal mulai hari ke 7.

    Ada 2 tipe pertumbuhan sel  yaitu Hyperplansia adalah perkembangan sel dengan pertambahan jumlah sel dalam tubuh, sedang Hypertrophia adalah pembesaran ukuran sel sel tubuh tanpa ada lagi penambahan sel sel baru.

    Fase Brooding di minggu minggu awal akan menentukan kualitas pertumbuhan ayam di hari hari selanjutnya. Brooder pemanas suhu ruangan harus mencapai 35 derajat celcius jangan sampai kurang, agar peristiwa Chiliing, ayam kedinginan hingga tubuhnya menggigil tidak terjadi. Sebab kalau sampai hal itu terjadi akan merugikan peternak, dengan berhentinya pertumbuhan karena nutrisi yang termakan hanya di pakai untuk menghangatkan badan bukan untuk pertumbuhan akibatnya FCR jebol dan masa pemeliharaan semakin panjang sehingga biaya yang di keluarkan semakin banyak.





    Tata letak ventilasi pergerakan udara harus lancer antara blower kipas penghisap udara luar masuk kandang dan blower penghisap udara pengap dalam kandang mengandung CO2 ,amoniak dan debu harus segera di hisap buang dari areal kandang ayam.

    AIR MINUM
    Kebutuhan air minum 1000 ekor DOC :
    Minggu 1 : 76 liter/1000 ekor
    Minggu 2 : 117 liter
    minggu 3 : 186 liter
    Minggu 4 : 246 liter

    Ini kebutuhan air minum 1000 ekordalam 1 minggu, kalau ingin tahu kebutuhan per harinya tinggal bagi 7 sudah ketemu air minum harian untuk 1000 ekor….

    Tapi ketentuaan di atas hanya sebagai patokan ancer ancer accuan saja, dalam praktek sehari hari kemungkinan bisa berbeda dengan ketentuan di atas.

    RANSUM PAKAN
    Kebutuhan pakan untuk 1000 ekor DOC :
    Minggu 1 = 140- 170 kg/1000 ekor
    Minggu 2 = 210 – 325 kg
    Minggu 3 = 340 – 520 kg
    Minggu 4 = 450 – 850 kg
    Minggu 5 = 530 – 950 kg

    Tapi rata rata 1000 ekor sampai panen habis pakan kisaran 3500 kg atau 70 sak karung pakan. Kebutuhan pakan di atas bukan ketentuan baku yang harus seperti itu, karena pemberian pakan bersipat Ad Libitum…artinya pakan habis langsung di isi lagi, begitu seterusnya…..

    Sebab punya teman DOC 7000 ekor menghabiskan pakan 489 sak karung pakan dengan FCR 1,63
    pertumbuhan pada hari ke 20 bobot 1 kg/ekor dan saat panen usia 35 hari bobot 2,2 – 2,5 kg/ekor

    DOSIS PEMBERIAN PROBIOTIK TOP
    Standar baku dosis pemberian probiotik top adalah 5-10 ml/liter air minum/per kg pakan
    jadi untuk 1000 ekor DOC sampai panen perlu probiotik top kisaran 15-20 liter
    Tambahan biaya 150 rb – 200 rb/1000 ekor/1 periode pemeliharaan tertutup dengan peningkatan bobot ayam saat panen ,juga FCR yang makin kecil





    FCR turun karena effek pemberian probiotik top, pakan biasa tidak pake probiotik top biasanya ada sekitar 30% nutrisi pakan yang terbuang bersama kotoran. Maka dengan probiotik top nutrisi pakan yang terbuang tinggal 5-10%. Selisih 20-25% pakan yang di maksimal tercerna sempurna ini yang membuat FCR turun meski nafsu makan ayam malah meningkat.

    Disamping bau kotoran dan lalat, yang biasa jadi penggangu dan membuat peternak was was dengan demo protes warga di sekitar kandang hilang. Kandang tidak bau kotoran sama sekali.

    Tentang vaksin, multivitamin dan obat antibiotika dapat di hilangkan ,tidak di pake sama sekali. Tapi jika anda ikutan kemitraan, biasanya obat obat sudah termasuk dalam satu paket dan harus di bayar di perhitungkan di masa panen…ya sebaikknya di pake saja…

    Penyakit berak darah dan cacing yang biasanya langanan menyerang setelah pake probiotik top tidak lagi menghampiri kandang ternak, seumpama masih jebol juga , penanganan proses penyembuhan lebih cepat tercapai

    Nanti jika ada info baru bisa di susulkan lagi

    Grup facebook : ayam kresing 3 AKS
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id
    HP 085229779252

    METODE PANEN BROILER JELEK TETAP UNTUNG

    Wew….ndak usah buruk sangka dulu hohoho…… apa mungkin panen jelek masih dapat untung ? jangan jangan ini nanti bikin geger dunia broiler’s, alah mbok biarin hoho…..sepur klutuk tabrak terus…..
    Treatmen terbaru yang di perkenalkan Bumi Ternak Klaten yaitu “ 3 Organik “ apa itu….?

    Yang jelas…ilmu manajemen budidaya, peternak wajib mumpuni terlebih dahulu, jangan asal ,,,, biar ndak menyesal belakangan, karena factor ilmu ngawur atau transfer ilmu/pengalaman yang sumbernya adalah katanya….wah nemen, wajib selektif………

    Tidak ada feed supplement atau feed aditif yang merupakan produk ajaib hingga peternak selalu untung kalau pakai produk tersebut….ndak ada itu…..semua ada prosesnya dan factor skil peternak akan ilmu budidaya ndak bisa di kesampingkan, nek nekat, siap siap kukut dalam 1-2 periode pemeliharaan.

    Pilihan pemeliharaan broiler ada 2 jenis : Mandiri dan Kemitraan. Bagusan yang mana ? sama bagusnya, kita bahas nanti sisi positif negative 2 pilihan ini :

    Mandiri
     Memilih mandiri maka peternak wajib sudah menguasai lubang pasar hasil ternaknya, bagi yang blang gelap seluk beluk pasar, mendingan ikut kemitraan. Biasanya peternak mandiri di jalankan dalam kapasitas 1-2rb ekor mentog di 3rb ekor populasi. Sebab jika pasar belum dalam genggaman mbuang seribu ekor panen itu sulit banget, kecuali pelaku peternak sekaligus pengepul dan penyuplai broiler ke pasar becek atau sudah janjian bisnis dengan RPH tertentu atau untuk memenuhi segmen pasar terbatas premium semacam supermarket, mall, restoran high branded.

    Di luar pasar itu, penetrasi broiler mandiri merensek ke pasar becek apalagi pasar premium…sulit. Maka untuk mengatasi problem itu pelihara broiler dalam jumlah kecil saja di bawah 1.000 ekor, biar tidak ada kesulitan saat waktu panen tiba. Harap di pahami penundaan hari waktu panen sebenarnya itu mengurangi laba yang di raih di samping meningkatnya mortalitas kematian di hari hari akhir menjelang panen……. Dan harga broiler…… yang bisa bikin penyakit jantung kumat setiap saat tanpa permisi.

    Peternak mandiri banyak kelonggaran waktu untuk menerapkan formula pakan alternative bikinan sendiri…hal ini wajib ada yang membinbing agar tidak salah arah. JIka sudah di temukan cara ini peternak mandiri akan sangat di untungkan dengana harga pakan murah, sehingga saat gonjang ganjing harga panen peternak masih di untungkan karena efisiensi cost manajemen budidayanya.

    Kemitraan
    Dalam situasi sekarang ini pemeliharaan broiler populasi >5.000 ekor jalan terbaik adalah ikut kemitraan. Meski sebenarnya model ini pressure ke peternak luar biasa berat, tapi hanya pemeliharaan kemitraan yang bisa dan mampu menjamin hasil panen dengan kemampuan serap pasar terbaik.


    Corporate dengan payung hokum yang membawahinya memiliki kekuatan untuk mengendalikan pasar dari hulu hingga hilir, inilah yang di maksut pemerintah dengan istilah terintegrasi, memang dalam waktu singkat bisa memenuhi target pertumbuhan dan perkembangan dengan modal kuat perusahan tapi peternak mandiri tetap menjadi korban derap kemajuan….jadi ikuti saja arah ombak daripada kegulung tsunami.

    Sistem kemitraan, peternak tinggal menyediakan kandang dan SDM/tenaga, nanti sapronak di suplay oleh inti mitra dari : DOC, pakan, obat, vaksin, antibiotika, multivitamin, dan panen di ambil inti mitra, kelihatan enak kan ? tapi peternak masih di bebani dengan kebutuhan sekam, listrik, gas yang menjadi tanggungannya. Modal awal peternak untuk pemeliharaan populasi 5.000 ekor harus menyiapkan modal 7 – 8 juta dalam satu putaran periode pemeliharaan, bisa 31 – 35 hari, bahkan ada yang sampai 45 hari.

    Cara Meminimalkan Kemungkinan Kerugian Dalam Beternak
    1. Cermati kontrak kerja yang di tawarkan, terutama harga panen, untuk saat ini Maret 2017 cari harga kontrak panen 17.000 – 18.000/kg dan perjelas tentang klousul peternak ikut menanggung kerugian tidak ? cermati itu, sekiranya kontrak memberatkan peternak, maka perlu di cari inti mitra yang lain, pilihan sangat banyak, cari info integritas inti mitra ke peternak lain.

    2. Tanyakan sapronak apa harus di ambil semua ? apa tidak bisa kita menguranginya ? missal program kesehatan, apa harus di ambil semua ? jika boleh tidak harus ambil semua, pilihannya ambil multi vitamin, antibiotika untuk penyakit yang sering dating saja, vaksin ada yang wajib ambil ada yang tidak, putuskan sendiri. Nilai rupiah yang tidak di ambil ini bisa kita alihkan untuk pengadaan feed aditiv semacam probiotik…….

    3. Masukan item dalam perjanjian kontrak, untuk tidak mengundur hari panen, kalau sudah target panen bobot/hari, untuk segera di ambil, populasi 5.000 ekor normal habis dalam 2 hari. Jika di undur maka peternak yang resiko menerima kerugian, apalagi jika dalam harga kontrak, bobot ayam >2kg harga lebih rendah di banding bobot ayam 1,5 – 1,8 kg/ekor, artinya ini harga kontrak menurun, maka peternak wajib menekan inti mitra untuk tepat dalam hari panen, kudu tegas.

    Selanjutnya anda tinggal aplikasi treatment “ 3 Organik “ metode Bumi Ternak Klaten, dari awal Chick In hingga  panen tiba, sesimpel itu, jika kurang jelas bisa di konsultasikan gratis. Treatment “ 3 Organik “ khusus untuk konsumen probiotik PTPG2 saja.

    Meliputi problem tentang :
    1. Brooding/pemanas trik untuk menekan kehilangan panas dalam ruangan hingga irit gas.
    2. Tindakan tepat untuk kasus DOC kerdil kaki kering.
    3. Antisipasi defisiensi nutrisi pakan, jangan di kira pakan pabrik yang di kirim kualitas premium ya ? meski harganya harga premium….
    4. Langkah tepat pencegahan dan antisipasi invasi penyakit ke kandang, sumber penyakit aslinya setiap saat setiap detik mengancam kelangsungan usaha budidaya ternak kita
    5. Dll…….
    Contoh Panen Jelek Peternak Tidak Rugi
    Ini peternakan yang di kelola teman dari Lampung populasi 15.000 ekor, belum menerapkan treatment “ 3 Organik “, panen jelek tapi masih dapat 2.400 - 2600 per ekor, pendapatan kotor 46.400.000 laba bersih 27.000.000 jelek banget kan untuk populasi 15.000 ekor

    Broiler populasi 15.000 ekor
    DOC silver Comfeed
    Pakan Comfeed 710 sak 35.500 kg
    Kematian 750 ekor
    FCR 1,54
    BW bobot rerataan 1,61kg
    Hasil panen 23.041kg
    Panen mulai usia 28 hari bw rerataan 1,48 – 1,5kg
    Panen usia 32 hari bobot rerataan 1,9 – 2,2 kg…waktu panen kelamaan bahaya…..
    harga kontrak 15.000 flat menurun…what…flat menurun?!!!! pingin nangis gulung gulung………
    Biaya operasional :
    gas elpiji 3.360.000
    sekam 450 karung 2.250.000
    probiotik PTPG2 2.340.000
    susu 50kg 550.000
    listrik 600.000
    SDM ABK 10.000.000
    lain lain 300.000
    Total biaya operasional 19.400.000
    Pendapatan budidaya 39.500.000
    penjualan pupuk 700 sak 7.000.000
    Total pendapatan 46.000.000 di kurangi biaya operasional 19.400.000
    Laba bersih 26.600.000
    Laba bersih tanpa penjualan pupuk 19.600.000
    Ini benar benar pendapatan minimalis untuk populasi 15.000 ekor
    Sangat mungkin untuk di tingkatkan lagi produktivitas hasil panennya

    \m/
    kipdefayer
    grup facebook : Budidaya Broiler Sistem Probiotik PTPG2
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252