AYAM KRESING BLACK DAN JOPER ARLINI

    AYAM KRESING BLACK DAN JOPER ARLINI

    Kurang lebih sudah 11 tahun berkecimpung pada pemasangan genetika ayam, hingga terciptakan ayam kresing super tipe petelur dan ayam Joper Arlini tipe pedaging sudah sampai menginjak tahap akhir Parent Stock, awal tahun depan atau pertengahan 2016 Joper Arlini sudah siap untuk tahap komersil.

    Perkembangan terbaru hasil seleksi genetik ayam Kresing Super, tahun depan akan tercipta
    ayam Kresing Black, merupakan hasil seleksi pada genetika yang tahan terhadap penyakit
    AI dan ND dengan fenotif dominan Hitam. Sehingga momok penjualan ayam afkir yang di harga murah sudah bisa di atasi dengan kresing generasi baru Black, dengan warna daging dan kaki putih kuning, hingga bisa menyasar keperluaan pemenuhan daging kampung.

    Ayam Kresing Black genetik dominan ayam Kampung, kalau ayam kresing generasi pertama dominan genetik Hy Line sehingga warna bulu dominan putih, menang di efisiensi pakan dan produktivitas telur tapi lemah di daya tahan imunitas tubuh sehingga ayam gampang sakit.
    Dengan nanti keluarnya ayam Kresing Black maka kelemahan daya tahan tubuh sudah di seleksi di perbaiki sehingga tahan terhadap serangan penyakit.

    Ayam Joper Arlini merupakan perpaduaan dari genetik ayam  Broiler,  Leghorn dan Ayam Kampung, dari ketiga genetika ayam ini maka lahirlah ayam
    Joper Arlini, jika suspect genetikanya tidak meleset maka akan terciptakan ayam joper dengan percepatan pertumbuhan fantastis ,target usia 40-45 hari bobot min 0,9-1 kg dengan tekstur persis turunan dari genetika indukan ayam kampung.

    Inilah manfaat keilmuaan genetika melahirkan ayam generasi super, tanpa ada kekuatiran plasma ayam kampung , karena hasil Finaly Stock Joper Arlini hanya untuk masuk di pengorengan saja , tanpa di kembang biakan lagi, tamat genetikanya di tahap finaly stock.
    Kedepan indukan parent stock joper arlini, hanya di edarkan dan di kembangbiakan pada kalangan lingkungan terbatas dengan syarat bisa menjaga kemurniaan genetiknya dan di larang untuk mencanpur di peliharaan  dengan ayam kampung liar, tujuaan agar genetika parent stock tidak bercampur dengan genetika ayam kampung yang di liarkan pemeliharaanya.

    Pemasangan perkawinan Joper Arlini bisa dengan :
    1, jantan broiler X betina Ras, anakan jantan X kampung
    2. Jantan Ras X betina Broiler , anakan jantan X kampung
    3. Jantan broiler X betina kampung, anakan jantan X Ras
    4. Jantan Ras X betina kampung, anakan jantan X Broiler

    Ke 4 sistem pemasangan sama sama menghasilkan keunggulan yang sifat produktivitasnya melebihi joper yang ada sekarang ini..
    maka di coba saja buat teman teman lain.........

    \m/
    kipdefayer
    Gusti ora pekok
    bumiternak-betha.blog spot.com