MENGAPA MEMANCING SERING GAGAL DAPAT IKAN

    MENGAPA MEMANCING SERING GAGAL DAPAT IKAN

    Aktivitas memancing dari pagi hingga sore hanya memandangi pelampung, merupakan kegiatan yang membosankan bagi sebagiaan orang dan merupakan keasyikan tersendiri bagi sebagian orang lain. Banyak manfaat yang kita dapat dari kegiatan memancing, melatih kesabaran, berlatih fokus pada satu titik, berlatih kegagalan jika tidak mendapat ikan dan dalam keheningan kesunyian, maka ide ide briliant akan antri bermunculan dalam benak kita, itu yang saya alami.

    Langsung ke materi :

    Joran atau walesan
    Untuk ikan NILA KETING WADER PUTIHAN gunakan joran panjang 180cm – 360cm ini tergantung kebiasaan saja, paling pas joran jenis TEGEK yang punya titik kelenturan sempurna untuk mengangkat ikan  kecil 50gram hingga 300 gram.

    Untuk ikan LELE BAUNG LUKAS KUTUK BABON NILA gunakan joran panjang 100cm – 200cm dengan cirikas joran yang tidak lentur atau keras, fungsinya agar mudah mengangkat ikan dan mudah mengatasi berotan ikan seberat 0,5kg – 2 kg.

    Senar
    Bisa mengunakan senar jenis monomer, polymer atau nylon, Untuk ikan NILA KETING WADER PUTIHAN gunakan senar ukuran 0,12 – 0,18 maksimal 0,20
    Untuk ikan LELE BAUNG LUKAS KUTUK BABON NILA gunakan senar ukuran 0,20 – 0,35

    Pelampung
    Kunci di pelampung adalah soal sensitivitas
    Untuk ikan NILA KETING WADER PUTIHAN gunakan pelampung kecil tipe pelampung cabai yang posisi pelampung rebahan atau horisontal di permukaan air, ini memaksimalkan tingkat sensitif saat umpan di makan ikan, juga sangat toleran dengan ikan yang sifat makannya halus, maka saat di makan ikan pelampung masuk ke air setengah bagian langsung hentakan joran.

    Untuk ikan LELE BAUNG LUKAS KUTUK BABON NILA gunakan pelampung ukuran sedang hingga besar dengan posisi pelampung di permukaan air adalah berdiri vertikal, tanda umpan di makan jika gerakan pelampung naik turun dengan intensitas jarang hingga sering langsung hentakan joran

    Pemberat
    Untuk ikan NILA KETING WADER PUTIHAN gunakan pemberat yang ringan, bisa pakai pemberat timah lipat

    Untuk ikan LELE BAUNG LUKAS KUTUK BABON NILA gunakan pemberat timah telur cecak atau timah lipat juga bisa, untuk mancing dasaran gunakan timah telur se jempol tangan.

    Umpan
    Umpan nila familiar adalah lumut, usahakan cari lumut sawah yang halus atau jika mendapatkan lumut yang kasar maka remas remaslah terlebih dahulu sebelum di gunakan
    Kail
    Mata pancing kail untuk ikan Nila gunakan kail jenis bagong ukuran 1 – 3

    Kesimpulan untuk memancing Nila :
    Gunakan joran walesan Tegek, senar ukuran 0,18, pakai pelapung cabai kecil, pemberat lipat buat sangat ringan, umpan lumut halus biasa atau pakai esen shampo, vanili, pandan dll

    Terapkan hukum Aksi reaksi
    Saat ikan memakan umpan tipe memakan halus, maka ikan akan menarik atau menyedot umpan, jika pemberat jenis ringan maka sensitivitas energi pada senar akan langsung terlihat pada pelampung yang bergerak, segera hentakan joran.

    Jika pemberat jenis berat maka saat memakan umpan pada jenis memakan halus, energi saat menarik umpan akan berhenti pada pemberat saja dan pelampung tidak bergerak sama sekali ,di pastikan umpan habis ikan lepas.

    \m/
    kipdefayer
    bumiternak-betha.blogspot.com









    2 Responses to "MENGAPA MEMANCING SERING GAGAL DAPAT IKAN"

    1. nice information https://goo.gl/KxQHnC

      ReplyDelete
    2. Maaf mau tanya.
      Kail jenis bagong tuh yang kaya gimana?

      ReplyDelete