FERMENTASI INTERNAL DAN EKSTERNAL

    FERMENTASI INTERNAL DAN EKSTERNAL

    Fermentasi internal itu terjadi di dalam organ pencernakan ternak apakah dalan organ ayam ada sumber bacter nya ? yo ada mas, cuman karena jumlah yang terbatas dan durasi pencernakan yang pendek kurang lebih 2-3 jam saja, maka akhirnya banyak sekali nutrisi yang belum sempat tercerna sudah keluar sebagai kotoran.

    Proses inilah yang sebenarnya ingin kita garap, membantu agar ternak bisa menyerap nutrisi lebih sedikit maksimal lagi. Caranya gimana ? kita masukan sumber stater bacter untuk membantu kerja dalam organ pencernakan, dengan menambahkan probiotik , bisa pakai yakult, em4, PTPG2 atau avian pro bisa untuk tujuaan itu.

    Itu logikanya gini, jika mengandalkan koloni bacter asli yang ada di organ pencernakan ayam saja, hasilnya akan tidak sempurna karena keterbatasan jumlah bacter dan durasi mencerna yang pendek. Maka setelah di masukan stater bacter probiotik, di harapkan dengan bertambahnya jumlah bacter yang ikut berkerja dalam organ akan mempercepat proses pencernakan, ibarate seperti orang gotong royong semakin banyak yang mengerjakan maka pekerjaan akan selesai lebih cepat.

    Fermentasi eksternal, adalah proses fermentasi yang terjadi di luar organ pencernakan ayam, itu tujuaanya untuk membantu ayam dalam mencerna nutrisi pakan. Sebelum pakan di berikan ke ternak, pakan tersebut kita rombah serat kasarnya dengan jalan fermentasi, setelah serat kasar yang melingkupi karbohidrat yang di dalamnya ada nutrisi pakan, terrombak, ikatan komplek yang membikin bahan pakan rendah nilai cerna nya, terurai….maka bahan makanan dalam kondisi semacam ini akan lebih mudah terserap nutrisinya karena nutrisi dalam kondisi terbuka siap serap, lebih hebat lagi jika sudah masuk sentuhan teknologi nano sehingga nutrisi dalam ukuran nano, maka proses absorsi penyerapan nutrisi bahan pakan akan lebih sempurna di samping memudahkan dan meringankan kerja dari ternak, hingga energi yang sebelumnya di peruntukan untuk mencerna bahan pakan bisa di alihkan untuk memacu pertumbuhan produktivitas ternak.

    Apa saja metode fermentasi eksternal ?
    adalah fermentasi sistem kering dan basah, fermentasi sistem panas dan dingin, untuk mempelajari bermacam jenis fermentasi tersebut buka blog bumiternak-betha.blogspot.com

    \m/
    kipdefayer
    sluman slumun slamet
    bumiternak-betha.blogspot.com

    0 Response to "FERMENTASI INTERNAL DAN EKSTERNAL"

    Post a Comment