BROILER TUBUH BESAR KENAPA BOBOT KECIL ?



    Pertumbuhan broiler dari usia 1 – 20 atau 25 hari bagus target bobot tercapai,  Fcr tidak melewati batas tertinggi, standart Fi terpenuhi tapi usia diatas 26- panen bobot tak tercapai atau nggembos, ayam kelihatan besar tinggi, bayangan kita bakalan panen raya, tapi setelah komulatif timbangan bobot total malah mblendek, tertipu tongkrongan yang tinggi besar tapi bobot kecil. Amat banyak kasus seperti itu di kemitraan broiler.

    Analisa paling mendekati sampai usia 25 hari, kebutuhan broiler akan nutrisi pakan berkualitas terpenuhi, imbangan protein dan energy metabolism sesuai untuk perkembangan metabolism tubuh untuk produktivitas otot yang akan menjadi daging. Cadangan nutrisi yang di ubah menjadi calon bakal koloni daging akan tereduksi/terpakai atau terabsorsi kembali jika nutrisi pakan tidak tercukupi. Istilah nggembos kg bobot yang sudah tercapai hilang karena dicerna kembali.

    Kasus kenapa sampling bw di usia 30 hari 1,7 kg kenapa pas panen usia 35 hari, catatan bobot di Rhpp hanya ada kenaikan 1 ons menjadi bobot 1,8 kg. Masa iya 5 hari terakhir Cuma naik 1 ons ? padahal selama 5 hari terakhir tersebut ayam tetap di beri jatah pakan sewajarnya, karena bobot tak tercapai hitungan Fcr menjadi bengkak, momok bagi sebagian besar peternak broiler kemitraan.

    Inilah namanya penyusutan bobot hidup di kandang, pemicu utama pakan baru droup daya tahan tubuh menjadi sakit, 2 faktor seringkali mencuri bobot yang sudah tercapai. Peternak yang menemui kasus semacam itu hanya diam saja tidak ambil tindakan bakalan nangis di saat panen. Jangan dengan alas an setoran pakan ya memang hanya itu mau ngapain lagi ? loh lakok apatis begitu ?

    Meski ini system kemitraan anda peternak punya andil modal di biaya operasional yang di tanggung peternak, anda investasi sejumlah uang untuk kelangsungan broiler kemitraan tersebut, kalau biaya operasional sering tidak balik, apa tidak bakalan bangkrut muk nyugehke PT ?

    Ayo dong yang kreativ pertahankan investasi bop anda, sebab banyak cara bias dilakukan untuk itu, jangan mudah menyerah, jangan seperti orang orang kaya investasi kandang close bernilai milyaran, karena planning yang kurang matang, pada akhirnya 2 periode jalan kandang sudah disewakan karena meraa rugi.

    Solusi pernah dicoba berbagai macam cara meningkatkan kualitas pakan dengan penambahan premix, enzim, jagung, konsentrat pada akhirnya mengerucut ke metode fermentasi pakan, mau fermentasi internal atau eksternal, mau system basah atau kering itu terserah ide kreativ anda sendiri. Sistem fermentasi bias meningkatkan kualitas nutrisi pakan gimana penjelasan teorinya ? yo dicari sendiri sudah terlalu sering saya jelaskan.

    Saya harap teman peternak sudah memahami standart nutrisi pakan pada fase Pre stater protein 23-25% EM 2900-3000kcal/kg, stater protein 20-21% EM 3000kcal/kg dan finister protein 18-19% EM 3000-3200kcal/kg. Yang melatarbelakangi kenapa harus di buat komposisi formula seperti saya harap sudah paham.




    Fermentasi pakan
    Pakan disini pakan setoran dari intimitra.
    Takaran fermentasi :
    buat oplosan 50 - 100 ml probiotik ptpg2 + 50 - 100 ml molasses tetes tebu + air 10 liter
    aduk rata untuk mbasahi 1 sak pakan/50 kg.
    Teknisnya :
    pakan di hamparkan siram cairan diatas aduk aduk siram kembali hingga merata. Pengadukan bias di lantai atau drum, setelah selesai tutup rapat dengan terpal atau plastic, lama fermentasi hanya semalam. Lebih bagus lagi juga punya mixer mesin pengaduk pakan lebih efisien waktu.

    Setiap sore hari lakukan seperti itu besok paginya buka terpal ambil 25% aduk aduk angin anginkan 15-30 menit agar kadar alcohol dan suhu panas berkurang, berikan jatah pakan di pagi hari. Sisanya tutup terpal kembali baru dibuka aduk anginkan di sore atau malam untuk jatah pakan.

    Sore/malam itu juga lakukan fermentasi kembali, seperti it uterus menerus di mulai dari usia 26 hari hingga panen. Ini hanya salah satu solusi yang bisa dilakukan, tindakan paling tepat harus dicari dulu penyebab utama misal karena manajemen heatstres yang perlu diperbaiki, atau penyakit yang berlarut larut tanpa bisa ditangani dengan benar. Artinya banyak faktor yang berperan, bisa saja solusi merupakan penanganan gabungan dari beberapa faktor tersebut.

    \m/
    bumiternaklaten
    wa 082134007504