PEMERAH KUNING TELUR


                                           
      PE-MERAH KUNING TELUR

    Mungkin ada di antara teman-teman peternak pernah mengalami kejadian, disaat harga telur tinggi, tapi telur hasil ternakannya dihargai rendah. Alasan para bakul pengepul tersebut, karena kwalitas kuning telur kita rendah, kuning telurnya berwarna putih, bukan kuning, apalagi merah. Akhirnya kita pasrah menyerah dengan harga rendah. Jangan anda menyalahkan para bakul telur, mereka mengatakan apa adanya. Sebab mereka juga mendapatkan harga rendah jika kuning telur ke-putih-an, begitupun seharusnya jika kuning telur gradasi kemerahan/ orage,harus dapat harga nilai jual yang sedikit lebih mahal. Jadi jangan saling menyalahkan ya….ndak ada gunanya.

    Pigmentasi pembawa sifat warna kuning telur namanya Caroten atau disebut juga ProVitamin A. Banyak sekali bahan asal dari Caroten Nabati maupun Hewani. Gradasi paling nampak nyata ada pada Caroten yang berasal dari unsure hewani. Kenapa? Kesepuluh asam amino komplit yang sangat di perlukan ayam atau itik/ bebek ada padanya,sehingga memacu produksi telur lebih tinggi.

    Pembawa sifat warna pada Caroten namanya Xanthophyll, gugus ikatan Molekul Caro…… Ah… ndak usah terlalu ilmiah saja ya…yang terpenting segera mudah di pahami oleh rekan peternak dan mudah untuk di praktekkan. Oke……?

    Xanthopyll yang berasal dari nabati misalnya daun turi, lamtoro, kacang tanah, kedelai, kaliandra, alfalfa, marigold petal, jagung, alga sejenis rumput laut. Kunyit juga termasuk plus bungkil jagung. Urutan dari yang teratas kadar kandungan Caroten : Marigold 7.000 mg/kg, Alga/ rumput laut 2.000 mg/kg,Kunyit 1.200 mg/ kg, Alfalfa 280mg/kg, Bungkil jagung 200 mg/kg, Jagung 17 mg/kg.

    Xanthopyll yang berasal dari unsure hewani : Tepung Ikan kandungan protein 60%, energy 3100 kkal/ kg, lemak 9%, serat kasar 1%. Limbah udang protein 40%, lemak 1,4%, serat kasar 13%. Keong Mas protein juga tinggi kisaran 40 – 50%, belum lagi ikan runcah laut yang berharga murah tapi proteinnya 60%. Apalagi yang kurang….? Makanya banyak peternak bebek petelur dalam campuran pakan ransumnya menyertakan salah satu dari tiga yang di atas. Dan mutu kwalitas kuning telur gradasi warna kemerahan yang berarti mengandung Omega 3 dan Omega 4 yang sangat berguna bagi perkembangan otak.



    Xanthopyll natural di atas memang praktis untuk itik/ bebek, karena pemberian pakan system basah. Bagaimana dengan ayam yang pakannya model kering. Akan terasa ribet dan memakan banyak waktu.Jalan keluarnya trus gimana? Nih tak kasih bocoran ya…pakai saja konsentrat buatan pabrik yang di tujukan untuk bebek petelur. Macamnya banyak banget, ada maxbro, redgold, comfeed merah, CP144 dan KIP 333 dari pt wonokoyo. Semua sudah saya coba dengan hasil terbaik dan biaya termurah pakai KIP 333 buatan pt wonokoyo jaya corporindo Surabaya.

    Nah sekarang tinggal nyeting formula pakannya saja. Acuan yang dipakai teman-teman peternak mungkin satu dan lainnnya bisa berlainan, ini soal kemantepan saja dengan produksi telur yang diyakini yang paling bagus. Walaupun standar ilmiah protein harus sekitar 17 – 18%. Baiklah segera dibahas.

    Formula ransum pakan 1:1:1 ini berarti 34 kg jagung : 33 kg katul : 25 kg sentrat 124: 8 kg KIP 333 + mineral 2 – 4 kg. Kadar protein formula ransum ini 17,3 – 17,8%.

    Formula ransum pakan 2:2:1 artinya 40 kg jagung: 40 kg katul: 15 kg sentrat 124: 5 kg KIP 333 + mineral 2 – 4 kg. Kadar protein formula ransum ini 15 – 15,5%.

    Formula ransum pakan 4: 4:3 artinya 40 kg jagung: 30 kg katul: 22,5 kg sentrat 124: 7,5 kg KIP 333 + mineral 2 – 4 KG. Kadar protein formula ini 16,5 – 17%.

    Itu alternative formula pakan ransum ayam atau itik/bebek petelur, tinggal pilih salah satu mana yang paling bagus. Uji coba yang saya lakukan hasil terbaik pada formula 1:1:1, monggo mau pilih yang mana tidak harus ikut saya,meski hasil gradasi warna merah paling mencolok pada 1:1:1. Saya harap sudah di mengerti, di pahami dan mudah di praktekan.




    14 Responses to "PEMERAH KUNING TELUR"

    1. nanya pak kalo tepung ikan pake tepung ikan asin gimana pak karna lebih murah?

      ReplyDelete
      Replies
      1. teoung ikan asin terlalu berisiko....
        kadar garam tinggi..kurang bagus untuk organ reproduksi....

        terlalu banyak garam, ayam minum terus...kotoran basah...
        akhirnya kadar amoniak tinggi ...ayam sakit

        Delete
      2. Formula ransum pakan 1:1:1
        34 kg jagung :
        33 kg katul
        25 kg sentrat 124:
        8 kg KIP 333
        mineral 2 – 4 kg.

        kalau saya ganti
        50% dedak
        15% br1
        15% sayur segar
        10% ikan curah jenis mujair segar
        7% kip 333
        3% topmix
        gmn pak apa signifikan dalam membuat telur menjadi merah?

        kalau pengalaman saya
        50% dedak halus
        45% sayur segar (kangkung)
        5% topmix

        telur berwarna kuning pekat dan telur kaya telur setengah matang dan waktu di asin atau di rebus sangat masir dan gurih

        trimakasih

        Delete
      3. kalau di hitung nilai nutrisi tidak memenuhi syarat...tapi kalau di lihat macam jenis ransum pakannya pasti kuning telur kemerahan....

        yang jadi pertimbangan meski harga pakannya murah...tapi gimana dengan produksi telurnya.......

        Delete
    2. kalau begitu menurut anda bagaimana percampuran ransum agar produksi telur dan warna optimal? mengingat di sekitar saya jagung tembus 4000 dan dele 5000 itupun kalau panen selalu kalah dengan tegkulak kalau dengan harga eceran tersebut kan mending pake pakan pabrik pak dengan het 6000/kg sudah lengkap nutrisinya didaerah saya banyak tersedia sayuran segar dedak dan ikan segar ampas tahu kulit kedele.

      saya perna pake pakan fregmentasi ampas tahu kulit ari kedele dengan ragi tape tetapi bobot ayam dan bebek saya kok ringan2 ya pak? tapi kotoran tidak seberapa bau.

      menrut anda seberapa signifikan probiotik dalam pertambahan telur? saya pernah coba probiotik yang iklannya dapat kita jumpai 100bebek mampu menghasilkan telur min75 perhari dengan pakan hannya katul dan konsentrat tetapi saya coba persis dengan iklannya tiaphari max 25 sampai saya jual 100ekor bebek dengan harga afkir.

      dan saya juaga campurkan pada minum dod kalau di iklannya angka kematian di bawah 3% dengaan kandang alakadarnya dan pake pemanas seng dengan kayubakar kecil waktu saya praktekan tiap hari ada yang mati pak sampai2 tempo 5hari 100dod ludes menurut peternak lain kesalahan dalam boarding saya akan coba ramuan dari anda dan vita chik + boarding igm habis lebaran pak untuk 500ekor dod pak

      trimakasih atas saran dan share pngalamannya pak

      ReplyDelete
      Replies
      1. seumpama ransum pakan terdiri
        dedak, ampas tahu, sayuran segar, tepung ikan....
        sebenere ini sudah cukupbagus...asal dedak yang di pakai adalah bekatul, hasil gilingan ke dua...warnanya putih hingga putih kotor dengan berat masa lebih tinggi di banding dedak atau katul.....

        sebab ada peternak bebek di daerah tangerang pakan hanya limbah restoran atau pasar, dedak dan limbah kepala udang...produksi bisa 80% dan kuning telur kemerahan

        apalagi dengan ramuan herbal dan probiotik yang pernah saya ulas...hasillebih bagus lagi....

        untuk mengatasi kematian DOD saat bording...pake probiotik yang sudah saya terangkan cara buatnya dan cara pembuatan digesternya...bisa buat sendiri atau pesan ke saya Rp 10.000/liter....

        sudah banyak yang pakai...penyakit berak darah dan snot diwajah atas hidung dekat mata terjadi odema/gelembung berisi eksudat cair tidak akan menyerang lagi....kalau aplikasi pada ayam petelur... ayam yg seharusnya tinggal sebulan di afkiir setelah di kasih probiotik ...produksi telur malah meningkat 10%.....

        Delete
    3. di daerah saya ada yang pada ransumnya di tambahkan astaxantine scashet dengan harga 6rb perscashet yang biasa di gunakan campuran pakan pada ikan louhan untuk menambah warna merah pada louhan memang bener pak kuning telurnnya merah pak tp sy belum berani coba dengan zat2 sintetic pak takut konsumen keracunan.... endingnya telur bebek rusak di pasaran dan para peternak bebek banyak yang rugi

      ReplyDelete
      Replies
      1. caroten...senyawa pembawa sifat warna ke kuningan atau kemerahan, zat nya bernama Xanthopil dengan nama komersil salah satunya astaxantine

        tapi ini adalah senyawa sintetis yang bisa berakibat carsinogenik...penyebab timbulnya bibit penyakit kanker

        degradasi warna kuning telur memang sangat aktratif tapi menyembunyikan ancaman penyakit......

        monggo kalau masih mau di pakai....

        pake yang alami saja...tepung ikan dan sayuran....

        Delete
      2. tadi diatas mas meganjurkan pakai konsentrat dalam campuran pakan salah satunya perbandingan 1:1:1 yang jelas-jelas mengandung caroten sintesis.?
        kenerahan atau kuning bukan berarti hal tersebut menjadi sumber provitamin A. karena tidak semua yang berwarna kemerahan/kekuningan indikasi banyak provitamin A. contohnya pada pakan yang menggunakan konsentrat pabrik menggunakan carophil-red, lukantin atau juga kem glue

        Delete
      3. yg beromega pakai bahan yang alami saja t daun dan t udang/ikan, kuning telur pasti kemerahan dan biasanya mengandung omega 3/4

        kalau yg konsentrat pabrikan, menurut pengalaman pada konsentrat tertentu kunng telur kemerahan, tentang mengandung omega 3/4 kurang tahu....jika berasal dari pemerah sintetis di samping juga menjadi pemicu sifat karsinogen

        yang jelas positif omega 3/4 ada pada bahan alami, t daun, t udang/ikan, sebab hasil penelitian bahan pakan alami ini pasti kemerahan dan mengandung omega 3/4

        Delete
    4. maksut mineral 2 – 4 kg. itu apa bos?? Air gitu?

      ReplyDelete
      Replies
      1. setiap pencampuran 100 kg pakan self mixing ber tambahan mineal 2-4 kg

        Delete
    5. mas bisa minta tolong disusunkan ransum untuk bebek telur jika pakai bahan dedak, gaplek sama tepung ikan? perbandingan yang optimal berapa ya pak?

      ReplyDelete