BEBEK PEDAGING + PROBIOTIK


    BEBEK PEDAGING +PROBIOTIK, Usaha penggemukan bebek jantan pedaging akhir-akhir ini menunjukan perkembangan bisnis yang begitu menggiurkan. Sehingga menarik sebagian besar pemula ingin ikut menikmati keuntungan yang menjanjikan tersebut. Maka sedikit terburu-buru, langsung pelihara dalam jumlah banyak. Standart normal bagi pemula paling banyak 100 ekor dahulu, sinambi belajar seluk beluk karakter unggas air ini. Setelah mumpuni, trampil, tahu karakteristik bebek ,baru membesarkan usaha.

    BEBEK PEDAGING + PROBIOTIK
    Pemasaran, salah satu kunci yang bener-bener harus di peggang terlebih dahulu. Boleh anda nol besar tentang ilmu pemeliharaan bebek, karena bisa di delegasikan orang lain. Tapi pemasaran, anda tidak boleh tidak tahu , harus paham soal pemasaran. Ujung tombak atau celah pemasaran ini jika tidak anda kuasai, bisa ikut kemitraan atau ubek-ubek harga di pasar. Maka anda akan terombang-ambing-kan oleh para bakul pengepul, dengan harga yang tidak pasti, tidak menentu.

    Akhirnya anda sebagai pihak yang lemah, karena dikejar waktu kudu cepat melego, kalau tidak, akan semakin terbebani dengan penambahan pakan, pada akhirnya tetap melego dengan harga di bawah standart normal. Hubungan baik dengan pedagang pengepul kudu harus tetap terjalin. Seleksi , mana pedagang yang berniat baik dan pedagang sing menange dewe, harus sudah terpilahkan, sehingga anda dapat mudah mengambil sikap kedepannya.

    Intinya, perbanyaklah hubungan jalinan pertemanan dengan bakul pedagang pasar. Biasakan diri wajah anda pada para bakul pasar agar di kenal. Lebih enak lagi jika anda menjadi mitra, misalnya mitranya Mas Joko Bebek ABG, Bebek Aditya atau yang lainnya, dengan pemasaran yang jelas, anda tinggal focus ke produksi pembesaran bebek.

                                                               FASE STATER

    Fase stater mulai minggu 1 hingga minggu ke 2. Persiapan sebelum DOD tiba , boks atau postal harus sudah di persiapkan. Kandang paling bagus model postal beralas sekam atau jerami dengan sekat setinggi 50 cm kotak atau melingkar, Sekat ini di lapisi Koran atau sak bagor/karung pakan.

    Kandang postal ukuran 2 X 2 meter bisa di isi 500 ekor, tapi lebih bagus lagi jika 500 ekor di jadikan dua kandang. Tiap kandang postal di beri lampu bolam pijar 4 buah 30/40 Watt di sebar merata. Untuk peletakan lampu pijar, diatas dinding sekat kasih palangan/bilah bamboo. Selain berfungsi sebagai tempat lampu juga untuk meletakan karung pakan. Gambaran jelasnya kandang postal ini 100% tertutup total dengan sedikit celah udara. Hanya pada minggu 1 saja, pada minggu ke 2, siang hari tutup karung pakan di buka dan malam hari baru di tutup total lagi, lampu harus nyala terus sampai hari ke 14, akhir minggu ke 2. Sehari semalam sebelum DOD datang lampu harus sudah di nyalakan dan suhu dalam kandang sudah stabil.




    Minuman minggu pertama 100% herbal pada postingan “ Herbal Top Penghancur Segala Penyakit Ayam “ di tambah Vitachick sesuai dosis di kemasan. Tempat minum/ gallon 1 liter di beri kerikil kerikil kecil agar DOD tidak masuk air, jadinya basah. Hal ini yang sebenarnya menjadi penyebab utama kematian DOD, bulu menjadi basah sehingga DOD tidak bisa mempertahankan suhu tubuh.Hingga terjadi peristiwa Chilling.

    Pada minggu ke 2 minuman 50% air segar di campur 50% Probiotik plus Trymezin sesuai dosis di kemasan. Pembuatan herbal probiotik baca kembali postingan “ Reaktor Digester Probiotik “
    Alangkah baiknya jika postingan yang pernah saya unggah anda print jadikan sebuah buku, saat membutuhkan tinggal baca di buku. Sebab postingan saya satu dan lainya saling berkaitan. Atau buka saja blog : BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM

    Pakan mulai dig anti katul 2 bagian : sentrat 144 1 bagian. Asupan pakan 3 kg/hari/100 ekor atau 21 kg/ minggu/100 ekor. Minggu ke dua , suara berisik bebek mulai riuh terdengar di areal perkandangan, nikmati saja suara alam tersebut.

                                                         FASE GROWER

    Di mulai minggu ke 3 hingga minggu ke 4. Bebek sudah kelihatan sangat lincah berlarian dalam areal kandang. Minggu ke 3 minuman 50% air segar : 50% probiotik, pakan berganti katul 3 bagian : sentrat 144 1 bagian. Asupan pakan 5 kg/hari/100 ekor atau 35 kg/minggu/100 ekor.

    Minggu ke 4 minuman 50% air segar : 50% probiotik plus Trymezin, pakan berganti katul 4 bagian : sentrat 144 1 bagian. Asupan pakan 7 kg/hari /100 ekor atau 49 kg/ minggu/ 100 ekor.

                                                          FASE FINISTER

    Mulai minggu ke 5 hingga minggu ke 8, minuman 75% air segar : 25% probiotik plus Trymezin sedang pakan dengan perbandingan katul 6 bagian : sentrat 144 1 bagian sampai masa panen tiba, pada minggu ke 8.

    Asupan pakan minggu ke 5 adalag 8 kg/ hari/100 ekor atau 56 kg/minggu/100 ekor
    Asupan pakan minggu ke 6 adalah 10 kg/ hari/100 ekor atau 70 kg/ minggu/ 100 ekor
    Asupan pakan minggu ke 7 adalah 11 kg/hari/100 ekor atau 77 kg/minggu /100 ekor
    Asupan pakan minggu ke 8 adalah 12 kg/hari/100 ekor atau 84 kg/ minggu / 100 ekor.

    Jam pemberian pakan dan minum, pagi jam 6 atau jam 7 sedang sore jam 2 atau jam 3. Banyaknya takaran minum sesuaikan saja dengan kemampuan ternak. Tapi setelah nanti anda pelihara minimal dua periode maka anda akan sudah tahu takaran minum yang pasti. DOKumen arsip yang pernah saya posting di blog, juga saya simpan di DOKumen grup facebook : Ayam Kressing Super, anda bisa membukanya di sana bebas, sebebas-bebasnya. Silahkan berburu keilmuan praktis strategis, yang langsung bisa di praktekan , sebab petunjuknya adalah hasil praktek langsung bukan hanya teori semata yang kadang ketika akan di praktekan dalam dunia nyata, bertolak belakang.

                                               PENYAKIT BEBEK

    Pendapat
    yang mengatakan memelihara bebek lebih gampang di banding memelihara ayam. Ini bisa benar asal dapat lepas dari masa kritis pemeliharaan bebek umur 1 dan 2 minggu. Karena mortalitas kematian anak bebek pada usia starter sangat rentan sekali. JIka tidak dapat mengatasi ini yan sama saja, sama-sama sulit.

    Sumber penyakit dapat menginvasi individu hidup, jika ternak tidak dalam kondisi prima imunitas. Seandainya antibody terbentuk sempurna, mungkinkah bibit penyakit menyerang? Saya rasa tidak mungkin, kalau sekedar menyerang tentu bisa. Tapi begitu bertemu dengan antibody imunitas yang prima, penyakit langsung di musnahkan.
    Yang saya
    bahas hanya penyakit yang biasa menyerang bebek saja :
                                                    SNOT

    Penyakit ini kebanyakan menyerang anak bebek, tingkat kematian bisa 50%. Dengan cirri-ciri muka bengkak, di atas paruh bawah mata menggelembung berisi eksudat, leher tertekuk kelihatan memendek,nafsu makan turun, lemas, mata cekung tidak bulat jernih.

    Pengobatan pakai Trymezin, Terta Clour, Neo Meditryl di oplos dengan herbal system di masak. Waktu yang di butuhkan untuk sembuh 5 – 7 hari

                                                    COCCIDIOSIS

    Adalah berak darah, kotoran berwarna merah, pucat, lesu, bulu kusam, sayap jatuh. Penyebab hewan ber sel satu Protozoa. Kematian sangat tinggi, terutama anak bebek.

    Pengobatan dengan Anti Coksi atau Coksi plus herbal. Pengobatan, tiga hari pakai obat, dua hari libur, dan tiga hari lagi pakai obat.

    12 Responses to "BEBEK PEDAGING + PROBIOTIK"

    1. Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Kami menyediakan BIBIT AZOLLA. Untuk pemesanan hubungi 0857 1790 7467, 0823 3234 8282 info selengkapnya tentang azolla: http://bibitazollagambiran.blogspot.com/2012/07/manfaat-tanaman-azolla.html

      ReplyDelete
    2. Pa Betha Pakan untuk minggu pertama apa pa? diatas penjelasan hanya untuk minumnya saja. Thanks.

      ReplyDelete
    3. pak betha, saya fikri dari jember,
      saya galau. pertama kali ternak bebek.
      tapi pemasarannya itu saya g tau.
      pernah konsultasi ke sesama peternak, malah dia ngambil untung dari saya. udah dari pengepul harganya jelek ditambah lagi teman sesama peternak itu jg ngambil untung dari saya.

      saya musti gimana pak? apa pak betha punya jaringan di wilayah jawa timur.

      ReplyDelete
      Replies
      1. bagi peternak pemula, kelemahan biasanya soal pemasaran
        seharusnya sebelum beternak, maka pasar atau pemasaran harus sudah di pastikan dahulu ...jangan hanya satu lubang pemasarantapi 2-3 cabang lubang untuk di jadikan cadangan pasar dan sebagaipembanding harga....

        teman yang masih ngibuli, masih nyari untuk dari kesulitan pasar yang di alami teman... saya rasa dia bukan teman lagi....

        seorang teman sejati itu... bersedia menyiapkan dirinya untuk menolong kesulitan teman yg sedang di hadapi, bukannya malah mencari ke untungan dari kesempitan pemasaran teman......

        Delete
      2. coba masuk ke grup facebook " pasar bebek indonesia '

        Delete
    4. salam kenal om betha,,
      saya syukron,, warga tuban yang ingin ikut berkecimpung ddunia peternakan bebek dan mau minta saran sama om betha.

      kemarin dan sekarang... saya baca artikel terkait bebek hibrida yg type pedaging (rencana mau budidaya ini bebek), yang digembor2kan sebagai bebek paling unggul dikelasnya...

      yang ingin saya tanyakan adalah:

      1. apakah hibrida yang tipe pedaging hanya hibrida MP (Mojokerto X Peking) saja? karena da yang mengatakan bahwa, bebek hibrida ada yang tipe petelur juga.. sehingga, jadi was-was ketika mau terjun bareng bebek jenis ini.

      2. jika bebek hibrida mrupakan hasil kawin dari silang dari MP, mengapa harga DOD hibrida lebih murah ketimbang indukannya (Peking)?
      padahal secara hasil yang didapat dari kawin silang harusnya lebih unggul

      3. Untuk pemula seperti saya, yang ingin lebih intens k bebek pedaging. Kira2 bebek apa yang cocok atau mudah perawatan serta hemat pakan dan kedepannya berpotensi besar dipasaran?

      4. berpa harga di pasaran untuk DOD serta indukan per kg bebek tersebut?

      Terima kasih sebelumnya

      Salam sukses buat kita semua

      ReplyDelete
      Replies
      1. 1. bebek hibrida bukan hanya itu saja...inti hybreed adalah salah satu genetik harus pake bebek peking untuk pedaging kawin dengan bebek lokal, sedang untuk tipe petelur salah satu genetik di pakai CV 2000 kawin dengan bebek lokal

        2. DOD MP lebih murah karena genetik gabungan dari peking/CV 2000 dengan bebek lokal dengan genetik 50% 50%

        3. coba lokal dan hibrida..lalu bandingkan...

        4. coba hubungi Umi Ropiah 085232992597

        Delete
    5. Contact Person Masjoko Bebek ABG* (tanpa makelar) :
      HP 0856-8383-486, pin BB 28F2BBE2, WhatssApp 0816-165-1032
      email facebook : masjoko33@yahoo.com.
      email staff/dosen : purwanto_js@staff.gunadarma.ac.id

      ReplyDelete
    6. SELAMAT TAHUN BARU 2014..
      Informasi yang sangat BERMANFAAT..
      Terima kasih..
      Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
      ==============================

      Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
      ~
      ..Bukan SULAP bukan SIHIR
      Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
      ~
      Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
      paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
      murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
      Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
      BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
      ~
      Anda akan mendapatkan :
      -. Gerobak
      -. Peralatan masak bakar
      -. Peralatan masak goreng
      -. Kompor, tabung gas & regulatornya
      -. Brosur
      -. Spanduk
      -. Poster
      -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
      -. Kaos
      -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
      ~
      Materi inti Training Pelayanan :
      -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
      -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
      -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
      -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
      ~
      Silakan kunjungi web kami:
      ~
      www.tulanglunakgerobakan.com
      ~
      atau :
      Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
      08561070103 (Indosat)
      081806396669 (XL)
      021-94946600 (esia)
      021-70264774 (Flexi)
      Kantor: 021-4759274
      PIN BB : 28C97C54
      email : bumi.amrita@ymail.com
      ~
      & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
      Menu-menu andalan kami adalah :
      1. Ayam Bakar Tulang Lunak
      2. Ayam Goreng Tulang Lunak
      3. Pepes Ayam Tulang Lunak
      4. PepesCeker Tulang Lunak
      5. Bebek Bakar & Goreng
      ~
      Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
      - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
      - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
      dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
      ~
      Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
      1. Program Dalam Kota
      2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
      Terdiri :
      -. Paket Usaha Standar
      -. Mesin Presto
      -. Training Produksi
      Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
      Info lebih lanjut bisa dilihat di :
      http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
      ~
      Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
      4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
      2 pepes ayam tulang lunak
      2 pepes ceker ayam tulang lunak
      2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
      1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
      ~
      Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
      & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
      ~
      Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
      ~
      SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
      ~
      ~

      ReplyDelete
    7. mhoon informasi untuk mendapatkan bebek pedaging dimana yaah ??

      ReplyDelete
    8. dsini pak,untuk dapet bebek pedaging saya newbie dah coba 300 ekor ,dah panen pak,kita kerjasama pak.pin BB 7D1B1F53 daerah jabodetabek..

      ReplyDelete