MESIN TETAS KAPASITAS 1500 BUTIR RP1.800.000





                                                       MESIN TETAS KAPASITAS 1500 BUTIR
                                                                           RP 1.800.000

                   
    Ini semua atas permintaan dari rekanan peternak yang pingin di buatkan 1 set mesin tetas. Biasanya saya ndak pernah buat untuk dikomersilkan, ceritanya waktu saya buat mesin tetas untuk nambah kapasitas penetasan DOC ayam kresing super. Produksi DOC ayam kresing super yang per minggunya menghasilkan 1000 DOC, dirasa sudah sangat kurang untuk memenuhi permintaan DOC yang dari hari ke hari semakin banyak.

                    Nah, 1 set mesin tetas yang rencananya buat nambah kapasitas,malah di minati dan mau di bayar. Dikasih alasan apapun, tetep maksa beli. Walah…akhirnya saya kasihkan. Tapi persoalan lain muncul, bapaknya peternak tersebut, masih blank belum bisa meng-operasi-kan sama sekali, hehehe. Waduh, terpaksa kudu di buatkan petunjuk panduaan menjalankannya.

                     Lantas tak buat draff ini untuk bapaknya peternak tersebut, sekaligus buat informasi bagi rekan rekan peternak seluruh Indonesia, mudah mudahan bermanfaat. Sobat peternak di dunia maya, silahkan jika ingin copas atau save atau share. Silahkan, ndak ada larangan apalagi komplain yang mengarah ke ranah hukum. Amit amit ndak akan saya lakukan, lha ilmu di sebarkan ke semua orang, bukannya lebih bagus? Sehingga tataran ilmu tersebut bukan hanya ngendon di orang orang tertentu saja dan bukannya merahasiakan ilmu akan terancam jilatan api neraka? Nah…lho…..

                                                PEMILIHAN TELUR TETAS

    Kriteria telur tatas yang baik harus terlebih dahulu di pahami, sebelum membahas lebih jauh tentang aplikasi mesin tetas. Apakah itu ? ikuti uraian di bawah ini :
                 a. Pilih telur tetas yang berumur di bawah 5 hari
                 b. Bentuk telur proposional jangan yang terlalu lonjong ataupun terlalu bulat
                  c. Kulit telur atau cangkang telur cari yang halus, rata dan tebal tidak retak
                  d. Berat telur antara 50 – 60 gram

                                                 KOTAK TEROPONG

    Kotak teropong fugsinya untuk menggetahui telur hidupatau mati. Terbuat dari kayu papan atau kaleng bekas roti, bagian bawah terbuka sedang bagian atas dibuat lubang bulat seukuran  2 – 3 cm. Lampu penerang di bawah pakai lampu pijar 40 – 60 Watt. Lakukan peneropongan di tempat gelap, agar hasilnya bisa maksimal ketepatannya.




                                                 PENEROPONGAN TELUR TETAS

    Peneropongan telur tetas dilakukan pada hari ke 5 , dan Cuma sekali di hari ke 5 ini, saya ndak pernah sampai melakukan peneropongan 2 kali, alasannya praktis saja dan tidak ribet. Hasil peneropongan terbagi dalam 3 jenis kategori :
                    a. TELUR FERTIL/ HIDUP : Dalam lingkaran isi telur terbentuk satu titik pusat yang yang berjaring seperti sarang laba-laba. Berwarna merah atau titik hitam dan dapat bergerak-gerak. Semakin lama maka penampakan sarang laba-laba semakin jelas, tapi setelah lewat 10 – 12 hari isi telur gelap.
                   
                     b. TELUR INFERTIL/ MATI : Terjadi perekatan titik merah atau hitam sarang laba-laba pada dinding kulit telur dan tidak bisa bergerak-gerak.Atau titik merah, hitam dan sarang laba-laba terbentuk tapi sarang/ jaring laba-laba ini memudar, bisa bergerak tapi tidak menyatu.Dan pada dinding-dinding dalam kulit telur terlihat garis darah yang melekat dan tidak bergerak-gerak.
                      c. TELUR KOSONG : Telur yang tidak dibuahi oleh pejantan, saat peneropongan terlihat terang, bening tanpa satupun titik hitam atau merah yang terlihat. Telur ini masih layak untuk di konsumsi karena mutu telur tidak berubah sama sekali

    Kalau ingin lebih jelas dengan foto- foto, agar makin mudah di pahami buka blog saya : BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM silahkan di pelajari semua dokumen yang saya simpan disana.

                                                     PENYETELAN SUHU MESIN TETAS

    Penyetelan suhu mesin tetas, terfokus pada Regulator Termostat. Setelah Regulator terpasang pada sisi lebar sebelah kanan atau kiri, nyalakan lampu mesin tetas, lalu pintu di tutup. Jika lampu mati, lihat suhu pada Termometer yang berada dalam mesin tetas. Suhu sudah mencapai 40 derajat belum? Jika belum maka pada uliran regulator di turunkan sehingga piringan hitam regulator ikut turun. Namun jika suhu mesin tetas malah lebih dari 40 derajat maka uliran regulator di ulirkan keatas sehingga piringan hitam regulator ikut keatas sampai lampu mesin tetas mati dan tunggu lagi hingga lampu kembali menyala. Tindakan yang di ambil sama seperti di atas hingga suhu stabil pada 40 derajat dan dibiarkan sehari semalam, suhu mengalami perubahan tidak.

                                                     PENGOPERASIAN MESIN TETAS

    Hari 1- 3  : Telur tetas yang sudah di bersihkan dari kotoran debu atau feces, segera di masukkan mesin tetas ditata rapi. Mesin tetas yang telah di beri baki/ nanpan plastik berisi air lalu di tutup jangan di buka-buka sampai hari ke 3.

    Hari ke 4 – 5 : Telur mulai di balik sehari 3 kali pada jam 6, jam 12, jam 5 sore.Tepat pada hari ke 5, sore jam 5 telur di keluarkan untuk di teropong. Telur yang fertil di masukkan kembali.

    Hari ke 6 – 18 : Perlakuan telur masih sama, sehari di balik 3 kali. Jika menemui telur berbau busuk, retak, atau mengeluarkan bintik-bintik air di dinding luar kulit telur, harus dikeluarkan.

    Hari ke 19 – menetas : Pada lantai mesin tetas yang berlapis plastik dan koran di siram air segar sampai basah kuyup. Maksudnya hari-hari terakhir penetasan perlu kelembapan yang tinggi, untuk membantu meretakkan kulit telur. Penyiraman di pagi hari dan sore, cepat saja agar pintu mesin tetas tidak terlalu lama terbuka sehingga kelembapan dalam mesin tetas berkurang.

    Setelah telur menetas kutuk/ DOC biarkan terlebih dahulu dalam mesin tetas sampai bulu kutuk kering baru di keluarkan.Masukkan dalam boks penghangat berlampu pijar 40- 60 Watt. Keluarkan rak telur, baki plastik, koran. Rak telur dan baki plastik di cuci bersih di semprot dengan antisep. Istirahatkan mesin tetas 3 – 5 hari baru di pakai menetaskan kembali. Jika terjadi mati lampu, jangan panik, kalau mati lampu Cuma 3 – 5 jam ndak masalah, asal pintu mesin tetas jangan di buka.Begitu…………..

    BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM
    GRUP FACEBOOK : AYAMKRESING SUPER
    BETHA_SUTRISNO@YAHOO.CO.ID





    TELUR FERTIL UMUR 5 HARI BAGIAN ATAS....










    TELUR MATI UMUR 5 HARI BAGIAN ATAS.......














                     

    5 Responses to "MESIN TETAS KAPASITAS 1500 BUTIR RP1.800.000"

    1. mas, saya dari bengkulu tetapi tinggal dijogja(sedang kuliah),,saya sangat tertarik sekali belajar ternak dan saya telah baca blog mas dan saya merasa tertarik sekali belajar sama mas betha jika diperbolehkan,,kalo mesin tetas ini apa bisa digunakan untuk membuat doc ayam broiler mas??
      saya sangat memohon kepada mas betha untuk berkenan mengajari saya yang sangat miskin ilmu ini

      ReplyDelete
    2. Kalo krm me samarinda, brp ya ongkirnya..

      ReplyDelete
    3. kayanya aku mau coba tuh,,,bisa ga pesen mesin nya ?

      ReplyDelete