PENYAKIT BENGKAK SENDI LUMPUH

    PENYAKIT BENGKAK SENDI LUMPUH


    Ada beberapa macam tipe lumpuh pada ayam dan bebek, yang di sebabkan oleh bakteri dan virus, dengan cirri khas pada masing masing penyebab penyakit. Biasanya akan sulit di sembuhkan tergantung pada penanganan sifat sifat virus atau bakteri yang menjangkit, cara penularan dan diagnose di lapangan.

    Virus REO sangat tahan suhu lingkungan, bersifat immonosupresif dan dapat bekerjasama dengan agen bakteri pathogen lain untuk menyebabkan penurunan produktivitas dan menyebabkan kompleks penyakit yang sulit di diagnose.

    Keterkaitan penyakit ini dengan agen penyakit lain sebagai akibat beberapa masalah actual di peternakan seperti ke kerdilan RSS Runting and Stuting Syndrome, malabsorsi, penyakit helicopter, enteritis, pale bird syndrome, penyakit respiratoris, leg problem tenosinovitis, immunosupresi.

    PENYAKIT BENGKAK SENDI LUMPUH
    BUMITERNAK
    Gejala diagnose awal dapat di tarik dari gejala klinis peradangan khusus pada sendi kaki metatarsal dan tendon , secara patologis infiltrasi heterofil pada jantung yang membedakan dengan infeksi bacterial. Kesulitan akan muncul jika respiratoris napas dan enteritis ikut menyertai, bahkan pada kasus immonosupresi yang berkepanjangan dan melemahkan imunitas sekunder yang termanifestasi lebih dominan seperti kosidiosis dan cacing.
    Bakteri yang menyebabkan penyakit antara lain Staphylococcus aureus, Mycoplasma synoviae, Salmonella pullorum, sedang yang di sebabkan virus seperti yg sudang di jelaskan di atas REOvirus.

    Radang sendi karena bakteri biasanya bukan hanya menyerang sendi saja tapi juga ke organ lain, gejala awal menyebabkan sendi berisi eksudan cairan bening yang selanjutnya berubah purulen bernanah , bahkan sampai membentuk massa padat semacam keju, biasanya ini pada kasus oleh bakteri.

    Bakteri Mycoplasma synoviae bersifat akut hingga kronis, paling sering terjadi pada ternak ayam petelur, radang ini di sebut Synovitis, radang pada lapisan synovial tulang sendi, bengkak dan di raba terasa panas pada persendian, peradangan parah menyebabkan ternak lumpuh, meski makan minum normal dan masih produksi telur, jika di bedah tampak massa krim kekuningan sampai merah.

    Bakteri Staphylococcosis yang di sebabkan staphylococcus aureus sendi kaki juga terjadi radang bengkak sendi kaki di sertai bengkak pada buble foot bubulen infeksi telapak kaki , kaki menjadi pincang lumpuh.

    Pada penyakit pullorum yang di sebabkan Salmonella pullorum, kadang di jumpai bengkak sendi kaki di sertai bercak merah berisi material gelatinous massa krim berwarna oranye.

    Sedang yang di sebabkan oleh infeksi Reovirus viral enteritis atau avian infection synovitis menyebabkan kelemahan kaki pincang putus tendon dan necrosis kerusakan pada pangkal paha. Mengeras fibrosis terbentuk jaringan ikat baru, melekat pada pada kulit sehingga tendo tidak berfungsi.

    Lumpuh bengkak sendi yang di sebabkan oleh bakteri pengobatan mengunakan neo meditril, amoxitin, proxan- S kombinasikan dengan Oral Pro + PSP + HT dosis pengobatan 50ml/liter air minum dan HT dosis 30-50% dari total kebutuhan air minum, selama 5 hari. Sedang yang di sebabkan oleh virus hanya dengan Oral Pro pada kasus individual jika bersifat masal, maka kombinasikan pengobatan seperti pada penanganan yang di sebabkan oleh bakteri, tapi ini sifatnya hanya coba coba. #bumiternak

    0 Response to "PENYAKIT BENGKAK SENDI LUMPUH"

    Post a Comment