NGAKALI PAKAN PABRIK MURAH ANTI MLARAT

    NGAKALI PAKAN PABRIK MURAH ANTI MLARAT
    NGAKALI PAKAN PABRIK MURAH ANTI MLARAT. Sudah dengar info per 1 juli pakan pabrikan mau naik lagi? Atau malah sudah dari sekarang duluaan naik ? dan kenyataan memeang seperti itu harga konsentrat 124 pokphand sudah naik 15rb menjadi Rp 377.000/50 kg, jadi harganya Rp 7540/kg dan ini biasanya kenaikan bukan hanya kali ini saja tapi nanti di tanggal 1 juli pas…tak jamin pasti naik lagi dan tahu sendiri ,kalau sudah naik, harga pakan ndak mau turun lagi. Pengalaman 2-3 bulan yang lalu dalam 1 bulan naik Rp 60.000/50kg dan penurunan di bulan berikutnya hanya Rp 20.000 dalam sebulan.

     Ngelindur harga pakan pabrik berharga murah ? hohoho rasah mimpi……….pabrik sekarang ini dari hulu hingga hilir pasar suplly demand sudah dalam kekuasaannya, mulai dari breeder pemeliharaan ternak dengan mitra intinya hingga pasar  modern maupun pasar becek sudah dalam genggaman, dengan kekuaatan financial dana tanpa batas pabrikan besar bisa membuat hidup dan sekaratnya harga pada suatu daerah tertentu, dengan prinsip rugi sekali tapi mematikan ribuat peternak rakyat, lalu mengeruk keuntungan berlipat saat suplly pasar kosong. Menjijikan tric dagangnya…………

    TERUSLAH BEKERJA JANGAN BERHARAP PADA NEGARA

    Kunci efisiensi adalah me minimalkan ketergantungan pada produk pakan pabrikan, usahakan maksimal hanya 10-15% saja kita pakai produk pabrikan. Caranya gimana gunakan otakmu, yang membuat ternak bisa bertelur bisa cepat tumbuh itu bukan karena konsentrat bikinan pabrik tapi ketepatan penghitungan kita akan standart nilai nutrisi pada setiap fase pertumbuhan.

    Pada bab ini seharusnya yang anda perdalam, ayam kampong liar itu tidak makan pakan konsentrat pabrik, bebek pangon itu tidak makan konsentrat pabrik, kenapa bisa tetap bertelur dan lumayan bagus produktivitasnya ? lakukan observasi lapangan…..makanan alami ternak liar adalah pucuk daun muda , alga ganggang, cacing, ikan kecil, kepiting, belut, ulat, rontokan padi dan sedikit katul sama nasi sisa/aking dll……..

    Pada fase ini olah karya kreatif anda benar benar tertantang, mau tunduk bak budak kalah perang atau ingin jadi satria bersimbah darah perjuaangan………?

    Dengan harga bahan pakan :
    BR 1 : Rp 7200/kg
    konsentrat 124 : Rp 7540/kg
    Jagung Rp 3500/kg
    Katul Rp 3000/kg
    mineral b 12 : 5000/kg
    Top mix Rp 15000/kg
    Tepung daun RP 4000-5000/kg
    Tepung ikan cp 55-60% Rp 9500/kg
    Minyak ikan/sawit em 8100kcal/kg Rp 8500/liter

    Coba di buat formula pakan…untuk yang tipe pedaging pakai  metode di artikel ‘ modifikasi br 1 alternatif ‘ itu sudah merupakan pakan yang super irit, cari sendiri artikelnya ya..di blog bumiternak juga bukan blog yang lain….hohoho

    Formula standart pabrik untuk tipe petelur :
    Jagung : 50 kg
    katul : 15 kg
    Konsentrat : 35 kg

    formula di atas di dapat harga Rp 4900-5000/kg dengan cp 17,..% dan em 2800-2900kcal/kg
    Bandingkan dengan formula di bawah ini :

    Jagung 50 kg
    Katul 25 kg
    Konsentrat 124 10 kg
    Tepung ikan 10 kg
    Tepung daun 5 kg
    Minyak ikan 0,25 liter
    Mineral B12 2 kg
    Top mix 1 kg

    Komposisi di atas di dapatkan protein 17,2 % EM 2845 kcal/kg dengan harga Rp 4550/kg, kekurangan energy 200 kcal tertutupi dengan penambahan minyak ikan 0,25 liter
    Dengan selisih harga Rp 400-500/kg, bisa di bayangkan hitungan kalkulasinya , itu hitungan duit Milyaran jika anda pelihara 50.000 ekor.
    Soal tepung ikan dan tepung daun atau minyak ikan coba buka di blog : bumiternak-betha.blogspot.com sudah di bahas cara membuatnya , juga di terangkan bahan ragam jenisnya, makanya pelototi terus artikel di blog yang sekarang sudah berjumlah 180 artikel, tak jamin ndak bakalan kelar anda baca dalam 5 hari……..
    Penambahan feed supplement, semacam enzim, probiotik, herbal, jus asam amino, wajib anda perdalami dan kuasai keilmuaannya, agar anda benar benar bisa mandiri, hingga nanti tumbuh dengan sendirinya inovasi inovasi baru dan anda wajib menyebarkan hasil inovasi baru tersebut pada teman teman lain.

    Kalau anda masuk grup fb ayam kresing super2 dan jadi pemerhati di blog bumiternak-betha.blogspot.com dan anda tidak tertulari virus gemar berbagi ilmu, maka anda tidak pantas dan tidak cocok jadi salah satu anggotanya, sebaiknya anda melarikan diri saja, daripada nanti di teriaki pencuri ilmu…….kabur………..hohoho.

    \M/
    kipdefayer
    bumiternak-betha.blogspot.com

    4 Responses to "NGAKALI PAKAN PABRIK MURAH ANTI MLARAT"