MENGAPA BROILER BERAK PAKAN


    Jika anda menghadapi kasus broiler, joper, pejantan mengeluarkan feces kotoran berbentuk pakan atau berwarna pakan atau berwujud pakan, maka pertama kali yang harus anda pikir adalah, di mana pusat pengolahan dan penyerapan nutrisi ? setelah ketemu baru anda memikirkan penyebab sekundar lainnya.

    Berak pakan mengindikasikan ada yang tidak beres dengan organ pencernakan/usus, lapisan mucosa villi usus saat terjadi kerusakan baik karena koksidia eimeria sp atau karena bacterial clostridium perfriengens akan menurunkan tingkat penyerapan nutrisi sehingga kotoran berupa pakan. Biasanya yang paling mudah terdeteksi koksi kalau necrotic enteritis agal lebih sulit terdeteksi.

    Hasil diagnosa di atas jika sudah fix segera lakukan tindakan pengobatan :

    Pengobatan skala 1000 ekor populasi ayam :
    1. Herbal Top :
    a. Kunyit 1 ons
    b. Temulawak 1 ons
    c. Brotowali 1 ons
    d. Sambiloto 1 ons
    e. Gagang dan daun sirih 1 ons
    f. Daun batang akar tanaman Patikan Kebo 1 ons
    Semua bahan di rebus dengan air 10 liter hingga mendidih lalu angkat dinginkan. Ambil sebanyak 5 liter untuk pagi hari dan 5 liter untuk sore/malam hari. Resep bisa di rebus hingga 3X baru ganti bahan rebusan yang baru.

    2. Probiotik PTPG2 Super Nutrisi dosis sesuaikan usia :
    Usia 1 – 7 hari : 50 ml/hari/1000 ekor
    Usia 8 – 14 hari : 120 ml/hari/1000 ekor
    Usia 15 – 21 hari : 230 ml/hari/1000 ekor
    Usia 22 – 28 hari : 250 ml/hari/1000 ekor
    Usia 29 – Panen : 350 ml/hari/1000 ekor
    Probiotik sebanyak dosis harian di atas di bagi 2 untuk di berikan pada pagi dan sore/malam.

    3. Antibiotika merk anticocy/cocy/maladex, D-Nox atau Toltradex dosis pengobatan sesuaikan di kemasan sudah di jelaskan aplikasinya atau gunakan obat dari intimitra yang ikut kemitraan broiler ndak papa, dosis sesuaikan seperti di kemasan obat.

    Aplikasi :
    Tuang Herbal Top 5 liter + PTPG2 Super Nutrisi + Antibiotika dalam satu ember, aduk semua hingga homogen, lalu tambahkan air segar sesuai kebutuhan, atau campuran di masukan toren tandon air dan nanti sore/malam lakukan seperti itu lagi

    Bagi yang kurang cocok dengan cara yang saya lakukan mencampur herbal top dan probiotik dan antibiotika obat kimia pabrik maka lakukan seperti ini :
    Antibiotik obat pabrik di pagi hari dan herbal top + probiotik di sore/malam hari.
    Jika yang anda tanyakan dari 2 metode di atas efektiv yang mana ?
    Jawaban haqul yakin saya mantap dan efektiv dan manjur yang di campur jadi satu
    kenapa bisa begitu ? Ini sudah merupakan solusi praktek lapangan yang di lakukan bertahun tahun.
    pilihan …… anda sendiri yang menentukan…..

    Aplikasi ini pemberiaan pagi dan siang atau 2X dalam sehari, dengan metode di atas dalam hitungan 3-5 hari ayam akan sembuh dengan cepat.

    Selama masa pengobatan di atas anda juga harus melakukan penelitian adakah cemaran mikotoksis aflatoksis  pakan yang tercemar jamur ? sebab yang di rusak merupakan organ vital semua,  Organ yang di rusak oleh aflatoksis adalah hati, usus, syaraf/lumpuh, buta, memperlemah barrier antibody, bursa fabricus. jika iya lakukan tindakan antisipasi dengan memberikan toksin binder alternatif sebagai salah satu usaha untuk mereduksi cemaran jamur.

    Bahan
    1. Tepung daun sambiloto 2 bagian
    2. Tepung daun pandan wangi 1 bagian

    Semua bahan tersebut setelah menjadi kering dan berbentuk tepung campurkan jadi satu, maka sudah menjadi toksin binder alternative, peternak dan penjual bahan pakan alternative kudu paham akan hal ini, agar bahan pakan yang di distribusikan tetap berkualitas istimewa.

    DOSIS PAKAI
    50-100 gram/ 100kg bahan pakan
    Bisa juga di campurkan pada bahan pakan atau formula pakan bagi peternak yang nyampur pakan sendiri, dosis tetap sama

    Aplikasi probiotik PTPG2 SN+++ akan membuat penyerapan nutrisi menjadi sempurna kotoran akan berwrna coklat tua ngelinting dan kering mengindikasikan penyerapan nutrisi sempurna.

    Berak pakan biasanya juga dengan ciri feces kotoran yang keluar basah atau diare yang mengakibatkan litter sekam menjadi lembab. Dalam kondisi daya tahan tubuh yang sedang droup litter basah akan memicu imunosuppresif memancing penyakit ikutan lain untuk ikut menyerang ternak kita, maka treatment pengobatan di atas wajib benar benar untuk di jalankan.

    Kotoran basah di sebabkan :
    1. Pakan berjamur
    2. Pakan mengandung garam di atas ambang batas aman
    3. Nilai nutrisi protein berlebih pada fase grower maupun finister
    4. Cemaran e coli pada pakan maupun air minum

    Prosedur pengobatan memang harus holistik menyeluruh semacam itu, bisa jadi penyebab penyakit utama tidak terlalu berbahaya tapi effek negatif sekundar yang mengikuti malah mungkin memancing masuknya penyakit lain yang lebih berbahaya.

    Perpekstif litter sekam basah/lembab, akhir akhir ini baru menjadi fenomena di antara teman teman peternak broiler. Tapi kenapa ternak mereka aman dari serangan berak darah ? Litter sekam secara sengaja di bikin lembab dengan menyemprotkan stater bacter yang cenderung bersifat asam, pengurai kotoran dan sekam atau menyemprotkan makro dan mikro mineral tertentu.

    Beda penyemprotan stater bacter semacam NH++ dan penyemprotan makro dan mikro mineral adalah pada kondisi liter sekam stater bacter cenderung lembab tapi amoniak zero sedang yang makro mikro mineral cenderung kering karena berbeda pula kondisi litter sekam asam dan basa.

    Tapi dengan perbedaan itu kenapa sama sama ternak tidak terserang berak darah ? dalam kondisi asam bacter negatif mati di samping suhu meningkat akibat penguraian litter sekam akan membunuh  protozoa. Sedang penyemprotan makro mikro mineral letter sekam akan cenderung lebih kering, lalu ada yang menyebutnya sebagai litter karpet, tentu ini akan sangat cocok dengan yang berkeyakinan litter sekam harus dalam kondisi kering untuk meminimalkan serangan penyakit.

    Lalu yang paling benar yang mana ? yo semua benar wong nyatanya penyakit berak darah tidak mampu menginfeksi peternakan yang merka kelola. Mau apalagi……?

    \m/
    kipdefayer
    bumiternak-betha.blogspot.com
    Bumi Ternak Klaten
    085229779252


    0 Response to "MENGAPA BROILER BERAK PAKAN"

    Post a Comment