TEMPE DAUN SINGKONG



                                               TEMPE DAUN SINGKONG

    Ini terispirasi dari perkebunan singkong Manihot  Esculenta, yang menghasilkan limbah daun 2-3 ton daun segar/ hektar. Dan biasanya hanya terbuang percuma atau ada sedikit di manfaatkan untuk pakan hewan ruminansia.

    Pengolahan variasi daun singkong yang telah di coba meliputi, rolade, lalapan pada rumah makan padang, botok, dan sekarang menjadi tempe daun singkong.

    Siapa yang berani menyangal kalau rasa daun singkong itu super lezat rasanya ? Makanya Cuma di rebus sebentar, dip eras/di tiriskan sudah menjadi lalapan mewah bercitarasa nikmat di RM Padang.  Sayuran Podomoro , sayuran khas Tanah Jawa yang bahan utama adalah daun singkong, lezatnya bukan main, coba saja kalau ndak percaya

    Dan ternyata, kandungan nilai gizi lumayan bagus ,berani bersaing dengan bahan pakan alternative lain sebagai berikut :
    Protein : 29 – 30 %
    Fat : 4,8 %
    Serat Kasar : 22 %
    Energi Metabolisme : 1300 Kcal/kg

    Sebagai pembanding susu protein 25 %, kedelei 35-45 % , nah apa ndak potensial banget tuh, makanya segera saja berkreasi dengan potensi tersembunyi daun singkong tersebut.

    Daun singkong merupakan sumber vitamin A dan vitamin C, buah apel dan jeruk yang sudah kondang sebagai sumber vitamin di atas kalah jauh dengan daun singkong. Dengan 11.000 IU vitamin A dan 275mg vitamin C ,lebih unggul di banding Jeruk 50 mg vitamin C dan apel 20 IU vitamin A.

    Bioflavonoid yang bernama RUTIN yang terdapat pada daun singkong yang biasa di sebut dengan Vitamin P, yang merupakan senyawa Glikosida yang mengandung Aglikon Kuersetin dan gula rutinosa yang berfungsi sebagai Permeabilitas pembuluh darah.
    Senyawa Rutin biasa di gunakan oleh industry obat pabrikan, juga sebagai zat pengatur tumbuh, nah tak kasih tahu lagi kan sumber hormone natural dan sebagai bahan komestika .

    Untuk memperoleh Rutin gampang pholl…daun singkong yang dimasak suhu rendah atau daun singkong yang di kocor air panas lalu dip eras trus endapkan air perasan ini, endapan berwarna hijau itu Rutin.





    Resep sayur podomoro :

    Bahan :
    1. Daun singkong 4 mangkok
    2. Santan 3mangkok

    Bumbu :
    1. Brambang 5 biji
    2. Bawang 3 siung
    3. Tumbar 4 biji
    4. Kencur 1 ruas
    5. Kemiri 2 biji
    6. Laos 1 ruas
    7. Daun jeruk purut 1 lembar
    8. Daun salam 1 lembar
    9. Gula jawa ½ sendok makan
    10. Vitsin 1 sendok the
    11. Garam secukupnya

    Proses memasak :
    1. Rebus daun singkong sampai layu, sekitar 10-15 menit, dinginkan lalu kepal kepal sambildi peras air rebusan terus kepalan tadi di iris iris lembut
    2. Bumbu di haluskan di tambah tempe bosok agar keluar rasa sedapnya
    3. Kemudian masak bahan dengan bumbu tadi mempergunakan air secukupnya
    4. Bila sudah mendidih masukkan santan, vitsin, garam, gula, biarkan sampai mendidih
    5. Bila sudah mendidih angkat, jadi deh….

    Sayuran podomoro sangat pas saat penyajian di atasnya di taburi dengan brambang goreng, dengan lauk ayam goreng atau lele goreng, siap di santap saat sarapan, rolasan atau makan malam sama enaknya.
    Silahkan di coba….












    Tahap pembuatan tempe daun singkong :
    1. Siapkan daun singkong muda, rebus hingga terasa lembut
    2. Tiriskan sebentar lalu peras hingga air rebusan terbuang semua
    3. Dalam kondisi hangat sum sum kuku, mulai bisa di cetak pada daun pisang, plastic atau yang lainnya sambil di taburkan ragi tempe Rhizopus Oligosporus di permukaannya lalu bungkus.
    4. Diamkan 3 – 4 hari untuk proses fermentasi, hingga jadi

    Kegagalan dalamproses pembuatan tempe daun singkong, biasanya karena kondisi daun singkong yang terlalubasah tampa proses pemerasan. Tingkat kekeringan saat akan di taburi ragi,buat seperti kekeringan biji kedelai setelah melalui tahap perebusan, jangan terlalu basah.

    Ya sudah ,di coba saja, siapa tahu nanti malah merupakan suatu peluang usaha,jika bukan kan bisa di jadikan menu murah meriah full nutrisi buat keluarga tercinta.

    Grup Facebook : Ayam Kresing Super 2
    Twitter : @betha_sutrisno
    Blog : bumiternak-betha.blogspot.com
    Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id
    Hp : 085229779252