CARA FERMENTASI LIMBAH TELUR TETAS

    CARA FERMENTASI LIMBAH TELUR TETAS . Limbah telur tetas bisa di pakai yang habis peneropongan pertama usia 3-7 hari atau limbah telur tetas yang tidak bisa menetas hingga hari ke 21 atau ke 28 untuk telur bebek. Pada fermentasi usia telur lebih dari 21 hari adalah :

    Telur di masukan baskom di rebus selama 1 jam hingga matang, lalu di dinginkan baru telur masukan mesin giling daging , telur utuh termasuk cangkang telur sebelumnya telur di belah 4 baru masuk mesin giling daging, keluar nanti seperti bubur, pembauran dari putih dan kuning telur dengan janin ayam mati berupa daging dan tulang sebagai sumber Ca.

    Langkah ke dua, sisa air rebusan telur dalam kondisi panas untuk membasahi katul/bekatul/ katul jagung, kebi, polard, pilih salah satu, hingga testur menjadi remah, basah tapi masih bisa di hambur hamburkan, lalu masukan gilingan limbah telur tetas, aduk aduk hingga homogen dengan perbandingan 5 : 1 saat fase finister atau 3 : 1. Dosis stater EM4 1 botol yakult + 1 biji ragi tape , keduanya di campur pada air sisa rebusan telur lalu di buat untuk mbasahi katul , itu takaran untuk 10- 20 kg bahan yang akan di fermentasi, lama fermentasi 3 – 5 hari , saat akan di berikan angin anginkan dulu, kalau ternak tidak mau makan, puasakan dulu dari makan dan minum, dalam kondisi lapar haus ternak akam makan apapaun yang di berikan.

    Pengolahan jika bahan berasal dari telur usia 3-7 hari :

    Bahan :
    1. Limbah telur
    2. Katul
    3. EM4
    4. Ragi tape

    Pengolahan :
    1. Telur di rebus hingga matang lalu di kupas kulitnya tinggal isi telurnya saja, lalu remas remas hingga lembut
    2. Katul di basahi dengan sisa air rebusan telur hingga pero, lalu limbah telur campur jadi satu
    3. EM4 1 botol yakul untuk 10-20kg bahan yang akan di fermentasi dan ragi tape 1 biji untuk 10-20kg, di campurkan pada adonan katul dan limbah telur. Setelah tercampur rata masukan dalam drum atau palstik tutup rapat, bongkar setelah usia 3-7 hari, aroma karamel tape.

    Untuk ternak Joper atau bebek pedaging :
    Minggu 1 pakan BR 1
    Minggu 2 – 4 stater perbandingan katul 3 bagiaan : limbah telur 1 bagiaan
    minggu 5 – panen finister perbandingan 5 bagiaan katul : limbah telur 1 bagiaan
    Tinggal menambahkan hijau daun/azolla setiap hari hingga panen, secukupnya nanti dengan berjalannya waktu anda bakalan tahu takaran kebutuhan hijau daun.

    Takaran pemberian pakan hariaan berapa ,buka artikel di bumiternak-betha.blogspot.com sudah di jelaskan kebutuhan pakan minggu per minggu.


    Formula pakan katul limbah telur tetas sudah di ujicobakan pada ternak bebek mentog, tanpa pemberiaan pakan jadi seperti BR 1 atau konsentrat, hasilnya tidak berbeda nyata dengan pemberiaan pakan ternak yang pakai BR 1 dan konsentrat. Panen tetap 2 bulan bebek bobot 1 – 1,2 kg per ekor bebek lokal, kalau mentog usia 2,5-3 bulan bobot >2 kg.

    Berikut Videonya :

    \m/
    kipdefayer
    sluman slumun slamet
    ayam kresing 3 AKS
    bumiternak-betha.blogspot.com
    085229779252

    2 Responses to "CARA FERMENTASI LIMBAH TELUR TETAS"

    1. saya tertarik dengan postingan anda, berapa lama ketahanan pakan olahan dr limbah telur tetas sejak di olah ?
      bisa kah di jadikan pelet, kering dgn butiran kecil ? klo bs jd pelet, kan bisa lbh tahan lama.

      ReplyDelete
    2. Pa apa ada dampak negatif ga kalau pakan ini di berikan ke ayam pedaging?

      ReplyDelete