NYUBAL PAKAN DI KEMITRAAN BROILER ?

     


    Konotasi kata ‘ nyubal ‘ akankah selalu berarti negative ? belum tentu tergantung situasi masing masing kandang peternak. Sebab jika performans ADG dan BW sudah sesuai target PT/Intimitra, ngapain peternak nyubal pakan lagi ? Ngapain anda bermain resiko mengeluarkan cost biaya kembali ?

    Kecuali pada kasus pencapaian ADG dan BW dibawah standart, anda sebagai peternak hanya duduk berpangku tangan, acuh tak perdulian maka bisa dipastikan anda diakhir hari panen, ‘ maen drakor tangisan tralala karena keteledoran anda sendiri.

    Peternak kemitraan wajib sudah memahami standart capaian prestasi yang wajib diraih. Harus sudah hapal kenaikan BW hari per hari. Di broiler anda alfa sehari dua hari itu merupakan kerugian bagi peternak, apalagi pas kenaikan ADG usia diatas 30 hari yang bisa mencapai 100-150 gram per hari, rekor yang masuk ke saya kenaikan ADG 180 gram/hari.

    itulah pentingnya sampling timbangan, yang wajib interval 7 hari sekali kudu sampling timbangan ayam. Terutama ditarget bw minggu 1 kisaran 190-220 gram/ekor dan pada minggu ke 2 target BW 450-550 gram/ekor dan minggu ke 3 target BW hari 21 adalah 0,9-1kg/ekor, ada juga intimitra yang mentarget usia 20 hari adalah 0,85kg/ekor tapi ini target yang belum diperbaharui lagi, kalau yang sudah diperbaiki yang saya sebutkan diatas itu.

    Banyak Intimitra/PT yang bergerak di kemitraan broiler, tapi yang banyak ini strata level beda beda dari kecil, menengah hingga yang ‘ super gajah ‘ Kriteria untuk pelabelan itu adalah sudahkah Intimitra/PT tersebut sudah memiliki kandang breeding sendiri ? punya
     Hatchery  sendiri ? sudah punya pabrik feedmill sendiri ? serta beberapa criteria lain yang tidak bisa disebutkan.

    Peternak juga harus sudah hapal mendapatkan DOC yang punya sifat bawaan genetic tumbuh cepat diawal lambat di belakang atau yang tumbuh lambat diawal tapi ngebut dihari hari akhir menjelang panen ? juga harus mempelajari beberapa persoalan yang biasanya menyertai DOC yaitu soal omphalitis, kaki kering/kerdil, pullorum, dehidrasi akut.

    Standart nutrisi pakan broiler pada fase Prestater protein 23-25%, fase Stater 20-21% sdang fase finister usia 25hari hingga panen protein 18-19%. Sudah bisa menghitung kebutuhan nutrisi pakan ? belum ? anda harus pelajari itu, di blog bumiternak sudah terlalu sering membahas itu. Perbedaan nutrisi pakan pada tiap fase pertumbuhan itu menyesuaikan kebutuhan standar metabolism tubuh jangan sampai kurang.

    Saat usia 25 hari keatas, seringnya ditemui pertumbuhan melambat, biasanya berlangsung sampai menjelang panen, masa iya anda akan diam saja ? tanpa melakukan tindakan untuk meningkatkan kualitas pakan. Meningkatkan kualitas pakan bukan lantas anda menambahkan jagung sembarangan tanpa terlebih dahulu menformulasikan komposisi pakan yang musti dihitung nilai nutrisinya. Itu tindakan salah kaprah dan mungkin saja yang anda lakukan itu tidak memberikan peningkatan bobot yang signifikan dengan biaya yang sudah dikeluarkan, semua ada hitung hitungannya. Cobalah buka artikel di blog bumiternak judul ‘ manajemen treatment 3 organik ‘ semoga bisa membantu kendala yang anda hadapi.

    \m/
    maps : bumi ternak klaten
    wa 082134007504