PENYAKIT TEMBOLOK MEMBESAR

                                 PENYAKIT TEMBOLOK MEMBESAR

    Kasus ini bisa terjadi pada ayam tipe pedaging maupun petelur, dalam segala usia. Biasanya di sebabkan oleh ayam yang habis di puasakan karena sakit atau baru di proses moulting rontok bulu. Bukan merupakan penyakit berbahaya hanya kalau tidak di tangani dengan benar bisa menimbulkan kematiaan.

    Crop impaction kondisi di mana tembolok membesar keras, makin hari makin tambah besar. Ayam makan terus tapi pakan tidak bisa keluar dari tembolok karena lubang ke organ pencernakan tersumbat plastik, karet atau pakan yang mengering di ujung lubang organ pencernakan.

    Cara mudah mengatasinya adalah ayam di cekok dengan minyak goreng 2-3 sendok makan banyaknya tergantung usia ayam, sesuaikan saja. Lalu tembolok di peras  pijat pelan pelan saja, terutama bagiaan pangkal tembolok. Swetelah terasa lembut, lalu ayam cekok dengan air, pijat kembali pelan, hingga terasa agak encer.

    Lalu ayam di tunggingkan kepala di bawah sambil tembolok di urut ke bawah hingga pakan keluar semua. Raba kembali tembolok rasakan ada tidak kawat besi atau paku. Positif tidak ada ,ayam di cekok air lagi hingga tembolok berisi air , pijat pelan , lalu tunggingkan kembali hingga air keluar, ini namanya membilas tembolok.

    setelah bersih, ayam di beri pakan agak lembut, sambil di beri kapsul pencerna, jangan beri pakan dalam jumlah besar dulu.

    \M/
    kipdefayer
    bumiternak-betha.blogspot.com

    0 Response to "PENYAKIT TEMBOLOK MEMBESAR"

    Post a Comment