PAKAN ALTERNATIF TERNAK SEMUT RANGRANG

    PAKAN ALTERNATIF TERNAK SEMUT RANGRANG. Anakan semut merah rangrang namanya kroto, ini merupakan pakan alami berkualitas nutrisi istimewa bagi pakan burung klangenan maupun burung lomba. Dengan kandungan nutrisi kroto yang lengkap asam aminonya, mengakibatkan kroto banyak di cari untuk pakan burung hal ini mengakibatkan perburuaan kroto di alam bebas jadi tidak terkendali, jika tidak segera di carikan jalan keluar di kuatirkan populasi semut rangrang dapat berkurang populasinya dalam jumlah besar.

    Hingga akhirnya tumbuh ide kreatif untuk menernakkan semut rangrang dan metodenya sudah banyak yang tahu dan mudah di pahami, kuncinya adanya ratu semut rangrang betina yang bertugas untuk bertelur, mau pakai sarang bambu, stoples, atau mengerangkeng satu pohon utuh juga bisa.

    Yang banyak menjadi pertanyaan adalah apa makanan alami semut rang rang ini ? pada peternak yang sudah melakukan ujicoba biasanya mengandalkan pakan air gula atau tepung gula saja, pertanyaannya dengan pakan gula ini apakah sudah terpenuhi kebutuhan nutrisi pakan semut rangrang untuk tujuaan produksi telur dan kelangsungan hidup dalam satu koloni ? dan ternyata pada praktek lapangan , hanya pemberiaan pakan gula semut rangrang menjadi kurus kurus dan periode peneluran menjadi sangat panjang akibatnya terasa ternak rangrang tidak sesuai hasilnya dengan kesibukan selama ini.

    Pakan alami semut rangrang adalah semua jenis belalang, capung, jangkrik, kumbang, ikan kering, anakan burung, dari semua jenis pakan di atas dapat di simpulkan makanan semut rangrang adalah berasal dari sumber protein hewani.

    Metode pemberiaan pakan adalah semua jenis hewan di atas setelah mati dalam kondisi masih segar semprot probiotik PTPG2 murni hingga basah, tiriskan sebentar lalu taruh dalam kandang semut rangrang .

    Jika bahan ikan asin atau ikan misal lele, tawes karper, setelah di belah perut buang isi jeroaan jemur hingga kering lalu potong kecil kecil, sesaat sebelum untuk pakan semut rangrang semprot probiotik PTPG2 murni tiriskan sebentar baru berikan ke kandang

    Makanan ini nanti oleh semut pekerja akan di angkut masuk dalam sarang, air minum sediakan dari air gula pokokmen terasa manis lalu kocori probiotik PTPG2.

    \m/
    kipdefayer
    sluman slumun slamet
    grup fb ayam kresing3 AKS
    bumiternak-betha.blogspot.com